30 Hari Menulis Buku

30 Days Menulis Buku

Banyak orang tidak percaya bahwa hanya dalam 30 kali pertemuan kita bisa menulis buku. Hal itu saya praktekkan langsung di kelas belajar menulis PGRI. Salah satu pesertanya adalah ibu Delvi Oktovianti. Beliau aktif menulis di wa group gelombang 21 dan memiliki blog di https://kelas-mtk.blogspot.com

Kami menyusun materi kegiatan belajar menulis hingga 30 kali pertemuan dengan narasumber yang berbeda. Hal ini menjadi paket lengkap dalam pelatihan belajar menulis. Kami berharap semua peserta dapat menulis dan menerbitkan bukunya.

Dalam 30 kali pertemuan itu, setiap peserta diwajibkan menulis resume di blog pribadinya. Setiap peserta belajar menulis wajib mempunyai blog yang terkelola dengan baik.

Dari kumpulan tulisan di blog akan menjadi buku. Itulah yang kami lakukan agar tulisan semua peserta menjadi buku yang bermutu. Ada tangan editor yang membuat buku itu enak dibaca dan mengikuti kaidah bahasa Indonesia yang sesuai dengan PUEBI.

Menulis itu awalnya alamiah. Namun menjadi ilmiah ketika dirajut menjadi sebuah buku yang bermutu. Mutunya akan terlihat dari gaya menulis yang tak biasa. Anda akan dibuat kagum oleh penulis bukunya. Penulis dari SMKN 2 Pangkalpinang ini mampu menarik hati pembaca bukunya. Saya pun hanyut dalam isi buku yang menginspirasi.

Saya mulai melihat dan membaca daftar isinya. Dimulai dari menulis sebagai passion sampai mengenal taman bacaan. Beliau kemas dengan gaya menulis ilmiah. Hambatan dalam menulis beliau tuliskan dengan sangat mudah.

Sebagai penulis pemula saya mengalaminya. Saya merasakan tidak punya bakat menulis. Sayapun merasakan tidak punya waktu luang untuk menulis. Bahkan saya tidak memiliki ide dalam menulis. Saya mudah tersinggung bila tulisan dikritik pembaca. Padahal kritik itu bagus dan menandakan bahwa orang tersebut sudah membaca tulisan kita.

Ayo terus menulis dan bergabung dalam kegiatan belajar menulis di gelombang 23 dan 24 yang akan kami buka di PGRI. Kegiatan belajar menulis ini gratis dan bila anda akan memberikan donasi, silahkan hubungi ibu Helwiyah. Donasi itu akan kami gunakan untuk menyewa zoom dan kegiatan yang mendukung program belajar menulis.

Buku 30 days menulis buku semoga menjadi modal awal anda dalam menulis buku yang lebih baik. Para narasumber hebat telah membagikan ilmunya kepada anda. Tinggal anda praktekkan dalam kegiatan sehari-hari. Menulislah untuk berprestasi dan bacalah buku karya ibu Delvi Oktovianti.

Salam blogger persahabatan
Omjay
Guru blogger Indonesia
Blog https://wijayalabs.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

4 Komentar

  1. Alhamdulillah, lahir lagi mahkota penulis perdana salah satu guru SMK Negeri 2 Pangkalpinang, Ibu Delvi. Demoga smengat menulisnay semakin tinggi dengan kata pengantar Om Jay yang memoivasi.

    1. Aamiin.. Bu Ros, Om Jay dan semua narasumber hebat di group menulis gelombang 21 saya ucapkan
      banyak terimakasih

  2. Mengikuti group belajar menulis gelombang 21 ini meninggalkan banyak pelajaran dan pengalaman yang berkesan, semoga kedepan bisa menghasilkan karya buku solo berikutnya,Aamiin

  3. Alhamdulillah, melalui 30 x pertemuan di wag tidaklah mudah. Akhirnya dengan segala usaha dan upaya bisa terealisasi dengan lahirnya buku solo