HUT PGRI ke-75 secara Virtual yang Meriah

GURU PENGGERAK INDONESIA - 28 November 2020
HUT PGRI ke-75 secara Virtual yang Meriah
Pidato Unifah Rosyidi  
|
Editor

Amanah Presiden Jokowi di HUT PGI yang ke-75

Senang sekali bisa bertemu presiden Jokowi di acara Hari ulang Tahun PGRI yang ke-75 secara Virtual. Biasanya saya setiap tahun bertemu beliau secara langsung, namun karena ada wabah covid-19, maka kegiatan HUT PGRI tahun 2020 ini terpaksa dilaksanakan secara virtual. Undangan HUT PGRI tersebar ke semua WA Group dan media sosial. Saya dan kawan-kawan termasuk yang rajin menyebarkan infonya ke media sosial.

Amanah Presiden Jokowi dalam HUT PGRI singkat dan padat. Tetap Semangat ya bapak presiden Jokowi, semoga kita semua mampu melewati cobaan yang sangat berat ini, dan semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melindungi kita semua. Beliau berpesan Pembukaan sekolah harus hati-hati dilakukan. Protokol kesehatan harus dilaksanakan dengan penuh kedisiplinan supaya peserta didik tidak terpapar Covid-19. Pak Jokowi mengatakan pendidikan merupakan tanggung jawab bersama. Dia mengatakan peran orang tua sebagai pendidik utama di keluarga juga sangat penting untuk mendukung keberhasilan proses belajar anak. Menurutnya, kerja sama guru dengan orang tua harus terus ditingkatkan. Pesan beliau secara lengkap dapat dibaca di sana dan di sini.

Amanah Presiden Jokowi

Beliau juga akan mengangkat guru yang berstatus PPPK dengan jumlah yang banyak dan memberikan gaji yang setara dengan PNS. Keterbatasan harus diatasi dengan kreativitas, dan dedikasi tinggi para guru. Gaji dan tunjangan PPPK akan diberikan setara dengan PNS. Kepeutusan Presiden untuk Guru PPPK sudah keluar dan ditandangani oleh Presiden Jokowi.

Pengurus PGRI di daerah siap memeriahkan HUT PGRI

Terima kasih yang tak terhingga kami sampaikan kepada Ibu Ketum, Prof Uifah Rosyidi, Bpk Prof. Supardi dan semua pengurus PB PGRI atas penghargaan Dwija Praja Nugraha bagi Bupati Sumba Timur. Juga kami sampaikan terima kasih kepada Bapak Wakil ketua PGRI NTT yang ikut memotivasi kami. Ucapan tulus dan cinta kami kepada Bapak Presiden yang telah berkenan menyampaikan Anugerah tertinggi ini. Demikian Komentar pak Melkianus di WA Group New PGRI.

Pukul 05.37 WIB, Ketua Umum Pengurus Besar PGRI, Prof Unifah Rosyidi, sudah berada di Gedung Guru Indonesia, Jl. Tanah Abang III Nomor 24 Gambir, Jakarta Pusat. Beliau menyemangati kami di WA Group agar penuh semangat memperingati hari ulang tahun PGRI yang ke-75.

Pidato Unifah Rosyidi

Luar biasa ibu Ketum kami. Beliau dedikasikan setiap harinya untuk membantu guru. Terutama guru-guru honorer yang penghasilannya belum sesuai dengan harapan. Tanpa banyak bicara, beliau bekerja dengan hati dan langsung menemui petinggi negeri ini. Kami belajar cara memimpin beliau yang penuh dengan keibuan dan tegas dalam memimpin Persatuan Guru Republik Indonesia yang disingkat PGRI.

Gedung Guru Indonesia

Dalam semua WA Group PGRI, dan media sosial disebarkan undangan HUT PGRI secara terbuka. Isi undangannya sebagai berikut.

Baca Liannya  Pergantian Uang Pulsa Bagi Siswa

PENGURUS BESAR PGRI MENGUNDANG IBU DAN BAPAK GURU UNTUK MENYAKSIKAN PUNCAK PERINGATAN HUT KE-75 PGRI DAN HGN TAHUN 2020. Sabtu, 28 November 2020 Pukul 07.00-selesai. SECARA VIRTUAL melalui TV TUNAS PGRI http://tunas.tv atau Youtube PB PGRI atau melalui ZOOM sebagai berikut:

ZOOM STUDIO 2
Join Zoom Meeting
https://us02web.zoom.us/j/88997562485?pwd=UUZBWjlOWnB5cEJJQmFyS01Qc3hXdz09
Meeting ID: 889 9756 2485, Passcode: STUDIO-2

ZOOM STUDIO 3
Join Zoom Meeting
https://us02web.zoom.us/j/87086108097?pwd=aGVUYUlwbjRoMXNna0l5S0dwSnNnUT09
Meeting ID: 870 8610 8097, Passcode: STUDIO-3

ZOOM STUDIO 4
Join Zoom Meeting
https://us02web.zoom.us/j/81243028812?pwd=K1E1OUFHWjZOT3YwN1hSbHduUDNPUT09
Meeting ID: 812 4302 8812, Passcode: STUDIO-4

ZOOM STUDIO 5
Join Zoom Meeting
https://us02web.zoom.us/j/85675457502?pwd=a0ZjVmoyT1daRi9uS09HYjVKMU9Kdz09
Meeting ID: 856 7545 7502, Passcode: STUDIO-5

PGRI untuk Indonesia

Kegiatan HUT PGRI tahun ini dilakukan secara Virtual. Hal ini dilakukan agar penyebaran virus covid-19 dapat dihindari. PGRI menolak menyerah pada Covid-19. Adanya kecanggihan teknologi, acara HUT PGRI yang ke-75 masih tetap bisa dilaksanakan secara nasional. Ide brilian Prof. Eko Indrajit, ketua SLCC PGRI harus diapresiasi.

Sambutan Menteri Agama, Bapak Fahrul Rozi

Kreativitas dan dedikasi guru menuju Indonesia maju menjadi tema HUT PGRI tahun ini. Mari kita cintai Indonesia dengan sepenuh hati. Link Youtube chanel dibagikan di https://youtu.be/ZO2HujulVLs, yuk kita meriahkan puncak hari guru nasional dan hut PGRI yang ke-75 bersama presiden Jokowi.

Pidato Ketua Umum PB PGRI, Pengurus Besar PGRI, Prof. Unifah Rosyidi

Pidato Ketua umum Pengurus Besar PGRI juga keren. Pengurus besar PGRI yang dipimpin Prof. Unifah Rosyidi menyampaikan inovasi-inovasi yang telah dilakukan PGRI, yaitu Tunas TV, Podcas Radio PGRI, Bantu guru, Rembuk nasional APKS PGRI, Kegiatan lomba olimpic, dan inovasi lainnya yang dapat anda tonton di chanel youtube PGRI. PGRI juga mendukung pembukaan sekolah dengan penuh kehati-hatian. Infonya dapat dibaca di sana.

zzom PGRI yang penuh dengan guru PGRI

Walaupun kegiatan Virtual melalui aplikasi zoom dan live youtube, acara hari ulang tahun PGRI yang ke-75 tetap meriah dan dihadiri secara langsung para anggotanya dari Aceh hingga Papua. Mereka tersebar di beberapa link zoom dan live youtube. Saya sendiri sampai tidak kebagian masuk zoom, sehingga saya menontonnya hanya melalui channel youtube saja.

Sambutan Mendikbud Nadiem Makarim

Lebih dari 10.000 guru megikutinya secara langsung dari rumah masing-masing. Pada HUT PGRI juga diumumkan para pemenang guru menulis dan guru berdedikasi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh PGRI dan dibacakan oleh ibu Dian, Pengurus Besar PGRI. Juga diumumkan penghargaan untuk para gubernur dan bupati yang sangat fokus dengan dunia pendidikan. Pengumuman dibacakan oleh Bapak Sekjen PB PGRI Drs. Ali A Rahim, MA dari Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Sambutan Gubernur DKI Jakarta

Acara yang tak kalah seru adalah sambutan mendikbud, menteri agama, dan gubernur DKI Jakarta bapak Anies Baswedan. Kedua tokoh ini sangat ditunggu sambutannya di acara HUT PGRI yang ke-75. Motivasi dari apak Anies Baswedan bagus sekali untuk guru. Infonya dapat di baca di sini dan di sana.

Baca Liannya  Membangun Pendidikan Kecakapan Hidup di Sekolah PGRI

Sambutan menteri agama RI

Mereka menyampaikan hal penting agar guru semakin bersemangat mengajar dan menemukan inovasi baru di saat wabah Covid-19 ini. Guru-guru dipaksa beradaptasi dengan cepat, beralih menggunakan teknologi, mengubah metode belajar, bekerja sekuat tenaga agar anak-anak bisa tetap belajar dengan baik. Tetapi, tantangan akibat pandemi COVID-19 ini tidak boleh menurunkan kualitas pembelajaran

Dalam sambutannya, Wakil Presiden RI ke 10 dan 12, Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan maju dan sejahteranya suatu bangsa bergantung pada kualitas guru yang dimiliki oleh bangsa tersebut. Hal itu karena kemajuan dan kesejahteraan bangsa bergantung pada seberapa besar inovasi yang dihasilkan oleh bangsa tersebut.

Pak Jk dan Nadiem Makarim

zoom hut PGRI yang Ramai

Zoom PGRI yang penuh

Sementara itu inovasi hanya bisa dihasilkan melalui pencapaian ilmu pengetahuan bangsa tersebut di mana hal itu hanya bisa tercapai apabila kualitas guru sebagai penyampai ilmu pengetahuan baik mutunya.

Hal itu disampaikan JK saat memberi sambutan acara peringatan hari guru yang diselenggarakan oleh Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) yang jatuh pada tanggal 25 November 2020 bersamaan dengan hari ulang tahun PGRI yang ke 75.

Pada kesempatan yang sama JK juga berterima kasih atas peran PGRI selama ini sebagai tempat naungan para guru sehingga guru dapat dididik dengan baik. Selain itu tak lupa pula JK mengapresiasi peran pemerintah yang terus meningkatkan anggaran pendidikannya sehingga kualiatas sekolah semakin baik.

Semoga PGRI tetap jaya, sehingga guru senantiasa sejahtera termasuk guru honorer juga mendapat fasilitas dan nasib  yang baik, dan masa depan yang jelas, terima kasih atas perjuangan PGRI.

Salah seorang pengurus PGRI Gresik memberikan komentarnya di WA Group New PGRI. Puluhan bahkan ratusan foto/video telah dikirim oleh para kader PGRI kepada kami. Tidak mungkin harys saya unggah semua sebab akan lebih mengganggu pesawat HP Bapak n Ibu. Alhamdulillah 500 lebih ranting PGRI di Kab Gresik, ikut hadir dalam Puncak acara HUT PGRI KE 75 dan HGN 2020 scr virtual pada hari ini. SUKSES UNTUK PGRI. Solidaritas Yess..!!!

Selamat HUT PGRI ke-75 dan HGN Tahun 2020. Bapak/ Ibu Guru, Dosen dan tenaga Kependidikan Guru Hebat seluruh Indonesia. Pada HUT PGRI kali ini diluncurkan aplikasi bantu Guru. Info lengkapnya bisa dibaca di sini.

Logo PGRI yang semakin bersinar

Silahkan manfaatkan aplikasi layanan “BANTU GURU” dengan langkah-langkah sbb :
1. Dowoad Aplikasi Bantu Guru di Playstore atau Buka di alamat Website : www.bantuguru.co.id
2. Klik tombol register isi data yang diminta
3. Buka email untuk melihat password login
4. Login menggunakan email dan password
5. Klik my profil untuk update data

Baca Liannya  Kegiatan hari pertama Refleksi Organisasi Profesi

Setelah login Bapak/ibu akan Menikmati Layanan :
1. PERLINDUNGAN berupa perlindungan Profesi, hukum dan lainnya
2. KEBUTUHAN berupa jual/beli kebutuhan Sandang, Pangan dan Papan serta kebutuhan lainnya
3. KOMPETENSI berupa Pelatihan, Bimbingan Karya Tulis dan Bimbingan Belajar

SELAMAT MENIKMATI LAYANAN dari BANTU GURU

#PGRI_untuk_indonesia
#GURUterbantuPendidikanMaju
#bantuguru_untuk_indonesia

Ketua Umum PB PGRI
Prof. Dr. Unifah Rosyidi,  M. Pd.

Prof Eko dan Prof Yudi Latief, mendapatkan penghargaan dari PGRI

Pada kesempatan ini, pengurus besar PGRI memberikan penghargaan kepada 2 orang cendekiawan Indonesia atas inovasinya selama masa pandemi Covid-19. Selamat buat Prof. Eko Indrajit dan Prof Yudi Latief yang mendapatkan penghargaan dari PGRI. Penghargaan Cendekita Cipta Perdana memang layak untuk mereka terima. Selamat untuk dua teman seperjuangan, Om Eko Indrajit dan Om Yudi Latief, begitulah kata ibu Mercy, Pengurus Home Schooling PGRI.

Selamat buat Tokoh Cendekiawan Indonesia

Bapak Dudung Nurulllah Kowara salah seorang ketua PB PGRI menulis di WA New PGRI. Spirit HUT Ke-75 PGRI membawa pesan “Dari PGRI Untuk Indonesia” sangatlah tepat. Mengapa tepat? Karena sejak dahoeloe kala PGRI sudah mendampingi berdirinya republik Indonesia. Dari PGRI Untuk Indonesia adalah fakta. Pemerintah yang baru berdiri  di 100 hari kemerdekaan dan butuh teman,  hadir PGRI mendampingi.

PGRI memberikan penguatan, kontribusi dan kemitraan strategis bagi bangsa Indonesia, khusus dalam dimensi pendidikan. Sungguh sangat “harmoni” antara spirit PGRI dan tema HGN Kementerian Pendidikan dan kebudayaan yang mengusung “Bangkitkan Semangat, Wujudkan Merdeka Belajar”.  PGRI sejak awal negeri ini  berdiri, bahkan jauh sebelum negeri ini merdeka sudah bergerak membangkitkan semangat para guru dan mewujudkan merdeka belajar.

Baliho PGRI

Semua orang bisa menjadi guru, semua tempat bisa menjadi syiar PGRI. Dari PGRI untuk Indonesia. Ayo kembali ke rumah guru di PGRI. Selamat hari ulang tahun PGRI yang ke-75. Keterbatasan yang dihadapi harus diatasi dengan kreativitas sehingga membuat siswa tetap belajar dengan antusias dan memotivasi siswa menjadi pembelajar mandiri. Pesan Presiden Jokowi, untuk melakukan hal tersebut tantangan pendidikan di era pandemi ini juga harus diatasi dengan sinergi. Guru harus saling bersinergi dan mau berbagi kepada guru lainnya.

Peringatan HUT PGRI yang ke-75 ini menyadarkan saya akan pentingnya kolaborasi dan saling bersinergi. Selama isolasi mandiri di rumah karena positif Covid-19 saya merasakan ikut hadir secara langsung dalam kegiatan ini. Salut dengan para pengurus PGRI dari pusat hingga daerah yang selalu mengikuti komando Ibu Unifah.

Prof. Unifah Rosyidi

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Guru Blogger Indonesia

Blog http://wijayalabs.com

2 Komentar pada “HUT PGRI ke-75 secara Virtual yang Meriah”

  1. Mukminin berkata:

    Alhamdulillah Slmt ulang Tahun PGRI. PGRI untuk negeti.

    HIDUP PGRI, SOLIDARITAS YES !!!

Tinggalkan Komentar


Terpopuler

JUMLAH PENGUNJUNG WEB

  • 0
  • 1
  • 2.070
  • 10.109
  • 632.338
  • 112.376
Close Ads X
Jelajahi

.

.

.

.