BERANI MENGAKUI KESALAHAN UNTUK KEMUDIAN MINTA MAAF

BERANI MENGAKUI KESALAHAN UNTUK KEMUDIAN MINTA MAAF

_ALLAH menciptakan sesuatu di dunia ini berpasang-pasangan, termasuk benar dan salah. Misalnya, tindakan manusia dalam menjalankan kegiatan sehari-hari ada yang benar dan ada yang salah. Dalam hal tindakan benar, semua manusia pasti mau mengakui bahwa hal tersebut dirinya yang melakukan. Tetapi, jika melakukan kesalahan, seyogianya manusia mengakui kesalahannya untuk kemudian meminta maaf._

🌺ADA kecenderungan bahwa setiap orang akan berusaha menghindar dari kesalahan sendiri. Mestinya, langkah tersebut tidak perlu dilakukan.

🌺 TENTU mereka akan enggan mengakui kekhilafan diri. Bahkan, tidak sedikit yang mencari kambing hitam atas kesalahan yang diperbuatnya.

🌺 MEMANG, pada kenyataannya, mengakui kesalahan tidak mudah dan bahkan sebagian merasa malu. Harus diyakini bahwa melakukan kesalahan tidak akan merusak hidup seseorang, asalkan mau memperbaiki keadaan dengan bertanggung jawab.

🌺 HANYA orang besar dan yang berlapang dada yang berani mengakui kesalahan diri atau kekhilafannya. Sebab, setiap orang memiliki hasrat untuk dianggap penting dan hebat oleh orang orang lain.

🌺 MENGAKUI kesalahan diri adalah salah satu sikap yang paling berat untuk dilakukan. Terlebih jika yang melakukan kesalahan tersebut adalah orang yang memiliki kedudukan atau jabatan tinggi, atau merupakan tokoh besar.

🌺 ALANGKAH indahnya jika sikap mau mengakui kesalahan dapat dilakukan oleh setiap orang. Orang tersebut menjadikan kesalahan dirinya sebagai koreksi untuk terus belajar memperbaiki diri sebagai manusia serta bertobat.

*_”Setiap manusia tentu pernah berbuat salah, dan sebaik-baik manusia yang bersalah adalah yang mau bertobat.”_* (H.R. Tirmidzi).

🌺 BERANI mengakui kesalahan termasuk perbuatan mulia. Sebab, dengan mengakui kesalahan berarti seseorang menyatakan bahwa dirinya hanyalah manusia biasa yang bisa keliru. Sebab, yang tidak pernah salah hanyalah Allah.

🌸 *_SEMOGA Allah senantiasa rida menganugerahkan kepada kita semua: ampunan atas dosa-dosa kita, keselamatan dan rahmat, kesehatan dan kebahagiaan, umur panjang penuh berkah, rezeki halal, serta kemudahan mengarungi kehidupan dunia._*

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “BERANI MENGAKUI KESALAHAN UNTUK KEMUDIAN MINTA MAAF

Komentar ditutup.