Cara Saya Melatih Keterampilan Menulis

GURU PENGGERAK INDONESIA - 5 Oktober 2020
Cara Saya Melatih Keterampilan Menulis
  
|
Editor

Cara Saya Melatih Keterampilan Menulis

Menarik sekali apa yang disampaikan narasumber guru menulis malam ini. Mulailah dari kata karena kata adalah senjata kita. Setiap kata memiliki makna.Begitulah pak Abdul Hakim menuliskannya.

Sebuah kata akan menjadi kalimat bermakna, ketika kita mulai belajar dan berlatih menulis setiap hari. Itulah cara saya melatih keterampilan menulis. Sebab menulis adalah keterampilan yang dapat diajarkan.

Awalnya memang dipaksakan. Namun lama-lama menjadi kebiasaan. Bahkan menjadi sebuah kebutuhan. Seperti halnya makan dan minum yang diperlukan badan.

Mengolah kata menjadi lebih bermakna memang tidak mudah. Kita perlu banyak berlatih. Kita perlu banyak membaca tulisan orang lain. Kita harus banyak menyimpan perbendaharaan kata.

Tak perlu takut untuk memulai menulis. Pilihlah kata yang ada di kepalamu. Mereka yang tidak berani membunuh ketakutan akan terbunuh oleh ketakutan. Begitulah pak Abdul Hakim Busro memulai materinya malam ini. WA Group yang ramai seketika sunyi karena dikunci.

Lawanlah ketakutan dengan berani memulai dengan kata. Ketika kata terangkai indah, maka akan memotivasi pembaca. Mereka akan tergerak dengan sendirinya dari kata-kata yang dituliskan.

Narasumber guru menulis malam ini memang super sekali. Beliau membawakan materi yang merupakan dasar/awal/pondasi dalam sebuah kalimat. Kata-kata indah yang nantinya akan terbentuk menjadi sebuah cerita yang sangat menarik. Materi itu adalah KATA.

Menurut beliau KATA adalah Senjata dalam menulis, karena semua berawal dari kata, dengan kata kita bisa memberikan cinta, dengan kata kita juga dapat memberikan luka, dengan kata kita bisa kerkreasi dengan banyak hal untuk menulis cerita, menulis puisi, menulis buku dan menulis apa saja. Oleh karena itu KATA adalah Senjata.

Baca Liannya  SENI KUDA KEPANG WUJUD GELORA SUMPAH PEMUDA

Salam blogger persahabatan
Omjay
Guru blogger Indonesia
Blog http://wijayalabs.com

7 Komentar pada “Cara Saya Melatih Keterampilan Menulis”

  1. Nurhaida.S.Pd berkata:

    Narasumber kita super. Sukses..

  2. Yanti Yuni Astuti berkata:

    Perbanyaklah menulis. Berawal dari kata berkembang mnjadi tulisan2 hebat.. karena kata bs mnjadi senjata. Kerenn om jay

  3. AAM NURHASANAH berkata:

    Mantul omjay

  4. Suriyatun,S.Pd.I berkata:

    Alhamdulillah tulisan omjay mengaspirasi dan memotivasi.
    Trimksh om jay..

  5. Arum Handayani berkata:

    Trimakasih om jay … sdh berbagi ilmu menulis. 🙏🙏🙏

Tinggalkan Komentar


Terpopuler

JUMLAH PENGUNJUNG WEB

  • 1
  • 167
  • 2.236
  • 10.275
  • 632.504
  • 112.457
Close Ads X
Jelajahi

.

.

.

.