HeadlineTULISAN GURU PENGGERAK INDONESIA

Anies Baswedan Darah Guru, Putra Guru

Anies Baswedan Darah Guru, Putra Guru
Oleh : Dr. H. Adi Dasmin, MM
(Ketua PGRI DKI Jakarta)

Sebagai praktisi pendidikan dan pengurus organisasi profesi guru di DKI Jakarta beruntung punya Gubernur Anies Baswedan. Mengapa beruntung? Sebagai praktisi pendidikan, pengurus organisasi profesi guru yang berada di wilayah DKI Jakarta terasa ada kedekatan emosional dengan Beliau. Plus Anies Baswedan adalah pemimpin yang sangat paham terkait guru dan pendidikan.

Bila kita simak Anies Baswedan berbicara selalu terstruktur, jelas dan enak didengar. Itulah khas Beliau sebagai seorang kepala daerah yang berlatar belakang sebagai pendidik dan keluarga pendidik. Artinya Anies Baswedan adalah sosok pemimpin berdarah guru, putra keluarga guru. Kedua orangtuanya adalah pendidik.

Bila kita lacak jejak prestatif Beliau sejak jadi pelajar dan mahasiswa sungguh luar biasa. Ia adalah pelajar berprestasi, mahasiswa berprestasi, dosen yang menjadi rektor dan kemudian menjadi Menteri Pendidikan. Aktivitas di organisasi sejak jadi pelajar, mahasiswa dan kemudian menjadi dosen menjadi hal istimewa baginya. Cerdas meraih prestasi akademik dan prestasi organisasi.

Darah guru dari kedua orangtuanya membuat Ia selalu tampil sebagai pemimpin yang aura gurunya senantiasa memancar. Beliau adalah salah satu kepala daerah yang memiliki kemampuan komunikasi luar biasa. Sebagai praktisi pendidikan dan pengurus organisasi profesi guru di DKI Jakarta terasa sangat terbantu dan difasilitasi sejumlah kepentingan guru dan upaya peningkatan martabat guru.

Mari para guru-guru Indonesia kita berdoa semoga lebih banyak lagi para pemimpin hebat, baik tingkat lokal atau pun nasional yang berasal dari keluarga pendidik, keluarga guru. Betapa penting pula para guru mendidik dan mengajar dengan baik agar kelak lahir anak didik yang berprestasi. Begitu pun keluarga guru mengapa tidak kita punya anak sebagaimana profile Anies Baswedan yang selalu menginspirasi dan memesona publik.

Era Merdeka Belajar saat ini semoga sukses melahirkan pelajar profile Pancasila. Setidaknya sosok Anies Baswedan bisa menjadi contoh para pelajar dan mahasiswa. Sejak pelajar dan mahasiswa selalu meraih prestasi dan beasiswa sampai ke luar negeri. Menjadi yang terbaik butuh sejumlah contoh atau teladan. Anies Baswedan setidaknya diantara contoh yang bisa jadi rujukan.

Anies Baswedan dengan segala kelebihan dan kekurangannya telah memberikan sebuah citra positif sebagai putra pendidik/guru yang berhasil menjadi pemimpin. Mari para guru dan masyarakat pada umumnya untuk serius mendorong dan memotivasi lahirnya anak didik terbaik yang kelak akan menjadi pemimpin di masa depan. Anies Baswedan adalah diantara contoh yang bisa kita ketengahkan pada anak didik kita dan keluarga guru di Indonesia.

Related Articles

5 Comments

  1. Gub Anis memang hebat, alhamdulillah DKI punya Gub yang berdarah guru. barokallah utk semua warga DKI dan gubernurnya

  2. Alhamdulillah punya pemimpin yg amanah, dan bisa perhatian thd rakyatnya, hasil didikan dari ortu seorang pendidik, darah guru mengalir dalam diri pak anies, shingga beliau bisa menjadi pemimpin yg bijak, semoga beliau bisa membawa bangsa ini terus maju dan beradab..aamiin

Back to top button