Buku Pahlawan Literasi

GURU PENGGERAK INDONESIA - Desember 6, 2020
Buku Pahlawan Literasi
  
|
Editor

Kata Pengantar Guru Blogger Indonesia untuk buku

Pahlawan Literasi: 20 Jurus Menulis Lewat Sehimpun Cerita Fiksi

Pahlawan Literasi adalah buku yang disusun oleh Bapak Sudomo, S.Pt. dari hasil kuliah di grup WA belajar menulis PGRI. Bahan-bahan dasar buku ini adalah materi belajar menulis bersama Omjay dan kawan-kawan. Selanjutnya penulis berhasil mengolah dan menyajikan resume dengan cara yang tidak biasa, yaitu berbentuk cerita fiksi. Beliau mengambil tokoh utama ayah dan anak yang sama-sama mencintai literasi, membuat buku ini mampu memberikan motivasi untuk menulis sepenuh hati. Lewat cerita fiksi kehidupan keluarga masa kini, penulis seakan ingin memotret harapan akan lahirnya pahlawan literasi di lingkungan keluarga kelak kemudian hari.

Lewat sehimpun cerita fiksi, guru SMP Negeri 3 Lingsar Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat ini berbagi tanpa terkesan menggurui. Cerita yang mengalir akan mampu membawa pembaca hingga ke muara bernama pembelajaran menulis yang penuh makna. Bukan saja ilmu menulis, tetapi juga sekaligus ilmu pengasuhan anak berbasis literasi keluarga. Baginya keluarga adalah sekitar yang paling dekat. Banyak hal-hal kecil yang bisa dipelajari agar ke depannya bisa menghasilkan karya besar. Sebuah karya yang lahir dari kesungguhan belajar.

Terbukti di kelas menulis, guru pembelajar ini aktif berbagi pengetahuan yang dipahaminya sebagai salah satu cara belajar. Tidak heran jika pada akhirnya beliau mampu melahirkan karya terbaru yang menggugah kesadaran bahwa memfiksikan nonfiksi bukanlah hal yang tidak mungkin bisa dilakukan. Kejelian beliau dalam memilih bentuk resume berbeda layak mendapatkan apresiasi. Tidak terkecuali kemahiran beliau dalam memilih diksi, akan memotivasi pembaca untuk lebih mendalami Bahasa Indonesia lebih baik lagi.

Baca Liannya  KI Hajar TIK Talks DKI Jakarta

Dengan kehidupan keluarga sebagai latar utama, rasanya buku ini sangat tepat untuk mulai membangun literasi keluarga. Beragam tips menulis mudah diterapkan bersama keluarga, dengan ayah sebagai aktor utama di dalamnya. Terlebih dengan penggunaan sudut pandang orang pertama akan menjadikan pembaca seolah-olah menjadi pemerannya.

Sebuah karya yang akan membawa pembaca ke pengalaman baru, bahwa memfiksikan nonfiksi itu ternyata mudah dilakukan. Langkah yang bisa dijadikan inspirasi dan motivasi bagi guru-guru lainnya untuk melakukan hal yang sama. Bahkan yang lebih baik lagi tentunya.

Pahlawan Literasi hadir sebagai rangkuman hasil belajar selama 20 kali pertemuan. Setelah sebelumnya tayang di blog pribadi, kali ini dikemas dalam bentuk buku setelah melewati proses tambal sulam di beberapa bagian. Termasuk di dalamnya pengubahan urutan tulisan sehingga kumpulan cerita menjadi satu kesatuan utuh yang saling terkait satu sama lain.

Bagian pertama menyajikan sehimpun cerita tentang kepenulisan. Terkait jurus, tips, dan teknik menulis diubah sedemikian rupa menjadi cerita fiksi yang alurnya enak diikuti. Bagian kedua mengupas tuntas seluk-beluk penerbitan indi dan mayor. Mulai dari proses pengiriman hingga naskah diterima dan diterbitkan dikupas tuntas melalui serangkaian kejadian yang berisi pengetahuan. Sementara bagian ketiga merupakan kumpulan cerita yang menguraikan kisah sukses narasumber dalam berkolaborasi dengan salah satu tokoh penerima apresiasi literasi atas inovasinya di masa pandemi Cendekia Cipta Perdana dari PGRI, yaitu Profesor Richardus Eko Indrajit. Proses awal hingga akhirnya naskah bisa terbit di penerbit mayor ditulis apik dengan tanpa menghilangkan esensi materi yang disampaikan.

Baca Liannya  Buku Menciptakan Pola Pembelajaran yang Efektif Dari Rumah

Akhir kata, semoga kelahiran buku ini menjadi pemicu bagi lahirnya karya-karya terbaik berikutnya. Juga sebagai pemacu bagi diri penulis dan guru lainnya untuk terus mengembangkan dan mengabdikan diri pada literasi dimulai dari diri sendiri dan lingkungan terdekat, yaitu keluarga inti.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Guru Blogger Indonesia

BlogĀ http://wijayalabs.com

Tinggalkan Komentar

JUMLAH PENGUNJUNG WEB

  • 0
  • 126
  • 1.992
  • 12.050
  • 586.563
  • 92.406
Close Ads X
Jelajahi

.

.

.

.