Belajar Menulis Membuatku Menangis

GURU PENGGERAK INDONESIA - 12 Februari 2021
Belajar Menulis Membuatku Menangis
  
|
Editor

Belajar Menulis Membuatku Menangis. Bukan karena saya cengeng, tapi karena terharu. Sebab program ini banyak diserbu para guru. Mereka sangat antusias untuk berburu ilmu.

Alhamdulillah kegiatan belajar menulis di PGRI baru saja usai. Bapak Joko Mumpuni dari Penerbit Andi Yogyakarta, baru saja menyampaikan materinya.

Kami belajar hanya lewat wa group saja. Tak terasa sudah sampai gelombang ke 17. Kita menjadi semakin banyak mengelola WA Group, Walaupun aplikasi Telegram juga sudah kami siapkan. Tapi masih sepi peminatnya.

Malam ini pertemuan ke-18 dari 20 pertemuan yang kami rencanakan. Kita juga sudah menyiapkan 10 pertemuan untuk memberikan motivasi kepada para peserta dari para guru berprestasi dan berdedikasi.

Terus terang kegiatan belajar menulis membuat saya menangis. Saya menangis dalam kebahagiaan. Sebab tak menyangka program ini banyak diminati para guru Indonesia.

Sewaktu memulainya di bulan Januari 2020, saya dibantu oleh anak saya yang kuliah di Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung. Baru kemudian banyak guru yang membantu saya menjadi narasumbernya. Mereka tak ada yang dibayar. Semua ikhlas berbagi. Banyak memberi akan banyak menerima.

Pada angkatan atau gelombang pertama, ada guru yang mampu menulis setiap hari di blognya. Namanya ibu Rosiana. Beliau mendapatkan hadiah kejutan berupa buku dan juga uang sejuta dari komunitas sejuta guru ngeblog (KSGN) dimana saya sebagai pendirinya.

Hasil riset dan evaluasi kami menunjukkan bahwa guru tidak bisa menulis setiap hari di blog. Kecuali buat mereka yang memiliki semangat tinggi untuk menjadi blogger ternama. Oleh karena itu, di bulan Februari ini kami selenggarakan Lomba Blog untuk menantang mereka menulis setiap hari.

Baca Liannya  Antara Pilihan, Dipilih, dan Memilih Sampai ke Negeri China

Alhamdulillah virus menulis sudah semakin menyebar di kalangan guru. Peserta dari Aceh hingga Papua selalu ada. Hasil resume mereka telah menjelma menjadi buku yang renyah dan enak dibaca.

Ratusan buku siap dipasarkan secara online di toko.penggerakindonesia.com. Sebuah website yang diperuntukkan para guru yang ingin memasarkan bukunya secara online. Sementara ini masih gratis dan tidak dipungut biaya administrasi. Bapak ibu silahkan menghubungi saya bila ingin memasarkan bukunya secara online.Anda dapatmenghubungi WA 08159155515.

Berkat donasi dari Bapak ibu guru yang baik hati, lahirlah website bersama di http://gurupenggerakindonesia.com. Website tersebut bisa kita install di HP dengan cara mengunduhnya di play store.

Saya terharu dengan kebersamaan dan rasa gotong royong yang dibangun para guru. Memiliki website bersama adalah keinginan kita agar tulisan kita bisa dibaca oleh semua. Semoga semakin banyak guru yang menuliskan artikelnya di website tersebut.

Kerjasama yang erat dan saling menguntungkan dengan penerbit Andi Yogyakarta terus kami tingkatkan. Alhamdulillah sudah semakin banyak peserta guru menulis yang bukunya diterbitkan penerbit besar seperti Penerbit Andi Yogyakarta.

Kegiatan belajar menulis PGRI semakin berkembang dengan masuknya para relawan guru yang bergabung bersama tim Omjay. Merekalah yang mendukung saya sehingga kegiatan belajar menulis dapat dikelola secara profesional.

Dengan donasi seikhlasnya, kami membuka program Belajar Bicara dengan tema besar belajar Public Speaking for Teacher.

Ternyata program ini banyak diminati para guru Indonesia. Saya sampai membuka langsung 2 WA Group belajar bicara agar mereka yang mau belajar serius dapat meraih sertifikat 36 jam yang nanti akan saya tandatangani bersama ibu Ketua Umum Pengurus Besar PGRI. Profesor Unifah Rosyidi sudah menyetujui program ini.

Baca Liannya  Model Pembelajaran - Merancang Pembelajaran Kompetensi Abad 21, Berkarakater, dan Literat di Era Kenormalan Baru

Alhamdulillah berkat dukungan berbagai pihak, kini kegiatan belajar menulis dan belajar bicara selalu hadir di hadapan anda semua. Dari Senen sampai Sabtu setiap malam pukul 19.00 sampai 21.00 WIB.

Setiap Senen, Rabu, Jumat kita menggunakan aplikasi WA untuk belajar menulis. Sedangkan hari Selasa dan Kamis kita gunakan untuk belajar bicara melalui aplikasi Zoom.

Saya menyiapkan waktu Sabtu malam Minggu atau Minggu Malam Senen untuk ngobrol santai bareng Omjay. Saya akan undang narasumber terkenal untuk berbagi ilmu dan pengalamannya. Setelah itu kami bagikan sertifikat buat mereka yang membutuhkan sertifikatnya.

Rasa syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT. Berkat Ridho dari Allah kegiatan ini sedikit demi sedikit dapat berjalan sesuai harapan. Semoga kegiatan ini dapat terus kita kembangkan sehingga semakin banyak guru yang bisa menulis dan menerbitkan bukunya. Setelah itu mereka bisa tampil dalam acara intip buku yang akan Omjay selenggarakan lain waktu. Mohon doanya bisa terealisasi dan berwujud nyata.

Salam Blogger Persahabatan
Omjay
Guru Blogger Indonesia
Blog http://wijayalabs.com

16 Komentar pada “Belajar Menulis Membuatku Menangis”

  1. Herni Sunarya Banah berkata:

    Tokoh yg selalu memotovasi kami tetap sehat Omjay dan tetap semangat dengan ilmunya dan yg pasti tidak pernah lupa untuk berbagi ilmu matursuwun Omjay

  2. Herni Sunarya Banah berkata:

    Tokoh yg selalu mengudara dan memotovasi kami tetap sehat Omjay dan tetap semangat dengan ilmunya dan yg pasti tidak pernah lupa untuk berbagi ilmu matursuwun Omjay

  3. Herni Sunarya Banah berkata:

    Tokoh yg hebat dan inivator tetap sehat Omjay dan tetap semangat dengan ilmunya dan yg pasti tidak pernah lupa untuk berbagi ilmu matursuwun Omjay

  4. Herni Sunarya Banah berkata:

    Tokoh yg hebat dan inivator Indinesia tetap jaya seperti Namanya membooming Omjay semangat

  5. Herni Sunarya Banah berkata:

    Tokoh dan inovator tetap jaya seperti namanya Omjay

  6. Herni Sunarya Banah berkata:

    Keren dan selalu bagus idenya tdk pernah surut

  7. Herni Sunarya Banah berkata:

    Menjadi tokoh hebat itu susah tapi beliau selalu hebat dalam mengeluarkan idenya keren Omjay

  8. Herni Sunarya Banah berkata:

    Jos dan great

  9. Tini Sumartini berkata:

    Terima kasih tak terhingga. Berkat jasa Omjay, sy bisa memupuk jiwa literasi sbg contoh teladan di sekolah dan di wilayah kami. Alhamdulillah di grup 17 para ketua MGMP wilayah kami sudah ikut bergabung.

  10. Herni Sunarya Banah berkata:

    Great Omjay

  11. Maesa berkata:

    Aamiin yaa robbal aalamiin
    Semoga sehat slalu Omjay dan keluarga, terus menginspirasi dan sukses slalu untuk Omjay juga kita semua
    Motor penggerak slalu berjaya
    Salam blogger salam persahabatan salam literasi
    Semangat dan maju terus

  12. Usman Alamsyah berkata:

    Terima Kasih Om Jay….

  13. Nurmariana berkata:

    Keren om Jay. Makasih udah diajak gabung grup yang banyak ilmu bermanfaat. Smga makin sukses. Aamiin.

  14. nur aisah berkata:

    MasyaAllah.perjuangan berat yg tidak sia2..Alangkah nikmatnya bisa menjadi inspirasi banyak orang, guru seleruh nusantara.

  15. Faridah S.Pd berkata:

    Kami senang dengan ada nya webinar ini secara onlin.

  16. Faridah, S.Pd berkata:

    Dengan adanya webinar ini kami senang

Tinggalkan Komentar


Terpopuler

JUMLAH PENGUNJUNG WEB

  • 0
  • 144
  • 2.213
  • 10.252
  • 632.481
  • 112.447
Close Ads X
Jelajahi

.

.

.

.