Guru Jadi Content Creator

GURU PENGGERAK INDONESIA - 13 Oktober 2020
Guru Jadi Content Creator
  
|
Editor

Assalamu’alaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh

Silaturrahmi itu menambah rezeki, Amin

Selamat Pagi para Pejuang Pendidikan, semoga selalu sehat, semangat, dan bahagia dalam melakukan aktifitas setiap hari serta selamat berwisata membaca di blog sederhana ini.

Media pembelajaran saat ini sangat beragam. Mulai dari media berupa tulisan, suara maupun juga video bisa dijadikan media pembelajaran saat ini. Bahkan sudah banyak guru yang bisa membuat media pembelajaran yang sangat kreatif seperti bapak yang satu ini.

Putra daerah dari pulau Sulawesi ini merupakan seorang juara guru berprestasi tingkat provinsi pada tahun  2017 serta finalis guru berprestasi tingkat nasional pada tahun yang sama. Pada malam ini beliau akan membagikan pengalamannya dalam bidang konten kreator pembelajaran. Loh…. Kok bukan memberikan materi tentang bagaimana menjadi guru berprestasi ? hmmmm…. jadi penasaran ! Yuk, kita baca resume ini sampai selesai. Apa kisah juara gupres tingkat provinsi yang akan membagikan pengalamannya menjadi konten kreator. Kita sambut, inilah Bapak Hamzah Ramdhani dari SMPN 2 Bumi Kaya, Kab. Marowali, Sulawesi Selatan.

Membuat konten kreator dalam bentuk video kemudian di unggah ke Youtube merupakan hal yang sedang digandrungi pada saat masa pandemi seperti sekarang ini, apalagi bagi para guru seperti kita ini.

Bapak Hamzah memberikan tips dan trik nya dalam pembuatan konten kreator yang diunggah di channel Youtubenya pada malam ini di WAG Belajar Menulis bersama OmJay dan PGRI. Mari kita simak video Youtubenya disini. dan disini.

Dalam video yang baru saja kita saksikan ada sesuatu yang berbeda dalam video pertama dan kedua. Jika dalam video pertama media pembelajaran dibuat dalam bentuk video yang didubber oleh pembuat konten kreator, namun dalam video kedua pembuat konten kreator mamasukkan objek (dibaca guru) dalam video pembelajaran yang bertujuan agar adanya social present antara guru yang sedang menjelaskan dalam video dengan siswa yang sedang menyaksikan video yang sedang disaksikan.

Baca Liannya  WALAU SEDIKIT, REZEKI YANG KITA TERIMA HARUS DISYUKURI

Bagaimana serukan menjadi konten kreator, menurut Pak Hamzah untuk membuat video pembelajaran dalam bentuk Video ada langkah-langkahnya, yaitu :

        Langkah-langkah membuat video pembelajaran

  1.     Analisis KI-KD
  2.     Memilih indikator yang akan dibuatkan video pembelajaran
  3.     Mengumpulkan aset video
  4.     Proses perekaman
  5.     Editing video pembelajaran
  6.     Review dan Revisi

Nah itu langkah-langkah dari Pak Hamzah tentang pembuatan media pembelajaran dalam bentuk video. Beliau juga mengatakan dalam pengumpulan materi dalam pembuatan media pembelajaran bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1.     Melalui google
  2.     Melalui freepik.com
  3.     Melalui Youtube

        Notes : Jika menginginkan Gambar yang resolusi tinggi, bisa menggunakan keyword             HD pada google. Atau bisa juga PNG

Selain langkah-langkah dan cara mencari media untuk menunjang tampian video pembelajara. Pemilihan aplikasi editing juga sangat penting, agar video pembelajaran yang dihasilkan lebih ciamik lagi. Dalam pembuatan video pembelajaran Bapak Hamzah memilih menggunakan aplikasi Kinemaster, namun agar mudah dalam proses rendering dan editing beliau menggunakan Kinemaster yang berbayar atau full version atau resmi bukan free version.

Selain aplikasi Kinemaster yang digunakan dalam pembuatan video pembelajaran, para guru bisa menyesuaikan aplikasi yang mudah atau biasa digunakan dalam pembuatan video pembelajaran, seperti : Filmora, Kinemaster, Olive, Ulead Studio atau yang lainnya.

Tips yang paling penting dalam pembuatan video yang sangat perlu diperhatikan pembuatan naskah yang baik, sehingga dapat memudahkan dalam pembuatan video pembelajaran. Menurut beliau pembuatan naskah dapat dibuat pada sebuah tabel, seperti berikut :

Baca Liannya  Resume Belajar Bicara Pertemuan Keempat

Bagaimana para guru Indonesia, siap menjadi GCC (Guru Conten Creator). Mari awali dengan kata MAU, memiliki MOTIVASI untuk membuat konten kreator, kemudian melakukan AKSI dalam pencarian aset atau materi dalam video pembelajaran, serta melakukan syuting dan sabar melakukan proses editing. Terakhir, selamat anda sudah menjadi guru UNGGUL sebagai kontek kreator. So…. Siap menjadi Konten Kreator !!!

Salam Literasi, Salam Indrakeren

Wassalamualaikum, Wr Wb.

Tinggalkan Komentar


Terpopuler

JUMLAH PENGUNJUNG WEB

  • 0
  • 150
  • 2.219
  • 10.258
  • 632.487
  • 112.448
Close Ads X
Jelajahi

.

.

.

.