Belajar Ngeblog Bersama Om Jay

Malam ini setelah adzan Isya’ berkumandang segera ku bergegas menjalankan sholat Isya’. Sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh Om Jay di grup kelas belajar menulis bahwa malam ini  pukul 19.30 ada kegiatan Om Jay Berbagi Ilmu Ngeblog yang dilaksanakan via zoom meeting. Walaupun agak terlambat bergabung tapi belum tertinggal untuk menerima ilmu ngeblog yang disampaikan oleh Om Jay.

Om Jay menjelaskan tentang cara membuat blog pribadi di blogger. Ternyata membuat blog sangat mudah. Agar membuat tampilan blog menjadi lebih menarik bisa menggunakan template yang ada di blogger sesuai dengan keinginan. Setelah itu beliau juga menjelaskan bagaimana cara mengirimkan tulisan, gambar, video maupun link tautan ke dalam blog. Tulisan harus orisinal. Satu tulisan bisa dikirimkan ke beberapa blog dengan cara memberikan keterangan sumber tulisan.

Selain menulis di blog pribadi kita bisa menulis di kompasiana, gurusiana atau blog yang lain. Caranya dengan mendaftar terlebih dahulu dan validasi akun yang berkaitan dengan data pribadi. Jika seseorang menulis di kompasiana maka bisa mendapatkan gopay atau uang. Di kompasiana terdapat program K-Reward sesuai dengan jumlah pengunjungnya dan akan mendapatkan benefit atau saldo elektronik.

Mekanisme program k-reward meliputi registrasi akun kompasiana yang sudah tervalidasi, mencantumkan nomor gopay pada pengaturan profil, seluruh artikel yang ditayang dalam periode satu bulan minimum 3.000 viewer atau pengunjung dan penghitungan tersebut setiap akhir bulan akan berakhir.

Cara mengikuti program ini antara lain akun harus tervalidasi, minimal telah menayangkan 50 konten , memiliki 100 komentar dan mendapatkan kunjungan minimal 25.000 views di sepanjang waktu. Setelah itu baru cek akun dan jika muncul kalimat selamat bahwa akun bisa mengikuti program k-reward maka kita akan mendapatkan gopay.

Selain itu, Om Jay menceritakan pengalamannya dan prestasinya selama menjadi blogger. Beliau selain sebagai seorang guru juga seorang blogger.  Karena tulisannya di blog Om Jay diliput oleh DAAI TV untuk berbagi pengalamannya serta bisa keliling Indonesia.

Om Jay dan Bu Kanjeng yang pernah menjadi lomba blog memberikan tips bahwa untuk mengikuti lomba blog harus mengikuti juknis dan kriteria yang diberikan oleh panitia lomba blog. Tulisan maupun gambar atau video yang ada di blog harus orisinal dan menarik minat pembaca.

Bapak Supadilah sebagai pemenang lomba blog yang sudah meraih juara beberapa kali dan pernah mendapatkan hadiah laptop dan tablet memberikan tips tentang bagaimana cara agar dapat meraih juara lomba blog yaitu dengan sering mengunjungi blog para juara, pelajari tulisannya (amati, tiru dan modifikasi) dan bila perlu mengikuti kursus menulis di blog. Selain itu tulisan yang di buat harus asli dan orisinal hasil ide sendiri.

Selain memberikan materi tentang ngeblog, Om Jay memberikan hadiah buku kepada peserta yang mau bertanya. Sudah dapat ilmu yang bermanfaat juga bisa mendapatkan hadiah. Kegiatan ini berakhir pada pukul 21.30.

Sungguh bermanfaat sekali ilmu ngeblog yang sudah disampaikan Om Jay dan tips-tips lomba blog yang disampaikan oleh beliau beserta Bu Kanjeng dan Bapak Supadilah. Semoga Ilmu yang didapat pada malam hari ini bermanfaat terutama bagi seseorang yang baru belajar ngeblog.

Fatmawati, S.Pd. (SMA N 1 Sumberejo)

Tanggamus, 12 Februari 2022

Fatmawati

Fatmawati adalah seorang guru BK di SMA N 1 Sumberejo Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.