Apakah Sifat yang Harus Dimiliki Seorang Youtuber?

GURU PENGGERAK INDONESIA - 25 Agustus 2020
Apakah Sifat yang Harus Dimiliki Seorang Youtuber?
  
|
Editor

Pernahkah kita berfikir tentang bagaimana seorang youtuber berhasil mendapat ribuan bahkan jutaan subscriber dan penonton? Bahkan tidak jarang orang-orang yang menjuluki sebagai artis Youtube (youtuber). Kesuksesan mereka pun tidak lain karena kualitas dari konten video yang mereka buat, maupun karena kepribadian mereka yang menarik untuk dilihat.

Berdasarkan video yang dibuat oleh London Donlot Singh yang mengungkapkan 10 youtuber berpenghasilan tinggi di dunia dengan judul video Top 10 Highest Paid Youtubers. Kemudian dari situ diambil beberapa youtuber yang akan diperhatikan konten video dan karakteristiknya. Youtuber itu adalah, Smosh, Epic Meal Time, DC Toy Collectors, Pewdiepie, dan Shaycarl. Hasilnya para youtuber itu memiliki kesamaan dari ruang lingkup serta konten video dan gaya kepribadian.

https://www.youtube.com/watch?v=0Swt9N2d2lA&t=568s

Menarik orang dengan antusiasme,dan  antusiasme melepaskan dorongan untuk membawa suatu hal melewati rintangan dan memberi arti penting bagi semua yang dilakukan. Hampir semua orang merasa bersemangat jika berada di sekitar orang yang memiliki antusias yang tinggi, hal itu karena antusias dapat memancarkan energi yang bisa menular ke orang-orang. Antusiasme dapat menimbulkan karisma pada orang itu sendiri. Biasanya antusias bisa ditimbulkan dari sifat ingin tahu yang tinggi dan selalu tertarik dengan banyak hal. Sosok ini cenderung mengeksplorasi banyak hal layak nya mencoba game baru, petualangan baru, olahraga-olahraga baru, rasa baru, dan masih banyak hal lain.

Seseorang yang memiliki antusiasme lebih biasanya cenderung ke arah yang positif, mereka akan fokus pada sesuatu yang dapat mereka lakukan dibanding hal yang tidak dapat dilakukan. Tentu saja untuk menjadi seorang youtuber harus melakukan hal-hal yang disukai.

Baca Liannya  Ikutilah Konferensi Nasional Guru Blogger dan Youtuber PGRI di Bulan Desember 2020

Seorang youtuber akan merasakan antusias saat ia melakukan hal-hal yang ia sukai, tidak peduli sekecil apapun itu, dan akan memberikannya kepada orang-orang melalui Youtube. Youtuber akan lebih merasa bergairah saat membahas sesuatu yang sudah mereka pahami atau kuasai seperti tentang pekerjaan mereka, tentang hobi, kerajinan, olahraga yang disukai, atau hal-hal lain nya.

Dan hal itu akan secara alami membuat mereka merasa tertarik untuk menunjukan antusiasme mereka ke banyak orang. Melakukan sesuatu yang youtuber cintai sangatlah penting, karena orang-orang akan menyukai seseorang yang memiliki hasrat dan antusias terhadap apa yang mereka bahas atau lakukan.

Kemampuan bicara yang baik, sebagian besar orang yang menjadi youtuber pasti mengandalkan kemampuan yang satu ini, yaitu komunikasi. Rata-rata para youtuber yang sudah terkenal atau bisa dibilang sudah berhasil, mereka memiliki gaya bicara yang baik. Gaya bicara yang baik dalam artian dapat mengekspresikan diri melalui kata-kata, dengan artikulasi yang jelas, alur atau narasi tersusun dengan baik, dan nada bicara yang persuasif juga kembali lagi antusias.

Untuk memiliki kemampuan yang baik, biasanya youtuber tersebut sudah banyak berlatih seperti sering mengutarakan pendapat kepada orang-orang, sering tampil di beberapa acara-acara, sering berbicara kepada banyak orang, dan lain-lain. Hal tersebut yang membuat youtuber memiliki gaya bicara yang baik, karena hal tersebut sangat berpengaruh pada isi video.

https://www.youtube.com/watch?v=vDwQMJdAU-o

Be friendly, orang ramah yang bersemangat memberikan dorongan dan dukungan saat masa-masa paling dibutuhkan. Youtuber harus memiliki sifat yang ramah, apa jadi nya jika penonton menonton video seseorang yang kurang friendly selama bermenit-menit lama nya? Pasti akan bosan. Walaupun saat membuat video tersebut sang youtuber berhadapan dengan diri sendiri, akan tetapi yang terjadi adalah komunikasi terjalan secara dua arah, yaitu sang pembuat video dan orang-orang yang menonton video di youtube tersebut.

Baca Liannya  Puisi Teletet Untuk Sahabat Yang Berpulang

Pembawaan video secara friendly dapat memudahkan para youtuber untuk disukai oleh penonton. Dan pembawaan secara friendly ketika youtuber berbicara khususnya di Youtube dapat membuat audiens lebih mudah untuk menjaga perhatian mereka untuk tetap menonton. Biasanya youtuber bisa memiliki sifat yang friendly dari sering melihat videonya berulang kali dan mencermati apa saja kebiasaan yang melemahkan pembawaannya, seperti kurangnya kontak mata dengan audiens, terlalu banyak jeda, dan sebagainya. Setelah satu kebiasaan buruk berhasil diperbaiki barulah sang youtuber pindah ke kebiasaan lain yang juga butuh diperbaiki. Segala informasi atau ajakan mempunyai kemungkinan besar untuk diterima penonton, jika penonton tersebut merasa senang menonton konten video tersebut dan senang juga dengan pembawaan konten orang yang membuat.

Mempunyai selera humor, tidak menarik bagi seseorang pengguna jika ia menonton video yang terlalu garing atau serius (tergantung konten video), apalagi jika sang youtuber tersebut sebenarnya ingin membuat video yang berkonsep entertaining atau menghibur. Tidak jarang youtuber suka menyelipkan humor, candaan, atau bahkan tingkah yang konyol di dalam video mereka. Tidak peduli mau apapun itu konten yang ada di video nya. Jika youtuber memiliki sifat yang satu ini, maka mereka akan lebih disukai, komedi membuat seseorang menjadi lebih akrab, humor meningkatkan produktivitas dan efektivitas, dan tentunya membuat lebih mudah untuk bergaul. Banyak keuntungan bagi yang didapat jika mempunyai selera humor khusus nya bagi para youtuber yang ingin merebut hati para penonton, karena memiliki selera humor bisa menjadi andalan untuk membuat konten video lebih menarik untuk diikuti.

Baca Liannya  Berkreasi Membuat Konten Pembelajaran di Youtube, Blog dan Podcast

https://www.youtube.com/watch?v=zEkQU_pZ0nY

Menjaga untuk tetap informatif, penting untuk mendapat informasi namun untuk mendapat inspirasi pun juga penting, menciptakan ruang dimana orang bisa terinspirasi. Sekecil apapun informasi yang diberikan seorang youtuber, mungkin bisa berarti untuk sebagian orang. Makna dari informatif juga luas untuk sebuah konten. Hal yang dikatakan informatif tidak hanya berupa seseorang membawakan berita atau info-info tertentu.

Seseorang youtuber yang memperlihatkan proses memasak mulai dari membeli bahan makanan, memberikan tip, sampai makanan itu jadi pun termasuk konten informatif. Banyak sekali hal informatif yang bisa dijadikan konten video, hanya bagaimana cara sang youtuber mengemasnya menjadi video yang menarik dan enak ditonton para netizen.

https://www.youtube.com/watch?v=_kQKHupMM1k

Terdapat banyak point-point tentang topik-topik yang paling digemari di youtube, seperti unboxing video (kegiatan membuka sebuah kemasan entah itu paket, kotak, atau kado dan mencoba melihat bagaimana isi di dalam nya), time-lapse video (video yang dibuat menggunakan kamera time lapse, sehingga menghasilkan video yang diputar secara cepat), Video Game Walkthroughs (video ini dapat memamerkan keahlian sang youtuber saat bermain video game sekaligus bersenang-senang), How To Video (video bertipe tutorial untuk melakukan suatu hal), Product Review (menjelaskan suatu barang secara lebih mendalam ditambah dengan pengalaman saat menggunakan), Fan Video,Reviews,Commentaries (review seorang youtuber terhadap sebuah film, tv show,dan lain-lain nya), Reaction Video (merekam reaksi sang youtuber saat menonton sesuatu).

Tinggalkan Komentar


Terpopuler

JUMLAH PENGUNJUNG WEB

  • 0
  • 1
  • 1.957
  • 9.819
  • 632.507
  • 112.460
Close Ads X
Jelajahi

.

.

.

.