Hidup adalah Belajar

GURU PENGGERAK INDONESIA - 21 Juni 2021
Hidup adalah Belajar
  
|
Editor

Hidup adalah Belajar
Oleh: Nur S. Pudji Astutik

Hidup pada hakekatnya adalah sebuah perjalanan panjang, dalam perjalanan dibutuhkan perjuangan yang gigih tiada henti. Hidup adalah belajar, belajar yang harus dilalui oleh setiap insan, sebuah proses yang tiada akhir.

Belajar untuk selalu berbuat baik, belajar untuk tulus dalam berbuat, belajar untuk ikhlas dalam memberi, belajar untuk tetap setia di jalan yang benar, belajar untuk tetap ceria di dalam kegelapan, belajar untuk bersyukur membenahi diri ke arah yang lebih baik.

Sungguh merugi sekali hidup ini, yang tak pernah berubah menjadi lebih baik. Karena dalam hidup sejatinya ada peluang untuk melakukan intropeksi dan berharap membawa arus pada kehidupan yang lebih nyaman, lebih bermakna bagi orang lain.

Hidup adalah belajar, belajar menghadapi kenyataan. Terus bersabar pertanda keberhasilan dalam menjalani kehidupan. Bersabar dan bersabar serta ridla terhadap apapun yang diberikan oleh Allah kepada insan manusia.

Andai semua sadar, insyaallah qonaah yang akan didapatkan. Tiada angkara murka dan kesewenang wenangan, merasa paling hebat dan merasa tidak ada yang berada di atasnya. Sungguh bencana yang justru akan melanda, jika kesombongan sudah merajalela.

Bersyukur kepada Allah dalam setiap detik dan setiap waktu masih berada dalam panggilan menuju pada kebaikan. Jalan yang dilalui selalu mendatangkan rahmat bagi orang-orang yang selalu mengingatnya.

Semoga kita menjadi bagian dari orang-orang yang selalu mengingat Allah dalam hidup di dunia yang fana. Kehidupan yang tak akan kekal selamanya. Berharap petunjuk-Nya semoga kita senantiasa berada di jalan yang diridlai-Nya.

Baca Liannya  Jurus Jitu Menjadi Penulis Buku Bermutu

Sidoarjo, 21 Juni 2021
Penulis adalah guru MTsN 4 Sidoarjo

Tinggalkan Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG WEB

  • 1
  • 175
  • 2.557
  • 11.484
  • 630.443
  • 111.537
Close Ads X
Jelajahi

.

.

.

.