INSPIRASI MENULIS DARI SAHABAT

 

Pertemuan ke-29

 

Kemarin malam, Rabu tanggal 15 September 2021, saya bertugas sebagai moderator untuk menemani sahabat pena saya dan teman satu kelas saat jadi peserta belajar menulis gratis Om Jay gelombang 8. Adapun narasumbernya adalah Nani Kusmiyati, S.Pd. M. M.,  CTMP. Beliau adalah Mayor TNI Angkatan Laut(AL) dan telah menerbitkan 34 buku antara lain 2 buku solo dan 32 buku antologi. Simak profilnya yuks.
Pertemuan sebelumnya, mayorku pernah memawa tema tentang manfaat menulis di blog untuk menyimpan sejuta kenangan. Saat Perjalanan tugas ke Lebanon,  kisahnya sangat seru sekali. Saat suaminya meninggal, mayor tidak menangis sedikit pun.
Mayor bukannya tidak sedih, namun kesedihan itu ia simpan dalam hati. Ia tidak ingin menambah luka anaknya karena kepergian Ayahnya. Semua cerita pahit, suka dan duka akan menjadi sebuah kenangan yang tak terlupakan.
Begitu juga topik yang dibawakan sangat menarik sekali yaitu blog sebagai sarana pembelajaran. Mayor Nani menjelaskan bahwa blog bisa dipakai sebagai sarana pembelajaran di masa pandemi. Menurut beliau juga, blog bisa menjadi “Brangkas ide” yang dapat dijadikan bahan untuk menjadi sebuah buku.
Jika kita rajin menulis materi pembelajaran, dan mempostingnya di blog, hal itu dapat dijadikan tabungan untuk bekal kita menyusun buku pelajaran suatu saat nanti.
Usai memberikan materi, Mayor Nani memberikan tantangan menulis di blog dengan tema materi pembelajaran di kelas dan ada tugas untuk siswa di dalamnya. Bagi yang beruntung, ada 3 hadiah menarik antara lain sebagai berikut.
Juara 1 mendapat 2 buah buku dan pulsa 100.000
Juara 2 mendapat 2 buku dan pulsa 50.000
Juara 3 mendapat 1 buku dan pulsa 50.000
Berikut adalah 3 orang terpilih hasil dari penilaian Om Jay dan Tim Om Jay.
1. Juara 1 adalah Pak Dail Ma’ruf
Alasannya karena blognya sangat komunikatif untuk pembelajaran tingkat SD
2. Juara 2 adalah Ibu Raliyanti
Alasannya karena blognya lengkap dan mudah dipahami
3. Juara 3 adalah Bu Dwi Pratiwi
Alasannya ada teks dan video belajar bahasa Inggris. Lengap dengan link absen dan google classroom
Bahagianya saat mendengar para juara mendapatkan kiriman buku dari Mayor Nani. Saat jadi peserta dulu, setiap dapat hadiah buku itu bahagianya luar biasa. Berikut fotonya.

Dd

Dokumentasi penulis
Tidak hanya 3 juara terpilih yang mendapat hadiah buku. Saya juga pernah diberi satu buku antologi saat mendampingi  kelas menulis gelombang 18 dan kali ini diberi hadiah pulsa sebesar Rp. 100.000. Alhamdulillah, rezeki anak solehah tidak akan tertukar. Hehehe…
Dokumentasi penulis
Mayor Nani adalah sosok wanita perkasa yang sangat saya kagumi. Meskipun kami satu kelas dulu, namun beliau tidak melupakan pertemanan kami saat berada di kelas belajar menulis gelombang 8. Kami sempat berbalas puisi lewat blog, untuk saling menyemangati.
Mayor Nani sangat baik hati dan tidak pernah sombong. Walaupun kami belum pernah bertatap muka, namun kami seperti sahabat lama. Sukses terus untuk mayorku, jaya terus di TNI AL, tetap berkarya dan membanggakan kita semua.
Salam blogger inspiratif
Aam Nurhasanah, S.Pd.
#KarenaMenulisAkuAda(KMAA)
#DAY25KMAAYPTDChallenge

AAM NURHASANAH

Aam Nurhasanah, S.Pd. adalah seorang guru Bahasa Indonesia di SMPS MATHLA UL HIDAYAH CIPANAS

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.