GURU PENGGERAK INDONESIA - Juli 5, 2021
Buah Pepaya
  
|
Editor

Sebuah Foto bisa menjadi tulisan yang menarik dan enak dibaca. Bisakah anda membuat tulisan yang menarik dari foto buah pepaya berikut ini? Ada hadiah pulsa buat anda yang bisa menulis dengan baik. Tulisan dikirimkan ke wa group dan bukan ke blog. Dengan begitu saya bisa menyalinnya ke website guru penggerak indonesia.

Pepaya – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Alhamdulillah. Saya juga punya kenangan ini di rumah Om jay, semoga nanti dapat mengispirasi saya menulis dan juga dapat pulsa dari om jay 🤭📝✊🏻 #PAPAYAS.

Buah pepaya yang manis

Sore hari ada tukang gojek datang ke rumah saya. Rupanya ada kiriman buah pepaya dan makanan ringan lainnya. Kami sangat senang menerimanya.

Ibu Betti mengirimkannya dari rumahnya di jalan Kartini Bekasi. Beliau pemilik kedai Kreatif. Senang sekali dikirim buah pepaya. Buah yang manis dan banyak manfaatnya.

Rupanya Bu Betti baru pulang dari kampung. Di Singaparna, Tasikmalaya beliau punya kebun yang cukup luas. Saat memetik buah pepaya, beliau mengupload fotonya di Facebook.

Saya menulis komentar untuk minta dikirimkan buahnya. Rupanya Bu Betti serius. Buah pepaya dikirim beliau hari ini. Bagi saya ini surprise sekali. Buah pepaya yang manis akhirnya sampai ke rumah.

Terima kasih Bu Betti yang baik hati. Semoga rezekinya semakin bertambah.

Siti Rokayah
Jatibening Bekasi

Seorang kawan berkomentar, “”Alhamdulillah saya banyak buah sampelo muda dibelakang rumah. Banyak sekali ya buahnya””.

Pepaya

Salah satu buah yang mengandung banyak manfaat. Ia juga mempunyai kandungan vitamin C yang baik untuk tubuh, apalagi pencernaan manusia.

Pepaya termasuk buah yang mudah didapat, hal ini karena pepaya dapat tumbuh bahkan hanya dengan melempar bijinya. Coba saja lempar bijinya setelah makan buah pepaya ke tanah yang subur.

Pepaya mudah ditanam, mudah didapat dan tentu saja harga merakyat.

Saya tutup dengan pantun ya 🙏

Makan pepaya sore hari
Sambil duduk di serambi
Saya ingin kenalkan diri
Nama Winda dari Jambi

Salam kenal semuanya🙏🙏

Jalan-jalan ke surabaya
Jangan lupa membeli kain
Kalau anda punya pepaya
Tolong dibagi sama yang lain🙏😊

Buah Pepaya Melancarkan Pencernaanku

Perut saya terasa sembelit sudah 3 hari. Kulihat buah pepaya di kulkas. Tadinya, mau minum air, tapi mata melirik ke buah pepaya yang menggoda. Saya baru ingat, kakak saya membawanya saat pulang kerja.

Saya habiskan saja satu buah pepaya yang terlihat segar. Keesokannya perut yang terasa sembelit ini menjadi terasa mulas. Saya langsung pergi ke kamar mandi.

Alhamdulillah, ternyata pencernaan saya terasa lancar tak sembelit lagi. Kini saya membuktikan bahwa benar buah pepaya ternyata ampuh untuk melancarkan pencernaanku.

Ilham Kamandanu
Sawangan Depok


Sambil duduk di serambi
Makan nasi lauk empal dan ikan asin
Hai bu winda dari Jambi
Salam kenal dari Banjarmasin

Ohhh…pepaya.
Ternyata kau adalah inspirasi terbesarku.
Karenamu,aku jadi bisa malafalkan lagu India kesukaanku
Huuhhh…papayya…payya…
Payya…payya….huuhh….papayya…payya…payya…🙏


Pepaya manis kiriman kawan-kawanku

Mendengar aku terpapar covid 19 kawan-kawanku segera menelepon menanyakan keberadaan dan kondisi aku. Sungguh terharu dengan upaya kawan-kawan yang merespon berita aku sakit.

Mereka taunya aku ini penggemar sarapan serba buah dan paling favorit adalah pepaya buah kesukaan. Karena aku sebelumnya penderita Gerd. Jadilah pepaya sebagai sarapan, adalah tradisi ke sekolah saya bawa tiap pagi.

Mungkin itu kawan-kawanku mengingat kebiasaanku sarapan dengan pepaya. Nah mendengar aku sakit terpapar covid mereka gerak cepat megirim bantuan keesokan harinya. Salah satu kiriman mereka adalah pepaya manis ini.

Mengingatkan kami bersama sering makan pepaya juga kalau aku bawa ke sekolah untuk sarapan. Sekarang kami terpisah karena covid, tapi kenangan makan pepaya hadir dalam bentuk keharuan tersendiri, ditengah isomanku sendiri.

Semoga pepaya manis pemberian kawan-kawanku ini juga memaniskan kehidupan kawan-kawanku yang setia mendampingi aku dalam suka dan duka, Aamiin aamiin ya rabbal alamin 🤲🤲

Fadlina Doktrini
Cibungulang Bogor barat


Sajak Buah Pepaya

Desaku tersayang
Tak lagi gersang menerjang
Pohon pepaya tertanam indah
Tertiup angin yg berlalu

Sembari duduk menikmati sang bagaskara
Ranum buah pepaya
Cobalah
Hanya ini yang kami punya

Terngiang kisah kelam
Tentang sebuah perjuangan
Kini terbayar sudah
Manis di akhir bagai buah pepaya yang memerah

Semoga dikau segera kembali
Duduk disini bersama kami
Menikmati upah sejati perjuangan
dan sisa kemakmuran
Sambil bercerita dan membawa kisah dari negeri dongeng.

—————-
Aphipha
5-7-21


Pepaya

Duduk manis sang putri dara
Di sore senja merona
Bertemankan si buah pepaya
Dari sang pejuang cinta

Tak payah hati tergoda
Tak hendak tepiskan senja
Tapi senyum manismu kian nelangsa
Semanis buah pepaya

Abang sayang kenangkan dinda
Bingkisan senja sudah diterima
Si Pepaya pengikat cinta

……….
Janah 5 Juli 2021


Pepaya dan Si Sulung

Pada masa sebagai Mama Muda yang baru dikaruniai buah hati, tentu masa itu adalah salah satu masa yang terindah. Nampaknya bisa mengalahkan masa indah jatuh cinta pada masa remaja, karena dapat mencurahkan segala kasih kepada Ananda tercinta.

Tetapi, dibalik bahagia ada banyak hal yang perlu ketahui dan dikuasai oleh Sang Mama Muda. Seperti memandikan anak, merasakan sakit ketika menyusui, anak terbangun di malam hari dan lainnya. Termasuk ketika melihat sang kekasih hati menderita karena tidak ‘pup’ selama beberapa hari.

Ekspresi kesakitan terpancar di wajah polosnya. Dan, pergi ke bidan terdekat yang dipilih karena cukup dengan berjalan kaki dari rumah. Setelah mengantri cukup lama tibalah saatnya kami masuk dan bercakap dengan Bu Bidan yang baik hati. Dengan ramah menanyakan ada masalah apa dengan dedek bayinya.

Setelah kujelaskan bahwa sudah beberapa hari ini ananda sayangku belum berhasil ‘pup’, Sang Bidan pun berkata,” Baik Bu. Coba dulu ya Mamanya mengonsumsi sayur dan buah. Saya sarankan untuk makan pepaya, kalau masih belum berhasil silakan datang lagi. Kami pun pulang tanpa perlu membayar.


Pepayaku Pepayamu

Pepaya, Engkau adalah buah kesukaanku. Akhir-akhir ini, saya sering mengonsumsimu. Saya suka engkau karena setelah dimakan badan terasa segar. Begitu juga, engkau dapat memperlancar BABku…

Pepayaku sekarang sudah menguning. Pertanda engkau telah matang. Setiap pekan, aku sering memetikmu dan sekarang engkau telah berada di hadapanku. Ingin rasanya menyentuh dan membelaimu. Apalagi, mencicipimu. Namun, semua itu harus kutahan dengan mengusap dada ini. Sabar.. Sabar… Sabar… itu hanya foto yg dikirim oleh Om Jay…

Pepayaku pepayamu, engkau hanya ada dalam impianku. Kini..Engkau membuat kami berimajinasi merangkai kata demi kata. Tidak masalah.. Engkau memang memikat hati kami. Engkau terbukti menjadi sosok terfavorit malam ini. Namun, janganlah sombong, tetaplah menjadi dirimu apa adanya. Doa kami, semoga engakau terbebas dari virus apa saja.
Salam sehat untuk kita semua.

Agustan
Kota Palopo, Sulsel.


Pepaya hasil kebun.

Buah pepaya ini adalah biji hasil semaian dari pepaya yang kita makan pada waktu covid baru datang di daerah kita.

Karena tidak keluar rumah, dan kerjanya hanya berjemur dan tidak kemana mana. Kegiatan saya menjahit tahun lalu dan kegiatan suami saya bercocok tanam.

Jadi pohon pepaya itu benar benar dari biji yang dirawat oleh suami saya. Setelah agak besar kira kira 20 cm, pohon pepaya kecil itu dipindahkan ke kebun kami yang ada di Tataru , tidak begitu jauh dari kampung ranca peundeuy Singaparna. Tasikmalaya.

Sebenarnya pohon pepaya itu adalah pohon selingan. Jadi dia ditanam diantara pohon pohon alpukat. Karena pohon alpukat masih lama menunggu hasilnya, disela sela pohon alpukat itu kami tanami dengan pohon yg lain. Jadi hanya pohon penyerta.

Jadi diantara pohon pohon alpukat itu ada yang ditamani cabe, talas, kacang, cabe, nenas dan berbagai tanaman lain karena lahan kebunnya cukup luas.

Alhamdulillah sekarang pepaya sudah berbuah dan lumayan banyak buahnya. Sekarang dari pohon pepaya itu sudah bisa untuk pembeli pupuk, pembeli pakan ikan.

Dan lebih alhamdulillah lagi, buah pepaya itu sudah dirasakan oleh orang kampung tataru tersebut dan orang kampung ranca peundeuy. Senang banyak yang merasakan manfaatnya.

Jadi saya senang kalau kebun itu bisa bermanfaat untuk banyak orang..

Oh iya, untuk memelihara kebun tersebut, saya tidak merasa berat untuk memelihara kebersihan kebun tersebut karena kebun itu dibersihkan oleh orang yang mengisi kekosongan kebun itu. Orang yang berkebun di kebun itu. Jadi mereka berkebun di kebun kami tapi mereka menjaga kebersihan kebun tersebut. Karena pohon utamanya belum besar dan belum bisa diambil hasilnya.

Ya , itulah cerita dari buah pepaya yang di tanam dikebun kami. Semoga menjadi inspirasi buat teman semua.

Betti Risnalenni
Petani pepaya.


Pepaya Ikhlas

Teringat waktu dulu ada pohon pepaya di samping rumah ayahku, tetangga sering minta pepaya muda untuk tambahan sayur asem katanya.

Padahal aku tahu ayah sedang menunggu matang buah-buah pepaya itu, tp jika ada tetangga yang minta pasti ayah jawab “Silahkan ambil saja”.

Buah pepaya memang menggoda bentuknya yang unik memanjang dan kadang jika berbuah tidak satu tapi mereka berkerumun seperti 12 bersaudara sedang berkumpul😁😁 terlihat lucu dan seru.

Apalagi ketika warna hijau kulitnya sudah bertambah warna kekuning-kuningan… semakin menggoda karena pasti akan terbayang pula dengan dalamnya yang kemerah-merahan.

Aku penasaran kenapa ayah selalu mengikhlaskan pepaya-pepaya itu, padahal ayah menunggu matangnya karena ayah sangat suka.

“Yah… kenapa dibiarkan terus orang-orang minta pepaya? keenakakan tau yah!” Tanyaku.
Aku lihat ayah tersenyum mendengar ucapanku.

“Mungkin Allah menumbuhkan buah pepaya ini salah satunya untuk itu, kita harus ikhlas seperti pepaya-pepaya itu” jawabnya. Aku termenung mencoba mencerna jawaban ayah.

Ternyata… dari pepaya-pepaya itu pun kita bisa belajar untuk ikhlas. Tak menunggu matang mereka sudah bisa dinikmati oleh orang-orang yang suka dengannya. Jika ingin menikmati matangnya maka kita juga harus sabar bahkan terkadang sudah didului oleh burung hingga habis di pohonnya, dan untuk memperoleh kesabaranpun kita perlu keikhlasan.

🌹🌹🌹
Jadi rindu ayahku🤗🥺


Di masa Pandemi, memakan buah sangat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Selain mengandung rasa yang manis, tentunya buah adalah jenis tumbuhan yang mudah di temukan.

Contohnya di kebun rumah saya, Nenek saya sudah menanam pepaya sedari dulu. Buah ini, adalah buah andalan buat keluargaku. Selain karena kelurga saya hobi memakan buah pepaya, buah ini memiliki tekstur yang lembut serta rasanya amat manis.

Berbagi Hasiat dari buah pepaya ini antara lain:

  1. 1. Lezat dan penuh nutrisi,
  2. 2. Buah Pepaya bersifat anti kanker,
  3. 3. Buah pepaya meningkatkan kesehatan jantung.
  4. 4. Buah pepaya melawan peradangan,
  5. 5. Buah pepaya dapat membantu mengontrol gula darah,
  6. 6. Buah pepaya meningkatkan kesehatan saluran cerna,
  7. 7. Buah pepaya menurunkan resiko penyakit Alzheimer.

Jadi, buah ini aman di konsumsi buat siapapun. Aapalagi makan pepaya sambil menoonton film India. Pasti kamu suka.

https://youtu.be/ieEChe5MV-Y


Pepaya

Dikau banyak yg memuja
Dikau banyak yang suka
Dikau banyak yang terpesona
Hampir tiap hari wajah imutmu selalu bertebar dimana-mana, dikios kau ada, dipasar kau menggoda, ditukang sayur kau siaga.

Pepaya…
Lembut segarmu tiada tara.. selalu menggelitik balita, remaja dan tua.
Tiada lengkap terasa jika dikau tak ada di meja keluarga.

Pepaya…
Ranum cemerlangmu bikin lidah tergoda, penghilang haus dahaga, kau ganti segar ceria terselip vitamin A sangat bagus buat mata.

Pepaya…
Peluk manis dariku untukmu, ijinkan daku selalu bersamamu disetiap waktu tuk memenuhi kelengkapan vitamin pada tubuhku.
Salam hangat untukmu dariku penggemar setiamu disetiap waktu.

Terima kasih Tuhanku.. Kau persandingkan selalu pepaya bersamaku.

Ali Mustofa
Sragen -Jateng


Buah kaya vitamin

Sepulang dari sekolah biasa mampir ke tempat penjual sayuran yang tak jauh dari rumah, niatnya membeli sayuran untuk masak hari ini, dari kejauhan sudah terlihat jelas warnanya kuning menggoda untuk ingin menyapanya dan langsung ingat pula di rumah abis stok buah-buahan di kulkas, ku raihlah buah itu dan minta ditimbang untuk mengetahui harganya.

Selain berniat membeli sayuran buahpun kudapatnya untuk pelengkap kebutuhan asupan gizi tubuh kita, sesampainya di rumah dikupaslah buah itu, ku hidangkan dimeja makan untuk disantap oleh semuanya.

Dengan mengonsumsi buah paya kita akan jauh dari rasa sembelit, pencernaan akan terasa lancar, selain itu banyak manfaat lainnya, pepaya kaya akan vitamin.

Cipanas, 5 Juli 2021
Mariana sribudiyanti


PEPAYA DAN KORONA

Juli 05, 2021

Oleh : Dail Maruf

Pernahkah teman teman memkan buah pepaya ?  Bagi sebagian besar kita tentu pepaya bukanlah buah yang asing, buah ini mudah kita dapati setiap hari baik di warung sayur maupun di pasar. Seperti pada gambar di atas, buah pepaya dikenal sebagai obat mujarab untuk sembelit alias susah buang air besar.

Namun tahukah teman teman bahwa pepaya ini ternyata disamping memiliki rasa manis dan menyegarkan, mengandung vitamin C tinggi , tenyata  bisa juga  untuk mencegah korona. Kandungan gizi apasajakah yang terkandung dalam buah pepaya?

Menurut hasil penelitian menunjukan bahwa kandungan gizi dalam 100 gram pepaya adalah sebagai berikut : Energi 163 kj/ 39 kkal, Lemak 0,14g, Lemak Jenuh 0,043g, Lemak tak Jenuh Ganda 0,031g, Lemak tak Jenuh Tunggal 0,038g, Kolesterol 0mg, Protein 0,61g, Karbohidrat 9,81g. Serat 1,8g, Gula 5,9g, Sodium 3mg, dan Kalium 257mg.

Pepaya mengandung vitamin C sebanyak 60-120 mg/100 gram daging buah. Vitamin C pada buah-buahan biasanya asam askorbat yang bersifat mudah larut dalam air dan cepat rusak jika dipanaskan. Vitamin C tidak stabil dalam larutan alkali, tetapi cukup stabil dalam larutan asam. Dengan kandungan vitamin C dan kandungan gizi yang terdapat pada pepaya maka apabila kita rutin mengkonsumsinya, insya allah akan menambah stamina dan imunitas tubuh kita. Dan dengan stamina dan imun yang bagus maka tubuh kita punya kekebalan/imunitas terhadap korona.

Baca Liannya  Kita Generasi Instan atau Milenial?

Setiap hari kita disuguhi berbagai berita baik dari media elektonik, cetak, maupun media sosial. Dari sekian banyak berita yang kita dapatkan,  saya yakin bahwa berita tentang korona adalah yang paling sering kita dengar, baca, dan tonton. Berita korona tersebut biasanya dilengkapi dengan tulisan, gambar, bahkan video sebagai penguat berita tersebut. Dan yang timbul dari semua berita tentang korona tersebut sudah dapat dipastikan adalah  perasaan cemas dan takut.

Padahal dalam tulisan Ibnu  Rusyd  atau di Barat dikenal Averos bahwa kecemasan merupakan separuh dari penyakit, dan  keoptimisan atau rasa tenang separuh dari kesembuhan. Dengan demikian maka pilihan ada pada diri masing masing, sikap apa yang kita mau ambil  terkait dengan berita korona yang bak air bah terus mendatangi kita hampir 24 jam non stop.

Korona yang merupakan pandemi global dan saat ini sedang mengalami lonjakan tahap kedua, tentu menimbulkan rasa cemas dan takut luar biasa bagi siapa pun. Tidak seorang pun yang tidak takut akan wabah yang disebabkan virus covid 19 yang katanya sudah bermutasi  lebih ganas menjadi corona delta.

Angka kematian karena korona di Indonesia cukup tinggi sejak wabah ini masuk Indonesia pada awal tahun 2020, setelah  idul fitri kita dapat saksikan bahwa aktivitas masyarakat yang jenuh dengan korona lupa dengan prokes, pada ke kolam renang, tempat wisata, Mall penuh dan seakan sudah normal. Dengan kekurang pedulian masyarakat pada prokes, maka pada akhir Juni hingga awal Juli 2021 kita kembali menyaksikan bahwa anggka kematian karena melonjak ekstrim, bahkan hampir semua ruang rawat inap pasien khusus covid 19 di beberapa RSUD di Jawa dan Bali sudah full, begitupun dengan RS swastanya.

Saya pun di komplek Depag Ciwaru kota Serang , dalam 1 bulan terakhir ini ada 6 tetangga yang wafat, 2 orang wafat karena usia senja, 2 orang karena serangan jantung dan 2 orang karena positif covid 19.  Di tetangga komplek  pun hampir setiap hari ada pengumuman melalui pengeras suara Masjid setempat pengumuman “Inna Lillahi Wa Inna ilahi roojiuun”, dan sebagian besar karena covid 19.

Daripada kita turun imun karena membaca, mendengar dan menonton berbagai berita tentang korona lebih baik kita jaga kesehatan tubuh kita dengan rajin mengkonsumsi buah pepaya. Cukup dengan uang Rp.10.000 hingga Rp. 30.000 kita sudah dapat buah mengkonsumsi pepaya segar dengan bobot 1 hingga 3 Kg.  Selamat mencoba semoga buah pepaya yang murah namun bermanfaat cegah korona ini dapat menjadi sahabat setia kita untuk menjaga kesehtan di tengah pandemi korona yang kita pun tidak tahu hingga kapan akan sirna. Wallahu a lam.

PEPAYA DAN KORONA (dailalser.blogspot.com)


Revisi 🤭🙏 Pepaya dan Si Sulung

Pada masa sebagai Mama Muda yang baru dikaruniai buah hati tentu masa itu adalah salah satu masa yang terindah. Nampaknya bisa mengalahkan masa indah jatuh cinta pada masa remaja, karena dapat mencurahkan segala kasih kepada Ananda tercinta.

Tetapi, di balik bahagia ada banyak hal yang perlu ketahui dan dikuasai oleh Sang Mama Muda. Seperti memandikan anak, merasakan sakit ketika menyusui, anak terbangun di malam hari dan lainnya. Termasuk ketika melihat sang kekasih hati menderita karena tidak ‘pup’ selama beberapa hari.

Ekspresi kesakitan terpancar di wajah polosnya. Dan, pergi ke bidan terdekat yang dipilih karena cukup dengan berjalan kaki dari rumah. Setelah mengantri cukup lama tibalah saatnya kami masuk dan bercakap dengan Bu Bidan yang baik hati. Dengan ramah menanyakan ada masalah apa dengan dedek bayinya.

Setelah kujelaskan bahwa sudah beberapa hari ini ananda sayangku belum berhasil ‘pup’, Sang Bidan pun berkata,” Baik Bu. Coba dulu ya Mamanya mengonsumsi sayur dan buah. Saya sarankan untuk makan pepaya, kalau masih belum berhasil silakan datang lagi. Kami pun pulang tanpa perlu membayar.

Ya, banyak keterampilan dan kebiasaan baru yang memang harus dimiliki Mama Muda untuk kebaikan Sang Buah Hati.

Teringat beberapa tahun sebelumnya, di antaranya adalah aku pernah merasakan kegalauan karena masalah tidur ‘nyenyakku’.Dalam Bahasa Sunda disebut dengan istilah ‘kebluk’. ‘Kebluk’ adalah suatu kondisi ketika tidur dan sulit dibangunkan. Perlu upaya keras untuk dapat membangunkanku dikala tidur.

“Bagaimana nanti kalua punya anak ya? Bagaimana kalua anakku nanti terbangun dan mamanya tidak bangun. Kasihan banget ya yang nanti jadi anakku.

Tetapi, ternyata kegalauan itu tidak ada ketika lahirnya satu demi satu putra-putra-putra dan putri kami. Ternyata ikatan bisa mengubahnya.

O iya,kembali lagi pada ‘pepaya’. Pepaya bukan buah favoritku sejak aku masih kecil. Sama sekali tidak suka sampai menjelang remaja. Ya, aku mulai memberanikan kembali makan papaya ketika itu kelas 2 SMP pada acara kumpul-kumpul di rumah seorang teman yang memiliki banyak pohon papaya.

Awalnya memakan papaya yang ranum bercampur dengan buah-buahan lainnya yang tergabung dalam rujak. Pepaya bukan buah pertama yang dimakan. Aku lebih memilih buah yang rasanya lebih asem, tetapi papaya akhirnya tak luput juga dari tanganku dan kunikmati.

“Hmm,not bad!” kusuap potongan demi potongan papaya.
“Pepaya ini enak juga. Kenapa aku tidak suka papaya ya? Padahal papaya ini enak”, pikirku sambal mengingat-ingat apakah ada peristiwa di masa kanak-kanak yang menyebabkan aku tidak suka papaya. Tetapi, biarlah karena ibu juga tidak ingat tentang itu. Jadi biarlah itu menjadi pengalamku saja.Dari tidaksuka menjadi suka. Manusia memiliki kemampuan adaptasi yang baik, begitu pikirku.

Ternyata papaya menjadi salah satu alternative ketika kita kesulitan ‘pup’. Akupun mengikuti saran dari Bu Bidan untuk memperbanyak makan ayur dan buah yang dapat membantu kelancaran pencernaan buah hatiku.

Dwi Pratiwi


Pepaya Kaya Serat dan Menyeret Suratan Takdir.

Pepaya merupakan buah berserat yang bagus untuk dikonsumsi. Memakan buah pepaya dapat melencarkan pencernaan dan menyehatkan usus. Buah pepaya mengabdung vitamin c yang sangat bagus untuk metabolisne tubuh. Warnanya orange kekuningan, rasanya manis sekali. Orange kekuningan mengingatkanku pada masa pandemi setahun yang lalu, betapa tidak bisa di lupakan. Masa pandemi covid- 19 di kabupaten Kuningan pernah mengalami zona orange. Zona ketika ada kebijakan para pendidik mengadakan guru kunjung, pendekatan bagi peserta didik yang terkendala pembelajaran daring. Guru kunjung merupakan kegiatan luring nyata jelas membekas pada kenangan rasa cemas pada peserta didik yang belajar dari rumah dan masih merasa takut virus corona masih merajalela.
Pada masa itu pula hampir setiap hari ditemani buah pepaya, kenapa demikian?
Kisah takdir yang yang syarat kesedihan dan air mata. Menemani suami harus oprasi tumor usus dan kemoterapi hampir satu tahun lamanya. Buah pepaya manis menjadi menu utama setiap pagi sebelum sarapan. Kadang kalau merasa sangat bosan diganti buah pisang. Tetapi buah pepaya orange kekuningan tetap menu utama di situasi saat itu. Perjalanan yang panjang, membagi waktu antara WFH dan keluarga. Sampai pada suatu ketika mengolah nilai UTS daring peserta didik melalui classroom dan WAG sambil menjaga kemoterapi suami tepatnya bulan September 2020. Kini jika kesedihan telah menjadi bagian ketegaran yang dititipkan pada kehidupanku. Ketegaran itu telah berganti dengan rasa syukur masih banyak teman berbagi terutama di grup belajar menulis Om Jay. Terima kasih semuanya telah menjadi bagian pada tahap belajar menulisku yang masih jauh dari kata sempurna. Sampurna lamun dina bahasa sunda mah. ‘Sampoerna’ juga bisa berarti merk rokok terkenal yang sudah tidak asing bagi kaum Adam yang syarat akan naluri ‘tidak merokok tidak gaul’.
Takdir …bersambung🙏

Aneng Sri Mulyani


Filosofi Buah Pepaya

Di kalangan tukang sayur, pepaya selalu ada menghiasi gerobak mereka. Buah yang tergolong merakyat menjadi penolong ketika pencernaan tersendat.

Pepaya dengan harga yang bersahabat memiliki segudang manfaat. Ketika masih muda, pepaya menjadi tumis favorit sejuta umat. Termasuk saya pecinta tumis pepaya muda bisa makan berlipat-lipat.

Bunga pepaya pun tak lepas dari para penggemar berat. Tumis bunga pepaya dicampur teri sangatlah nikmat.

Satu buah pepaya ketika diangkat cukuplah berat. Namun sebanding dengan banyaknya manfaat. Mari biasakan menyantap buah pepaya di kala penat. Niscaya badan kita akan tetap sehat dan kuat.

BSD, 5 Juli 2021
Salam sehat penuh semangat
Monik


Pepaya Idaman

Buah yang mendadak aku sukai ketika aku hamil anak kedua. Warnanya sangat mempesona ketika ada dalam lemari es, apalagi kalau dilihatnya pada siang hari. Segeeerr…

Kala itu aku sedang hamil 4 bulan, rasanya memakan buah pepaya sangat menyejukan tenggorokan dan perut. Membuatku ketagihan ingin memakannya terus menerus. Padahal dari sebagian cerita yang saya dengar, kalau sedang hamil muda jangan makan buah pepaya, tidak baik untuk kandungan.

Maka aku banyak mencari info tentang buah pepaya, dan ternyata buah pepaya matang aman untuk ibu hamil karena banyak mengandung vitamin yang bagus untuk kandungan, yang tidak boleh buah pepaya yang belum matang, karena banyak mengandung lateks yang bisa merangsang kontraksi ibu hamil.

Eka Damayanti
5 Juli 2021


Pepaya penyelamatku

Sejak pandemi Covid 19..
Kami sekeluarga yang sebelumnya tidak suka makan buah
Akhirnya kami sekeluarga membiasakan diri memakan buah
Awalnya ketika dipasar saya tidak tertarik sama buah ini..karena masih banyak buah buah yg tampak lebih enak
Tapi entah kenapa sayapun akhirnya membeli
Kagetnya harganya sangat murah meriah yaitu sekilo Rp6000..
Tanpa berpikir panjang akhirnya akupun membelinya..
Tapi tidak berani membeli dengan ukuran besar..saya takut nanti jadi cepat busuk
Sesampainya dirumah, buah dengan warna yang sangat menarikpun dibuka untuk dirasakan
Tanpa terasa kami sekeluarga memakan buah tersebut sampai habis
Rasanya manizz sangat terasa membuat mulut tidak ingin berhenti
Kamipun rutin memakan sibuah kuning ini..
Hampir 2 Minggu, manfaatnya luar biasa pencernaan kami sangat lancar, kulitpun terasa lembab.sekalian itu sepertinya kami tidak gampang sakit
Luar biasa buah ini..harga ekonomis tapi manfaatnya ruaar biasa..
Sangat cocok dihidangkan apalagi ketika dingin dan dimakan ketika panas menyengat tiba dipekanbaru
Kenikmatan yang sangat luar biasa dan bersyukur kepada Tuhan yang maha kuasa atas ciptaannya.


Buat saya, buah pepaya akan lebih dimakan setelah dicampur dengan buah yang lain seperti melon, semangka, apel, dan anggur. Potongan-potongan kecil buah tersebut saya campur dengan saus salad yang terbuat dari campuran yogurt, mayones, dan susu kental manis.

Berikut saya berikan resep untuk membuat sausnya. Biasanya, saya memakai yogurt merk Greek yang rasa plain 1 bungkus, lalu mayones Maestro 100 gram sebanyak 2 bungkus. Sebagai pelengkap, saya tambahkan susu kental manis (SKM) Frisian Flag Gold, sekitar 8 sendok makan. Aduk rata, tes rasa, jika sudah pas di lidah berarti siap dituang di atas potongan buah tadi. Jangan lupa tambahkan parutan keju di atasnya, hmm..yummi sekali.

Biasanya, saya sering membuatnya ketika bulan puasa atau hari raya. Sudah pasti semua suka, termasuk ibu mertua yang sering bertanya kapan saya membuatnya lagi jika lama tak merasakan kelezatan salad racikan menantunya, hehe…

Tuti Suryati, Subang

Download (PDF, Unknown)


Pepaya

Pepaya selalu mengingatkan pada memori bersama teman kos dulu. Linda namanya. Beruntung sekali bisa satu kos dengan anak petani pepaya california. Bukan bukan. Bos pepaya california maksudnya. Bagaimana tidak, ayahnya memasok pepaya california ke supermarket-supermarket di beberapa kota di Jawa Barat. Bukan main bukan?

Merasakan kenikmatan pepaya california yang diberikan oleh Linda membuat lidah saya menagih untuk mengecap rasa yang manis nan lembut. Kenapa rasanya sangat enak? Apa karena pepaya itu saya dapat dari teman? Atau karena memang pepaya california memiliki pesona rasa yang membuat candu? Ah, yang jelas saya jadi sangat ingin makan pepaya california saat ini.
Semoga, setelah tulisan ini saya kirim ada pepaya california yang datang untuk saya makan sekarang. Aamiin.

Khazanah Nurul


Buah Pepaya kaya manfaat

Pepaya atau Calica Papaya bahasa latinnya, buah yang berasal dari Mexico ini ternyata banyak manfaatnya, mulai dari daun, bunga sampai buahnya di konsumsi.

Pepaya buah tradisional yang bisa dijumpai di mana mana di segala musim ada tersedia.
Ternyata jenis pepaya itu bermacam-macam yah…
Salah satunya pepaya California, apa karena dari California dinamakan begitu… hehehe

Pernah di kasih bibit pepaya California sama teman, di tanam di belakang rumah sampai tinggi besar dan berbuah, ternyata buahnya maniiis pake banget besar dan pulen dagingnya beda sama pepaya lokal atau pepaya kampung kata orang bilang 😄

Pepaya salah satu buah favorit ku selain pisang.
Karena aku susah BAB atau sembelit, almarhum ibuku yg tersayang selalu bilang makan pepaya biar lancar tidak sembelit.

Dari seluruh pohon pepaya dari daun yg super pahit, bunga sampai buahnya aku doyan…😄
Buah yang sangat gampang ditanam dan pemeliharaan nya tidak ribet, buah yang simpel kataku 😊

Pepaya buah sepanjang zaman dan sepanjang musim
Pepaya buah orang awam di segala usia
Murah, Sehat dan Segar

Suswanti
5 Juli 2021


Si Manis Buah Pepaya

Apa yang menarik dari buah pepaya? Bagi saya buah ini biasa saja. Tapi bagi istri saya, buah ini begitu istimewa.

Dia percaya buah pepaya dapat membantu kekurangan serat tubuh. Tapi yang paling penting katanya untuk melancarkan saluran pencernaan.

Saluran pencernaan lancar, maka akan membantu membentuk tubuh yang ideal pula. Ya, dia takut gemuk. Dan saya pikir semua wanita takut gemuk.

Tapi apa iya pepaya bisa melangsingkan tubuh? Saya sendiri tidak yakin dan tidak ada literatur yang saya baca tentang ini. Tapi istri saya meyakininya. Ah, biarkanlah, selagi itu baik untuk dirinya.

Buah pepaya terkenal dengan rasa manisnya saat matang. Tapi terkadang ada juga yang hambar. Banyak orang meyakini pepaya yang paling manis berasal dari jenis Pepaya California. Dari namanya, bisa dipastikan pepaya ini bukan bukan berasal dari Indonesia.

Baca Liannya  Kata Pengantar Buku Meniti Asa Menjadi Penulis Ternama karya Ibu Ismi

Memang banyak jenis pepaya yang mungkin kita kenal. Ada satu jenis pepaya yang menjadi favorit saya. Tapi bukan buahnya. Saya suka bunganya. Dan itu bukan pepaya yang sepeti biasa kita kenal. Saya menyebutnya Pepaya Gandul.

Disebut pepaya gandul karena memang buahnya menggantung jauh dari pohon. Dan bunganya pun seperti itu.

Bunga – bunga pepaya gandul direbus, kemudian disiapkan pasangannya berupa sambal kacang. Dan itu bisa buat nafsu makan saya naik drastis.

Orang mungkin tidak terlalu suka dengan rasa pahitnya, tapi saya suka. Begitu juga dengan daun mudanya. Tidak hanya direbus, mentah pun saya suka. Dengan pasangan sambal tomat, pastinya tidak bisa berhenti makan.

Oia, kalau tidak suka rasa pahit daun pepaya muda mentah, ternyata ada cara agar tidak pahit. Caranya cukup sederhana. Cukup dengan pucuk Jambu Mete, makan secara bersamaan, maka rasa pahit itu tidak akan terasa. Pernah mencobanya? Dulu saya sering. Tapi sekarang daun Jambu Mete sulit didapatkan.

Masih tentang pepaya, ibu saya juga suka memanfaatkan daun pohon ini untuk melunakkan daging. Jadi agar daging tidak keras atau alot saat di masak, daging diremas-remas dengan daun pepaya mentah. Dibiarkan beberapa saat.

Tapi sekarang, ibu sudah jarang menggunakan cara seperti itu. Ia lebih senang menggunakan alat steam. Lebih praktis.

Ada hal menarik yang bisa kita pelajari dari pohon pepaya. Umumnya, sebelum mati, pohon pepaya akan memiliki buah yang banyak. Kemudian daun satu persatu akan jatuh berguguran dan akhirnya mati. Tapi ada juga pepaya kurus yang memiliki buah sedikit kemudian mati.

Sebelum mati, apakah kota mau seperti pepaya yang pertama, atau kedua? Sebagai guru, saya kira kita bisa mati seperti pohon pepaya yang pertama. Murid-murid yang pernah diajar dan kemudian sukses adalah buah yang sudah kita hasilkan.

Semoga tidak ada dari kita seperti pepaya kurus yang menghasilkan buah sedikit kemudian mati.

Ah, jadi berfilosofi. Tapi semoga ada benarnya.

Yang pasti, kalau brbicara buah pepaya, saya akan ingat istri. Dan buah pepaya identik dengan rasa manis serta penuh vitamin C. Ya seperti saya, eh seperti istri saya. Selalu memberikan kekuatan pada hidup saya. Hehe..

Ilalang


Pepayaku Sayang Pepayaku Malang
Buah yang satu ini banyak di kebunku karena mudah ditanam dan cepat berbuah. Sayangnya berbuahnya hampir bersamaan antara pohon yang satu dengan pohon yang lain, sehingga tidak bisa disimpan lama. Satu pohon rata-rata masak dua buah, tak bisa untuk hari nanti. Dibuat apa ya supaya kuat atau tahan berhari-hari. Ternyata penjual pepaya di pasarpun kewalahan, kalau tak laku dia rugi karena tak bisa disimpan lagi, alias jadi busuk. Harga pepaya di daerahku murah, tapi jarang yang suka makan buah pepaya ini.

Pepayaku sayang, pepayaku malang karena anak-anak jarang yang suka padahal banyak manfaat dari buah pepaya yang murah meriah ini. Bagaimana ya supaya anak-anak suka….Ternyata harus dibuat varian baru makanan dari pepaya. Ibuku sudah mencoba membuat sayur pepaya, manisan pepaya, rujak buah pepaya, selai pepaya, es pepaya, getuk pepaya, pecel pepaya, dan serut pepaya. Alhamdulillah anak-anak menjadi suka.
Penulis, Umi Agus Farida Marabahan Batola provinsi Kalimantan Selatan.

Umi Agus Farida


Pepaya

Buah yang satu ini sudah menjadi salah satu buah yang merakyat dan mudah dijangkau hampir semua kalangan. Buah yang awal nya berasal dari negeri nan jauh di seberang sana. Negeri dimana peradaban kuno suku Maya, Aztek, dan Inca berasal (mungkin mereka kali ya yang awal mula membudidayakan nya, secara budaya dan pengetahuan mereka melampaui batas zamannya 🤭🤭). Bukan hanya pepaya, bahkan jagung dan coklat pun menjadi daftar list buah yang berasal dari negeri Amerika Latin ini.

Kembali ke buah pepaya, rasanya tidak lengkap jika tidak mencantumkan buah ini dalam daftar buah yang “wajib” dikonsumsi. Bukan karena rasanya yang segar dan manis, tapi juga kandungan vitamin C yang ada di dalam (masih ingat pelajaran SD yang menghapal jenis-jenis buahan beserta kandungan vitamin di dalamnya) ☺️🤭.

Bagi pencari selera buah manis, pepaya masak di pohon bisa menjadi pemuas rasa sesungguhnya. Maklum, buah pepaya yg banyak dijajakan sekarang kemungkinan berasal dari buah yang dipaksakan untuk matang sebelum waktunya, sehingga rasanya tidak manis dan terasa hambar. Disini, terkadang saya merasa kecewa 😔.

Bagi orang yang memiliki lahan dan terdapat pohon pepaya di dalamnya. Sungguh nikmat yang patut disyukuri karena banyak sekali manfaat dari buah yang satu ini. Selain buah beserta kandungan vitaminnya, daun pepaya pun menjadi primadona bagi penyuka lalapan, dan bahkan bisa dikelola menjadi lauk alternatif yang mudah dibuat dan dijangkau.

Satu kekurangan dari buah ini menurut keponakan saya, entah kenapa setelah dikupas dia tidak menyukai bau tangannya. Alhasil dia tidak pernah mau memakannya 😔.

Anda suka pepaya, begitu pun saya. Hayoooo, bagi yang punya pohon bibit unggul nya, silahkan berbagi ke saya 🤭🤭🤭.

Just kidding✌️.

Bekasi, 5 Juli 2021
Muhidin


SALAGEDANG

Salagedang adalah nama sebuah kampung kecil, kampung dimana ibuku dilahirkan.

Sala entah apa maknanya, aku sampai lupa lagi saat ibuku cerita waktu itu…hhmmm, namun kalau gedang itu adalah bahasa sunda dari kata pepaya.

Mengapa nama kampung kecil tempat ibuku lahir bisa dinamakan Salagedang?

Konon ceritanya karena kakekku mempunyai kebun pepaya yang sangat luas di kampung tersebut, tersebutlah kakekkuu juragan pepaya.

Itulah sedikit ceritaku tentang pepaya 🤗🤗

Lia Yuflihah


Pepaya…..oh pepaya

Ketika merapikan pot pot tanaman di dak atas ,kok nemu anak pohon pepaya ya?
Seingatku aku tak pernah tebar biji pepaya Kalau beli pepaya pun di tukang buah sudah potongan,tak ada bijinya lagi.Lalu mengapa tumbuh subur anak pohon pepaya sudah setinggi 20 cm ini? Dibuang sayang, baiknya di pindahkan ke pot besar.

Sedikit bermimpi boleh lah . Jika saja anak pohon pepaya itu tumbuh subur …tumbuh besar, lalu berbuah dan matang ranum seperti gambar di atas. …aah. Pasti segar dimakan di cuaca panas begini.Petik dengan cara diputar pokok buahnya, dikupas…dibersihkan dari getah dan biji…potong potong…siram dengan sedikit perasan jeruk nipis…pasti segar. Apalagi kalau jenis pepaya Bangkok yang besar, merah dan manis.. Belum lama ini pepaya California sedang jadi trend, karena buahnya tidak terlalu besar,namun daging buahnya yang berwarna merah terasa manis dan nikmat Aku biasa beli di tukang buah belokan arah pasar kecapi.

Tetangga depan rumah kedatangan orag tuanya dari Kebumen ,saat ngobrol di balik pagar bilang kalo mereka punya perkebunan pepaya California….satu pohon buahnya bisa puluhan,mudah merawatnya dan mudah pula pemasarannya. Ditawarkan untuk mampir ke perkebunan beliau jika perjalanan ke Yogya . Karena boomingnya pepeya California hingga mengalahkan pepaya Bangkok.

Namun entah mengapa, semakin lama kok rasa pepaya California makin aneh,terasa agak pahit dan tak manis lagi Beberapa kali beli di tukang sayur dan tukang buah rasanya sama ,ada apakah?
Akhirnya kembali aku berpaling pada pepaya Bangkok, walau jarang pula kini kubeli .
Gubrak …… Suara pot jatuh…

Tanpa sadar tubuhku roboh menimpa pot gelombang cinta Buyarlah mimpiku akan ranum dan manisnya pepaya Bangkok.
Pepaya. ,.Oh pepaya..

Helwiyah
Bekasi 5 Juli 2021
pukul 20.00 WIB


Pepaya California

Pepaya yang kulitnya mulus jika matang berwarna kuning, rasanya manis, daging buah kenyal dan tebal ini saya menyebutnya pepaya California. Saya tidak tahu mengapa pepaya yang tumbuh di Indonesia ini diberi nama California. Pepaya ini merupakan buah favorit keluarga saya. Hampir setiap hari kami mengkonsumsinya. Meskipun kandungan vitamin C nya tinggi pepaya aman dikonsumsi bagi penderita maag. Sehingga saya bebas mengkonsumsinya kapan saja, lebih lebih disiang hari yang panas..

Pepaya saat ini sedang digandrungi dan mulai banyak dikebunkan para petani. Karena mudah ditanam maka banyak menghiasi disepanjang jalan pedesaan. Sebenarnya saya ingin menanam sendiri namun apa daya saya tinggal diperumahan yang tidak punya lahan lebih luas untuk menanamnya. Meskipun demikian, setiap saat membutuhkan buat kudapan keluarga, kami mudah mendapatkannya karena di pasar, di warung dekat rumah, di stand buah pinggir jalan bahkan pedagang kelilingpun juga memasarkannya.


Berkah bercocok tanam

Siang itu terasa sangat panas. Sinar matahari terik sekali. Akupun berhenti sejenak dari kegiatan hari itu.

Sejak pagi ci kecil mengajak untuk bermain sambil membersihkan halaman dari rumput liar. Sambil beristirahat tak sengaja pandangan kehalaman sambil tersenyum melihat hasil kerja hari itu. Tak sengaja pandanganku tertuju pada pohon di sudut halaman Alhamdulillah ku lihat ada buah pepaya yg sudah matang. Sontak ku terbangun dan mengambil galah untuk memetik buah pepaya. Lalu kubuatkan jus untuk kami dan anak-anak. Alhamdulillah berkah bercocok tanam dan memanfaatkan halaman.


“Pepaya, Buah Penuh Manfaat”

Buah pepaya adalah buah yang sangat berkhasiat untuk melancarkan pencernaan baik untuk anak maupun orang dewasa.Teringat delapan tahun silam ketika anakku kesulitan BAB lalu divonis megacolon, saat itu aku sangat bingung. Pertama kali aku bawa buah hatiku yang baru berusia 7 bulan ke RSI Cawas, Klaten, oleh dokter anak dirujuk ke RSI Klaten, setelah di cek lab di RSI Klaten anakku di diagnosa megacolon, oleh dokter spesialis anak dirujuk untuk konsultasi ke spesialis bedah anak, oleh dokter bedah anak disarankan agar anakku untuk dioperasi. Namun perlu di observasi lagi perlu 1 kali atau 2 kali operasi dengan dibuatkan anus buatan. Saat itu aku sangat bingung dan sangat kasihan pada anakku yang baru sekitar 7 bulan harus menjalani operasi. Akhirnya aku konsultasi dengan banyak dokter, di berbagai RS di Klaten maupun DIY, bertemu dengan dokter spesialis khusus pencernaan, spesialis anak, dokter bedah anak baik di RSI Klaten, RSUP Sardjito, JIH, dan RS Permata Husada. Akhirnya aku bertemu dokter spesialis bedah anak yang beda dari yang lainnya, beliau adalah dokter Rochadi, dokternya sangat ramah sekali, beliau adalah dokter spesialis bedah anak di RS Sardjito, RS Panti Rapih dan di RS Permata Husada. Beliau malah berpesan anakku jangan dioperasi, kasihan masih kecil, dan menyarankan anakku tiap hari wajib makan buah pepaya, serta mengajari cara terapi dan washing untuk anakku di rumah. Saat itu aku mempraktekkan layaknya perawat di RS untuk merawat anakku sendiri. Banyak pasiennya yang sama-sama di vonis megacolon namun berhasil sembuh tanpa operasi berkat buah pepaya. Akhirnya buah pepaya jadi menu wajib tiap hari buat buah hatiku, dan alhamdulillah anakku saat ini sudah tidak perlu berlama-lama dan jerit-jerit kesakitan lagi BABnya berkat si manis “buah pepaya”.

Maaf, baru belajar menulis pengalaman sy sendiri…🙏🙏


Islamiyah:

BUAH PEPAYA

Pepaya …, kuning ranum kulitnya, merah isinya, segar rasanya. Biji hitamnya menyebar untuk melestarikan dirinya. Pepaya bukan buah musiman. Kapan saja dan dimana saja sangat mudah kita temukan. Pepaya California adalah salah satu jenis pepaya yang paling aku suka. Untuk ditanam di pekarangan pepaya jenis ini lebih menarik karena pohonnya yang tidak terlalu tinggi dan buahnyapun manis sekali dengan sedikit biji.
Daun pepaya meski rasanya pahit tetapi banyak orang yang mengkonsumsinya. Daun pepaya bisa dibuat sayur urap dan bisa juga dibuat minuman untuk menambah asi bagi ibu menyusui. Daun pepaya juga mengandung enzim papain yang bisa dimanfaatkan untuk mengempukkan daging sapi atau daging kambing.
Buah pepaya yang mateng bisa langsung dikonsumsi tanpa harus diolah terlebih dahulu sebagai sumber vitamin A dan vitamin C. Selain dikonsumsi sebagai buah segar, buah pepaya mateng juga bisa dibuat menjadi saos yang dicampur dengan buah tomat. Ini alternatif pembuatan saos ketika buah tomat sedang tidak musim. Kalau tidak ada buah tomat sama sekali, pepaya bisa dibuat saos tanpa campuran buah tomat dengan ditambah citrun sebagai esense rasa asamnya.
Buah pepaya mengkel atau setengah mateng sunguh enaknya dibuat rujak. Rujak uleg ataupun rujak gobet. Buah pepaya mengkel enak juga dibuat manisan. Baik itu manisan basah ataupun manisan kering. Itulah sekelumit cerita tentang pepaya.


Rominiyati Pangkalpinang:

Pepaya

Buah pepaya ada di mana-mana
Berasal dari Amerika dan Meksiko Selatan
Tumbuh subur di negeri tercinta
Tak butuh banyak perawatan

Pepaya masak warnanya orange kekuningan
Mempunyai rongga berbentuk bintang
Konsumsi pepaya sangat baik untuk kesehatan
Mata terang kulitpun menjadi kencang

Pepaya masak lezat sekali
Banyak khasiat juga nutrisi
Makan pepaya jangan ragu lagi
Tubuh sehat sudah menanti

Makan pepaya haruslah semangat
Buah pepaya banyak manfaat
Mengandung antioksidan yang kuat
Mencegah kanker usus dan prostat

Buah pepaya harganya murah
Terjangkau dibeli seluruh kalangan
Jika punya sedikit halaman di rumah
Lebih asik jika kita yang menanam

Makan pepaya jangan ragu lagi
Tak ada di rumah bisa dibeli
Punya tetangga yang baik hati
Panen pepaya kitapun dibagi


Susilawati Sukabumi:

Buah Pepaya

Dari kejauhan kakek tua itu sudah tersenyum melihatku. Kuhampiri, dan dia pun berkata sambil tersenyum ramah yang diselingi canda khasnya

” pepayanya bagus2 bu, ga bakal gagal manisnya, semanis senyuman ibu hari ini”.

Kubalas dengan senyuman kecil, tanganku dengan cekatan langsung memilih buah pepaya yang ditawari pa Ardi yang biasa ku sebut dengan sapaan “Abah”, penjual buah-buahan langganan ku.

Pepaya adalah buah kesukaan aku dan keluarga. Rasanya yang manis dengan tampilan warna favoritku yang menggoda, senantiasa terhidang di meja makan sebagai buah yang wajib hadir melengkapi hidangan makan keluarga. Pada siang hari biasanya buah pepaya yang sudah terpotong-potong seperti dadu itu tersaji dalam kondisi dingin, sehingga manis dan segarnya melengkapi kenikmatan hidangan kami. Terkadang pepaya juga dihidangkan dalam berbagai sajian seperti campuran buah koktail.

Baca Liannya  Wawancara Bersama Radio Elshinta

Selain rasanya yang luar biasa enak, pepaya juga kaya manfaat. Pepaya memiliki kandungan vitamin A, yang sangat bermanfaat untuk mata dan katanya juga sebagai pencegah kangker. Dalam kondisi pandemi Covid 19 seperti saat ini, kita dengan tuntutan pekerjaan kita dan juga anak2 yang nyaris seluruh aktifitas belajarnya melalui online sangat membutuhkan buah ini.

Selain buahnya yang kaya vitamin, pepaya juga merupakan salah satu jenis buah yang memiliki multi manfaat. Daun dan bunganya bisa dijadikan lalapan dan aneka olahan, getahnya pun biasa digunakan untuk pelunak daging.

Rasanya yang enak dan harganya yang sangat terjangkau tetapi kaya manfaat ini, menjadikan pepaya sebagai buah yang digemari banyak orang. Begitu pun keluarga kami, yang menjadikannya sebagai salah satu buah favorit sajian keluarga.

Irma _ Sukabumi


Buah Si Pelancar BAB

Banyak yang suka ada juga yang tak suka buah ini, tergantung jenis buahnya, rasa dan aromanya. Sebagian besar orang suka mengonsumsi pepaya biasanya pepaya yang terkenal dengan sebutan ” Pepaya California” , selain penampilannya menarik rasa nya juga tak diragukan lagi.

Jenis pepaya ini memiliki daging buah tebal manis dan warnanya pun menarik, tak heran itulah yang menjadi daya tariknya, ada jenis pepaya yang biasa dikonsumsi bila matang tapi rasa dan baunya kurang bersahabat dengan Indra penciuman, di kampung saya disebut ” Pepaya Burung “, entah kenapa disebut demikian nanti kita cari tahu mengenai hal ini.

Andai akar pohon pepaya tidak merusak bangunan , baik itu pagar maupun bangunan rumah, ingin rasanya aku menanam di depan rumah , namun itu tadi , akarnya sangat tidak bersahabat dengan bangunan.

Andai aman ditanam di depan rumah, terbayang betapa senang nya aku bisa memetik buah pepaya , khususnya pepaya jenis California, namun itu hanya sebuah angan-angan saja , biarlah tak bisa menikmati pepaya hasil petik buah sendiri yang penting bisa tetap bisa mendapatkan buah ini di pasar dengan mudah, karena buah ini yang menjadi obat mujarab ketika saya bahkan anggota keluarga besar saya mengalami sembelit, dengan pepaya BAB lancar, tak heran bila saya menyebutnya Si Pelancar BAB.

Selamat menikmati buah ini bila anda merasa sembelit.

5 Juli 2021
Yuswandi . Lebak–Banten.


PEPAYA IMPIAN
Oleh : Nuratikoh

Waktu itu…
Bapak dan ibukku berkunjung ke Berau Kalimantan Timur, menengok sang anak yang ada di rantau, menebar ilmu mendidik anak bangsa sebagai guru.

Di usia bapak yang sudah tidak muda lagi, ada beberapa makanan yang di anjurkan untuk selalu di konsumsi, salahsatunya adalah buah yang mudah di cari dan murah di beli, KATES kata orang Jawa, Pepaya kita mengenalnya.

Saat itu Bapak membutuhkan buah yang kaya manfaat ini , namun karena ketidaksiapan kami , tidak menebar benih dan menanamnya, padahal pohon papaya tidak membutuhkan lahan yang luas, cukup di sekitar rumah saja.

Kami berusaha mencari ke beberapa teman dan tetangga untuk di beli , ternyata tidak semudah yang dibayangkan, padahal ini daerah transmigran.

Terkenang akan kejadian itu, kami jadikan inspirasi untuk senantiasa menebar benih papaya di sekeliling rumah, kebun dan lahan, untuk kami konsumsi dan kami persilahkan siapapun yang membutuhkan, jangan sampai terulang , buah papaya hanya dalam impian.

Berau, 05 Juli 2021


PEPAYA DAN ISTRI

Ingat pepaya ingat istri. Buah yang satu ini sering menjadi buah bibir di keluargaku. Pasalnya memang tidak ada pasal yang jelas tentang perpepayaan di keluarga ini. Adanya istriku paling anti sama pepaya. Sebenarnya dia tahu dan sangat mengetahui manfaat pepaya. Selain bisa sebagai pencahar ketika sembelit, pepaya juga bisa menetralkan asam lambung atau melancarkan metabolisme dalam tubuh. Pokoknya seabreg manfaat tentang pepaya dia sudah khatam. Tapi anehnya, ya aneh saja, dia begitu tidak bisa bersahabat dengan pepaya.

Berbagai upaya sudah dia lakukan untuk bisa menaklukan pepaya, namun hasilnya masih nihil. Dari mencampurnya dengan jeruk nipis, hingga pepaya beraroma jeruk nipis. Tetap saja begitu menelannya, perut seakan tak mau menerima. Pernah juga dibuat jus, tetap saja aroma pepaya selalu menghantuinya. Akhirnya hingga sampai saat ini buah pepaya menjadi musuh besarnya.


Pepaya Buah Andalanku

Buah pepaya yang dalam bahasa latin bernama Carica Papaya, selain rasanya yang manis dan segar ternyata pepaya merupakan buah yang kaya manfaat lho dan banyak mengandung vitamin.

Pepaya selain mengandung vitamin A yang berguna untuk kesehatan mata, dan mengandung vitamin C dan E . Selain itu pepaya sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan, meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kesehatan jantung.

Selain dikonsumsi buah pepaya juga bisa untuk perawatan wajah. Kandungan enzim proteolitik, yang berfungsi sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus, dipercaya melembabkan kulit wajah yang kering.


Manfaat buah pepaya yang kaya akan berbagai vitamin dan enzim. Daya tahan tubuh kuat, pencernaan sehat hingga cegah diabetes.


Pepaya merupakan buah yang mendatangkan perdebatan, beberapa orang sangat menyukai buah pepaya karena rasanya yang manis dan enak, tetapi sebagian orang tidak suka karena baunya yang menyengat.

Buah dari tanaman Carica papaya ini berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko Selatan tetapi sekarang tumbuh di banyak bagian lain dunia.

Pepaya berbentuk mirip buah pir dan panjangnya bisa mencapai 20 inci atau sekitar 51 centimeter (cm). Kulitnya berwarna hijau saat mentah dan jingga saat matang, sedangkan daging buah berwarna kuning, jingga atau merah.

Christopher Columbus, seorang penjelajah Italia pernah menyebut pepaya sebagai buah para malaikat karena kandungan gizinya yang banyak dengan manfaat yang melimpah.

Sebelum membahas manfaatnya, berikut fakta-fakta menarik yang belum banyak diketahui tentang buah pepaya:

  • Enzim papain dalam pepaya dapat memecah rantai protein pada daging dan otot. Karena itu, sejak ribuan tahun yang lalu masyarakat menggunakan pepaya untuk melunakkan daging.
  • Selain daging buahnya, biji pepaya juga bisa dimakan. Rasanya seperti lada hitam, sehingga beberapa negara menggunakan biji pepaya sebagai pengganti rempah.
  • Mengonsumsi terlalu banyak pepaya dapat menyebabkan karotenemia, yaitu kondisi di mana telapak kaki dan telapak tangan menguning. Hal ini bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya.
  • Hingga saat ini hanya ada 2 varietas pepaya, yaitu pepaya Meksiko dan Hawaii. Pepaya Meksiko dapat memiliki berat hingga 4,5 kilogram (kg) sedangkan pepaya Hawaii biasanya memiliki berat sekitar 500 gram (g).

11 Manfaat Buah Pepaya: Kaya Vitamin dan Enzim untuk Tubuh (tokopedia.com)


Ripe papaya fruit

Pepaya Buah Andalanku
Oleh : Risa Juanita R

Buah pepaya yang dalam bahasa latin bernama Carica Papaya, selain rasanya yang manis dan segar ternyata pepaya merupakan buah yang kaya manfaat lho dan banyak mengandung vitamin.

Pepaya selain mengandung vitamin A yang berguna untuk kesehatan mata, dan mengandung vitamin C dan E . Selain itu pepaya sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan, meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kesehatan jantung.

Selain dikonsumsi buah pepaya juga bisa untuk perawatan wajah. Kandungan enzim proteolitik, yang berfungsi sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus, dipercaya melembabkan kulit wajah yang kering.


Buah Pepaya
Oleh : Rd. Nurliyah

Bentukmu lonjong indah menawan
Untuk dinikmati berbagai olahan
Allah beri untuk kita manfaatkan
Hasil bumi tak boleh disia- siakan

Penuh nutrisi bagi tubuh
Enak dimakan apalagi sudah matang
Penyegar di kala dahaga
Amboi…lihat warna kulitmu saja sudah menggoda
Ya…Allah, berkahkan rezeki-Mu sepanjang masa.

Subang, 5 Juli 2021

Dengan melimpahnya kandungan vitamin, serat, hingga antioksidan di dalamnya. Buah ini sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Pepaya dapat dikonsumsi langsung maupun dicampurkan pada yogurtsmoothie, salad, dan dibuat jus.

Kandungan nutrisinya terbukti dapat mencegah berbagai penyakit seperti kanker, radang sendi, sembelit, dan masih banyak lagi. Berikut daftar khasiat pepaya bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh berperan sebagai pelindung terhadap berbagai infeksi yang dapat membuat kamu jatuh sakit.

Satu buah pepaya mengandung lebih dari 200% kebutuhan harian vitamin C, menjadikannya bagus untuk menjaga daya tahan tubuh.

2. Meningkatkan Kondisi Pencernaan

Makan pepaya setiap hari dapat meningkatkan kondisi pencernaan karena pepaya memiliki kandungan enzim yang dikenal sebagai papain dan serat yang membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Orang-orang di daerah tropis menganggap pepaya sebagai obat untuk sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar lainnya.

Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi formula berbahan pepaya selama 40 hari mengalami peningkatan yang signifikan dalam sembelit dan kembung.

3. Mencegah Tanda-tanda Penuaan

Pepaya kaya akan vitamin C, vitamin E, dan antioksidan seperti beta-karoten yang membantu mencegah kulit kamu dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat mengakibatkan keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya.

4. Mencegah kanker

Pepaya kaya akan antioksidan, fitonutrien, dan flavonoid yang mencegah sel untuk mengalami kerusakan akibat radikal bebas.

Beberapa penelitian juga mengaitkan konsumsi pepaya dengan penurunan risiko kanker usus besar dan prostat.

5. Membantu Mengurangi Stres

Buah pepaya kaya akan beberapa nutrisi seperti vitamin C yang dapat membuat kamu terbebas dari stres.

Menurut penelitian yang dilakukan di University of Alabama, ditemukan bahwa 200 miligram (mg) vitamin C dapat membantu mengatur aliran hormon stres.

buah-buahan
Beli buah-buahan segar kini lebih praktis, yuk temukan dengan harga termurah di sini!

BACA JUGA: MANFAAT BUAH BIT, UMBI MERAH DENGAN NUTRISI MELIMPAH

6. Membantu Meredakan Nyeri Haid

Wanita yang mengalami nyeri saat menstruasi dapat mengonsumsi pepaya untuk mengurangi rasa sakitnya.

Hal ini dikarenakan enzim yang disebut papain yang terkandung dalam pepaya dapat membantu mengatur dan melancarkan aliran selama periode menstruasi.

7. Melindungi dari Penyakit Radang Sendi (Arthritis)

Makan pepaya baik untuk kesehatan tulang karena memiliki sifat anti-inflamasi dan vitamin C yang membantu menjaga berbagai bentuk penyakit radang sendi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Annals of the Rheumatic Diseases menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan rendah vitamin C tiga kali lebih mungkin menderita radang sendi daripada mereka yang rajin mengonsumsi makanan kaya vitamin C.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Pepaya sangat rendah kalori dan tinggi akan serat sehingga membantu kamu merasa kenyang lebih lama.

Dengan saluran pencernaan yang sehat dan sistem kekebalan tubuh, pepaya membantu menurunkan berat badan secara keseluruhan. Serat alami di dalamnya dapat mendetoksifikasi tubuh dan membersihkannya, sehingga tubuh tetap sehat dan bugar.

9. Bagus untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Pepaya juga bagus untuk rambut karena mengandung vitamin A, nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi sebum, yang menjaga kelembapan rambut.

Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Asupan vitamin C dalam pepaya dibutuhkan untuk membangun dan memelihara kolagen, yang memberikan struktur pada kulit.

10. Dapat Mencegah Diabetes

Meskipun buah tropis ini dikenal dengan rasa manisnya, buah ini bagus untuk penderita diabetes atau kamu ingin mengurangi risiko menderita diabetes.

Rasa manisnya alami, dan tidak seperti buah-buahan lainnya, buah ini memiliki kandungan gula yang rendah serta kadar glukosa yang rendah.

Buah pepaya juga kaya dengan nutrisi yang berkualitas tinggi yang dapat menjaga kadar gula darah dan kolesterol.

11. Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kaya akan antioksidan dan fitokimia, pepaya membantu menjaga kesehatan jantung dan melawan dari kemungkinan terserang penyakit jantung.

Ditambah dengan kandungan vitamin C, serat, dan kalium yang dapat meningkatkan aliran darah dan menjaga arteri tetap sehat.

BACA JUGA: MANFAAT PISANG, BUAH ‘MERAKYAT’ YANG KAYA KHASIAT

Nah, itu dia nutrisi dan manfaat kesehatan yang terkandung dalam buah pepaya. Rutin konsumsi buah dan sayur agar kesehatan senantiasa terjaga ya, Toppers.

Selain rasanya yang enak, pepaya juga mengandung segudang nutrisi yang dapat mencegah berbagai macam masalah kesehatan. Yuk, mulai hidup sehat bersama Tokopedia!


alat pemotong buah
Mau memotong buah ataupun sayur lebih cepat dan efisien? Ini solusinya!

Penulis: Naura Nadira Az-Zahra


Ripe papaya fruit

Buah kaya vitamin

Sepulang dari sekolah biasa mampir ke tempat penjual sayuran yang tak jauh dari rumah, niatnya membeli sayuran untuk masak hari ini, dari kejauhan sudah terlihat jelas warnanya kuning menggoda untuk ingin disapanya dan langsung ingat pula di rumah habis stok buah-buahan di kulkas, ku raihlah buah itu dan minta ditimbang untuk mengetahui harganya.

Selain berniat membeli sayuran, buahpun kudapatnya untuk pelengkap kebutuhan asupan gizi tubuh kita, sesampainya di rumah dikupaslah buah itu, ku hidangkan dimeja makan untuk disantap oleh semuanya.

Dengan mengonsumsi buah paya kita akan jauh dari rasa sembelit, pencernaan akan terasa lancar, selain itu banyak manfaat lainnya, pepaya kaya akan vitamin.

Cipanas, 5 Juli 2021
Mariana sribudiyanti


Pepayaku Vitaminku oleh Linda Sinaga

Pepaya adalah jenis buah yang sangat digemari setiap orang karena selain harganya yang murah dan kegunaannya sangat banyak untuk pencernaan kita . Tanaman ini semuanya sangat bermanfaat untuk makanan manusia .

Pepaya banyak jenisnya, antara lain pepaya Bangkok , dan Pepaya California. Dua jenis ini yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Saya belum tahu di negara lainnya. Mungkin nanti saya cari infonya di google.com.

Adapun pepaya Bangkok jenisnya agak besar, sedangkan pepaya California jenisnya sedang dan kecil . Sungguh dahsyat, dan buahnya sangat manis. Selain itu, buahnya susah untuk dicari, karena pepaya ini musiman adanya .

Hal yang jelas buat kita adalah buah Pepaya adalah buah yang sangat mudah didapat dan manfaat atau kegunaannya melancarkan pencernaan kita sehingga lancar semuanya. Buang Air Besar akan lancar.

Marilah kita konsumsi buah pepaya ini agar tubuh kita semakin kuat dan pencernaan menjadi bertambah sehat . Mohon maaf Pak Jay atas kekurangannya 🙏🏻🙏🏻🙏🏻


18 Komentar pada “Buah Pepaya”

  1. Dari satu foto, mengalir begitu banyak ide tulisan dengan genre tulisan yang berbeda-beda..mantab 👍👍😊

  2. Mukminin berkata:

    Keren pepaya kesukaanku lancarkan BAB penuh vitamin

  3. Dwi Pratiwi berkata:

    Menulis bersama satu tema beragam tulisan. Menginspirasi.

  4. Umi Agus Farida berkata:

    Selalu benar kata Om Jay. Satu gambar jadi beragam tulisan.

  5. Muhidin berkata:

    Subhanallah.. Dari sebuah gambar ternyata banyak sekali info dan pengetahuan yg saya baca. Terimakasih bapak/ibu guru.

  6. Pepaya
    P Perangaimu menjadi sendu
    E Enggan sendu itu membalut
    P Pelipis hapus meluruh menepis
    A Antara sendu itu dan riangnya
    Y Yang menoreh kenangan
    A Agar dikenang

    Penjual minyak bergaya barat
    Pendopo batasi podium harapan
    Pepaya banyak menandung serat
    Ayo konsumsi sebelum sarapan

  7. Heronimus Bani berkata:

    web ini banyak sekali penggemarnya. Luar biasa.

  8. Chank berkata:

    👍👍 …. kreatif dan inovatif …
    komen pertama dri Lotim Om Jay 🙏

  9. Sri Yamini berkata:

    BUAH PEPAYA
    (Puisi Arkostik -Sri Yamini Bandung)
    Buah yang sejak kecil kusukai
    Umumnya digemari oleh semua orang
    Asal tahu saja buah pepaya banyak manfaatnya
    Hasil dari kebun buah pepaya banyak yang menanamnya

    Padahal rasanya kalau sudah tua manis, masih muda pait rasanya
    Elok rupaya pepaya banyak penggemarmu
    Padahal buah tersebut harganya murah tetapi gizinya sangat tinggi
    Alangkah indahnya pohon pepaya kalau lihat bentuknya
    Ya… namanya buah pepaya bisa diambil daunnya untuk lalaban
    Anak kecil sangat menyukainya karena lembut dan manis rasanya. Akupun suka padamu wahai pepaya

    Bandung, 06-07-2021

  10. Ida Fitriana berkata:

    PEPAYA

    Buah ini kutanam didwpan rumah jumlahnya ada tiga pohon. 1 pohon lama dan 2 pohon baru.
    Masih ku ingat pohon lama pepayaku ini berbuah sangat lebat bahkan berkali kali , banyak yang memberi komentar dan pujia yang positif. senang dan puas rasanya mendengarnya saja.
    pepaya depan rumah sudah menghasilkan lumayan banyak pepaya. dan pepaya itu selain sudah dinikmati oleh anggota keluarga juga sudah dibagi sama sanak saudara.
    semoga untuk berikutnya pohon pepaya itu berbuah…lagi dan bermanfaat untuk semua amin

Tinggalkan Komentar

JUMLAH PENGUNJUNG WEB

  • 0
  • 126
  • 1.992
  • 12.050
  • 586.563
  • 92.406
Close Ads X
Jelajahi

.

.

.

.