7 LANGKAH MENULIS DENGAN CINTA

GURU PENGGERAK INDONESIA - 1 September 2020
7 LANGKAH MENULIS DENGAN CINTA
  
Penulis
|
Editor

Malam ini masih aktif mengikuti kuliah di group WA Belajar menulis gelombang 14, dengan pemateri Bapak Alpiyanto seorang penulis  buku Best Seller sekaligus Master Trainer Samudra Hati, Master terapis dan juga seorang dosen. Latar belakang Beliau kelas 4 SD baru  bisa menulis. Di SLTA rangking 53 dari 56 siswa. Ketika kuliah hampir 6 tahun baru mampu menyelesaikan studinya. Mengikuti tes CPNS 12 kali namun tidak lulus juga. Berdasarkan paparannya Beliau tergolong orang yang kepribadiaannya pemalu, pendiam, kurang gaul, suka menyendiri, kurang PD dan gagap.

Yang mendorong Beliau menulis adalah menggali potensi lain dari dirinya yang merasa banyak kekurangan. Termotivasi saat pelatihan menulis dengan Bapak Andrias harefa, membaca kisah perjuangan JK. Rowling sang penulis Harry Potter. Ternyata dengan menulis banyak merubah kepribadiaannya. Buku yang Beliau tulis , banyak menceritakan pengalaman hidupnya sendiri. Ketika beliau menulis buku ‘Menulis dengan Cinta’, berisikan pengalaman hidupnya yang sulit dilupakan, menyiratkan perpaduan dialog batin dan pengalamannya, mengandung nilai-nilai hidup yang beliau perjuangkan, sebuah pengorbanan, harapan, kerelaan yang beliau komunikasikan dalam bahasa penuh cinta.

Pertama, berisikan pengalaman hidupnya yang sulit dilupakan, hampir setiap manusia mempunyai pengalaman hidup baik yang menyenangkan atau yang menyedihkan. Pengalaman itu membekas dalam ingatan dan memori jangka panjang. Semua itu meruapakan refleksi dari sebuah cinta yang bersemayam dalam diri. Kedua, menyiratkan perpaduan dialog batin dan pengalaman. Pengalaman hidup merupakan perpaduan dialog batin dan kenyataan hidup yang dilalui dalam mengaktualisasikan potensi diri sebagai ikhtiar menemukan hakekat hidup yang sesungguhnya. Ketiga, ada nilai-nilai yang diperjuangkan. Dalam setiap ikhtiar kita menemukan hakekat kehidupan yang sesungguhyaitu, ada nilai-nilai yang diperjuangkan sebagai eksistensi kedirian seseorang sebagai manusia dalam memberikan warna atau kontribusi dalam kehidupan dan dunianya. Keempat, ada pemgorbanan. Cinta dan nilai-nilaiyang diperjuangkan itu membawa konsekuensi pada pengorbanan, penderitaan, air mata bahkan juga darah.

Baca Liannya  Kata Pengantar Buku Resolusi 2021 antara Tantangan dan Harapan

Kelima, adanya harapan. Meskipun pengorbanan begitu berat, tidak membuatseseorang surut ke belakang bahkan harus terus melangkah dengan penuh keyakinan dan optimisme. Karena ada harapan, dan harapan memberikan energi, daya dorong dan motivasi kuat. Keenam, adanya kerelaan. Ketika tidak semua harapan menjadi kenyataan, ada  yang dapat diraih da nada kalanya kita harus melepaskannya dengan hati yang rela dan tulus. Ketujuh, komunikasikan dalam bahasa penuh cinta. Pada poin ini Beliau sempat mengutip pesan indah dari Bud Gurdner, ‘Ketika kamu bicara, kata-katamu hanya bergaung ke seberang ruangan atau sepanjang koridor. Tapi ketika kamu menulis kata-katamu bergaung sepanjang zaman.’ Berdasarkan kutipan itu apapun latar belakang profesi kita, perlu dikomunikasikan, baik lisanmaupun dalam bentuk tulisan. Sebagai bukti bahwa kita pernah hadir di bumi ini dan meninggalkan jejak dari nilai-nilai yang kita perjuangkan untuk generasi berikutnya. Oleh karena itulah menulis itu penting.

Selanjutnya beliau menuliskan kata indah dari Pramudya Ananta Toer, ‘Orang boleh pandai setinggi langit, tetapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah, menulis adalah bekerja untuk keabadian’. Beliau tetap mengisyaratkan pada semua audiens untuk tetap rajin menulis. Selanjutnya dituturkannya tentang JK. Rowling yang menulis dengan cinta. Rowling menulis pengalaman hidupnya tidak mudah, banyak pengorbanan, kegagalan, dan penderitaan dalam hidupnya, hingga akhirnya ia memutuskan untuk menulis. Pesan Rowling,’Mulailah dengan menulis hal-hal yang engkau ketahui. Tulislah tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri’. Rowlinglah yang menjadi inspirasi Bapak Alpiyanto untuk menulis. Hidupnya cukup prihatin, namun ia ambil kepitusan untuk menulis. Hingga akhirnya, kini namanya mendunia dengan karyanya Harry Potter.

Baca Liannya  Pejuang Pendidikan itu Pergi

Pesan beliau menulislah dengan cinta, menulislah dari apa yang kita lakukan, dan dari pengalaman hidup yang kita alami. karena menulis dengan cinta itu sangat memptivasi, menginspirasi, memberi solusi dan mengedukasi secara spiritual. Beliau merinci langkah-langkah menulis dengan cinta:

  1. Pilih pengalaman hidup, baik utuh maupun penggalan cerita dari pengalaman yang pernah dialami.
  2. Buat bagian-bagian dari pengalaman tersebut  menjadi daftar isi
  3. Mulailah menulis dari daftar isi tersebut yang dianggap paling mudah
  4. Perkaya tulisan dengan cerita atau kisah inspiratif yang relevan dengan tulisan
  5. Untuk lebih menarik buat kata-kata motivasi
  6. di akhir tulisan, buat mutiara hikmah
  7. Disarankan disesuaikan dengan profesi untuk sasaran pemasaran.

Beliau memberi contoh sebuah pola dan sistematika isi buku yang biasa dibuatnya dan sering menjadi best seller:

  1. Judul BAB
  2. Kata motivasi dari orang lain
  3. Naskah/tulisan pengalaman
  4. Kata motivasi buatan penulis sendiri (original)

‘Seburuk apapun suatu kejadian, bila dilihat dengan hati dan pikiran positif dengan bersandar kepada Sang Maha Pengatur, maka hasilnya luar biasa’.

  1. Himah kehidupan/nasehat diri/saran/penerapannya

Janji Allah Maha benar bagi orang –orang yang yakin dengan ayat-ayatNya, tenang menyikapinya, ikhlas dan sabar dalam proses penyelesaiannya. Sebagaimana difirmankan oleh Allah dalam surat Al-Insyirah yang artinya: Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan lain.(QS. Al-Insyirah ayat 5-7). Begitu pula yang terkandung dalam surat At-Thalaq ayat ke 7 yang artinya:’…Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan,’

Hikmah kehidupan penting ditulis dalam buku karena tersirat pendidikan bagi pembaca bila mengalami hal serupa. Sehingga dapat bersikap positif dalam menyikapi sesuatu. Pendidikan dalam hikmah kehidupan adalah:

  1. Sikapi setiap persoalan dengan hati yang tenang, ikhlas, dan sabar.
  2. Selalu bersandar(tawakal) kepada Allah dan berprasangka baik kepadaNya, maka itu merupakan sarana/jalan keluar dari kesempitan yang ada.
  3. Yakinlah dibalik kejadian ada hikmah yang tersimpan, karena Allah sedang mendidik hambanya untuk bersabar dan memberi kabar gembira.
  4. Memberilah, maka menerima. Memberi dengan mendoakan kemudahan dalam bisnis dan keberkahan dalam usaha orang lain, maka akan menerima keberkahan dan mendapatkan keberlimpahan dariNya.
Baca Liannya  Dahsyatnya Kekuatan Kata

Ketika menjawab pertanyaan dari pesertayang berperan sebagai mahasiswa diperkuliahan malam ini, ada kalimat yang menyentuh hati saya. Beliau memaparkan magnet rezeki merupakanpola pikir dan sikap positif. Sikap positif  bisa mendatangkan kemadahan rezeki. Intinya adalah sikap kita:

  1. Positif thinking
  2. Positif feeling
  3. Positif motivation

Bila ketiganya ada pada diri kita, maka kita mudah mendapatkan rezeki dan keberuntungan. Aamiin.

2 Komentar pada “7 LANGKAH MENULIS DENGAN CINTA”

Tinggalkan Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG WEB

  • 1
  • 181
  • 2.563
  • 11.490
  • 630.449
  • 111.539
Close Ads X
Jelajahi

.

.

.

.