AYO NYALAKAN TERUS API BELAJARMU BERSAMA OMJAY DKK

GURU PENGGERAK INDONESIA - 13 Maret 2021
AYO NYALAKAN TERUS API BELAJARMU BERSAMA OMJAY DKK
  
|
Editor

Setelah sekian lama menunggu, akhirnya kuliah belajar menulis ONLINE yang dikomandoi OMJAY AKHIRNYA BISA dimulai KEMBALI PADA BULAN JANUARI 2021. BANYAK YANG SUDAH tergabung dalam kuliah online Belajar Menulis Gratis gelombang 17. OMJAY adalah panggilan akrab dari NAMA ASLI Wijaya Kusumah, TURUT memandu dalam kegiatan ini. AYO KITA NYALAKAN TERUS API BELAJARMU BERSAMA OMJAY, DKK.

Materi kuliah PERDANA adalah tentang perjalanan OMJAY dalam menerbitkan 4 buku yang OMJAY tuliskan dan terbitkan. Menurut OMJAY dalam menerbitkan buku, tentu saja ada kolaborasi antara penulis, editor dan pihak penerbit. Berikut paparan kuliah OMJAY beberapa waktu lalu.

Banyak orang tidak tahu bahwa menulis buku itu memerlukan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu, OMJAY membiasakan diri menulis setiap hari di blog. Dengan begitu OMJAY bisa membuat buku dari hasil menulis di blog. Dari tulisan di blog, bisa menjadi buku yang bermutu.

Pepatah mengatakan, ‘Sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit”. Tema inilah yang OMJAY berikan di WA group menulis gelombang 1 sampai 17 secara online.

Selama ini OMJAY menerbitkan buku dari hasil menulis di berbagai blog. Sekedar informasi,  buku Catatan Harian Seorang Guru Blogger diterbitkan dalam waktu 6 bulan. Buku ini dikerjakan dengan sangat teliti oleh Pak Sukarno yang menjadi editornya. Selama pengerjaan buku tidak pernah satu kalipun beliau bertatap muka. Pak Sukarno mengerjakannya di Semarang. Sedangkan OMJAY ada di Bekasi. KAMI berkomunikasi hanya lewat WA saja. Tulisan diambil dari kisah nyata OMJAY yang ditulis di blog kompasiana.com/wijayalabs.

CATATAN HARIAN SEORANG GURU BLOGGER

Baca Liannya  Membangun Pendidikan Kecakapan Hidup di Sekolah PGRI

Sekedar informasi saja. Buku Melejitkan Keterampilan Menulis Siswa diterbitkan dalam waktu 3 bulan. Buku ini adalah hasil Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang lolos masuk final lomba karya tulis inovasi pembelajaran tingkat nasional kemdikbud. Berkat PTK ini OMJAY mendapatkan laptop baru dan uang PULUHAN juta rupiah. Bisa ke Bali GRATIS dan naik pesawat Garuda Indonesia serta menginap di hotel berbintang 5. Pokoknya dahsyat sekali kekuatan menulis itu. SAYA SUDAH MERASAKAN DAN MEMBUKTIKANNYA.

Awalnya OMJAY tidak tahu kalau hasil PTK bisa dijadikan buku ber-ISBN. Setelah belajar sama Pak Lukman di Jawa Timur lewat online, OMJAY menjadi tahu ilmunya. Ibu Hati di Bandung menawarkan diri menjadi editornya. Tentu saja OMJAY senang sekali karena belum punya pengalaman sama sekali menulis buku dari hasil PTK. Alhamdulillah buku itu jadi dan banyak yang memesannya. SAMPAI SEKARANG BUKU INI BANYAK DIPESAN DAN DICARI BAGI MEREKA YANG MEMBUTUHKAN CONTOH PTK.

Berkat membuat laporan PTK yang baik, OMJAY mendapatkan hadiah kuliah singkat ke China University of Mining Technology atau CUMT. Omjay belajar STEAM  di sana dan pulang membawa uang saku sebesar Rp.21.000.000 9dua puluh satu juta rupiah). Bukan hanya uang saja, tapi juga segudang pengetahuan baru yang akan OMJAY terbitkan dalam buku baru. Sekarang ALHAMDULILLAH SUDAH DITERBITKAN DI PENERBIT YPTD. KAWAN-KAWN UDHA BISA MEMESAN BUKUNYA.

Buku Blogger Ternama adalah sebuah buku yang diterbitkan dari hasil menulis di blog selama 6 bulan. Buku ini diterbitkan oleh Pak Wiranto dari Penerbit Camp Pustaka. Isinya kisah nyata OMJAY menulis di blog dan menjadi blogger ternama. Lewat buku ini OMJAY mengajak kawan kawan guru untuk menulis di blog dan kemudian merajut tulisannya menjadi buku yang layak jual.

Baca Liannya  Webinar Guru Nasional Berinovasi

Blogger Ternama ditulis dari kisah kisah inspiratif bagaimana seorang guru yang biasa saja dapat menjadi guru yang luar biasa. Bahkan berkat rajin menulis di blog OMJAY diundang keliling Indonesia dan diajak makan siang di Istana Negara bersama Presiden Jokowi. Itulah keajaiban ngeblog yang mengantarkan OMJAY menjadi blogger ternama. Bahkan bisa bulan madu gratis ke Singapura gara-gara menulis di blog. Hal itulah yang ingin OMJAY tularkan dalam buku ini.

Buku Menulislah Setiap Hari adalah buku pertama kali yang OMJAY terbitkan di Penerbit Mayor. Perlu waktu 3 tahun menerbitkan bukunya. OMJAY masih belum percaya diri menerbitkan buku. Sebab seringkali ditolak oleh penerbit mayor. Namun OMJAY tak pernah putus asa. Akhirnya buku selesai juga diedit berkat jasa mbak Abdah Khan. Berkat beliau buku itu menjadi enak dan renyah dibaca.

Kemudian buku itu diterbitkan oleh Penerbit Indeks Jakarta dengan editor Mas Yuan Acita. Sampai sekarang OMJAY belum pernah bertemu orangnya. Kabarnya beliau ada di Padang. Berkat tangan dingin beliau buku ini laku keras dan tersebar ke seluruh Indonesia. Berkat buku ini OMJAY membeli rumah baru. Tidak besar tapi cukup untuk berlibur bersama keluarga di Wanaraja Garut Jawa Barat. SEKARANG OMJAY TINGGAL DI JATIBENING BEKASI.

OMJAY ingin menyampaikan kepada kawan kawan guru bahwa kolaborasi itu penting. Keempat buku yang Om Jay terbitkan adalah berkat kolaborasi antara penulis dan editor. Penerbit yang baik tentu memerlukan waktu dalam proses editingnya. Hal ini kurang disadari oleh para penulis pemula. Apalagi buat kawan guru yang menulis hanya untuk kenaikan pangkat. Jadi menulis buku itu bertujuan berbagi ilmu dan pengalaman, bukan sekedar menambah poin untuk kenaikan pangkat saja.

Baca Liannya  KEGAGALAN ITU HANYA KOMA, BUKAN TITIK

Demikianlah sedikit kisah nyata OMJAY yang disampaikan dalam kuliah online hari pertama di WA Group belajar menulis PGRI. Semoga TULISAN ini dapat MEMOTIVASI dan ANDA tergerak untuk terus menulis dan menulis, LALU menghasilkan karya lewat tulisan. Ingatlah selalu MANTRA AJAIB OMJAY. MENULISLAH SETIAP HARI DAN BUKTIKAN APA YANG TERJADI.

Salam Blogger Persahabatan

OMJAY

Guru Blogger Indonesia

Blog http://wijayalabs.com

 

 

4 Komentar pada “AYO NYALAKAN TERUS API BELAJARMU BERSAMA OMJAY DKK”

  1. Herni Sunarya Banah berkata:

    Sungguh luar biasa guru terhebat yang pernah saya temui terutama dalam menulis. Semangatnya menulis satu hari satu tulisan. Ini sudah mulai saya rasakan dan memang benar dan bukti nyata. Yang tadinya hanya demi nilai kenaikan pangkat. Namun Alloh telah mempertemukan saya dengan orang – orang yang sungguh luar biasa hebat. keinginan nilai untuk naik pangkat pun terindahkan. Terima kasih Omjay Anda memang sudah menjadi Doktor yang hebat bagi kami.

  2. Nani Kusmiyati berkata:

    Kegiatan menulis yang sangat berkesan, waktu terasa cepat Om Jay, tanpa terasa sudah pertenghan bulan Maret 2021.Semoga setiap hari Kita dapat berbuat kebajikan dan Kita kembali menulis untuk tugas pokok kita yang sdh terbengkalai hampir 1,5 tahun untuk saya. Semoga saya bisa menjadi blogger yang menginspirasi orang lain

    • Rosminiyati berkata:

      Semenjak bergabung dengan grup WA belajar menulis, waktu 24 jam terasa tidak cukup. Ingin rasanya diperpanjang. Ketika pagi rasanya begitu cepat sekali malam. Ketika malam begitu cepatnya larut malam. Tak pernah ada lagi kebosanan saat menunggu. Setiap waktu luang sedikit apapun celahnya, ada saja yang di tulis. Urusan bagus tidaknya tidak dihiraukan. Membiasakan diri, itulah tujuan utamanya. Sambil berjalan, baru lakukan perbaikan.

  3. Yuningsih berkata:

    Kalau tidak dipukul palu tidak bergerak, begitulah sy dalam menulis om, harus ada tantangan dulu baru mau menulis…he….he..

Tinggalkan Komentar


Terpopuler

JUMLAH PENGUNJUNG WEB

  • 0
  • 5
  • 1.961
  • 9.823
  • 632.511
  • 112.463
Close Ads X
Jelajahi

.

.

.

.