Jadilah Seperti Air

air

JADILAH SEPERTI AIR

Pagi ini dapat email dari ESQ. Isinya bagus sekali. PSBB lagi! Baru saja menikmati indahnya berkumpul bersama orang-orang terdekat, eh ternyata kita diharuskan kembali untuk beraktivitas dari rumah saja.

Perasaan dongkol hingga sumpah serapah mungkin sudah berkecamuk dalam hati. Rasanya mau teriak saja, tapi nanti ANDA disangka tidak waras. Jadinya, stress sendiri deh.

Oleh karenanya, jalanilah hidup seperti air. Bukan berarti pasrah dengan keadaan, namun ANDA bisa menyikapi setiap cobaan secara bijak.

Air selalu menyesuaikan diri dengan wadah dimana ia berada, baik saat ia di dalam gelas maupun di aliran sungai yang deras. Dia tetap bisa beradaptasi, fleksibel dan tahu bagaimana harus bersikap. Begitupun, dengan cara kita hidup.

Kalau ANDA hanya mengikuti perasaan dongkol, ya pasti ANDA akan capek sendiri. Berbeda, apabila ANDA menerima dan belajar menyesuaikan diri pada situasi sekarang. Tentulah, ANDA akan menemukan ketenangan dalam diri.

Yups. Lihatlah air di sekitar ANDA, pada dasarnya air itu tenang. Dengan ketenangan yang ia miliki, ia dapat berani dan sigap dalam menghadapi permasalahan. Air mampu membuat tempat yang kering menjadi basah. Tanah yang tandus menjadi subur. Tetapi air bisa menajdi sumber penyakit bila dia tidak mengalir dan menggenang. Bahkan bisa menjadi sarang nyamuk-nyamuk nakal menetaskan anak-anaknya.

Air ada dalam tubuh manusia. Bila manusia kekurangan air, maka dia akan kehausan dan mengalami dehidrasi. Begitu juga dengan makhluk hidup lainnya. Mereka juga sangat memerlukan air. Air adalah lambang kehidupan. Dunia tanpa air apa jadinya?

Jadilah seperti Air yang mampu beradaptasi dalam kondisi apapun. Terus mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Semoga kita bisa mengikuti filosofi air ini dalam kehidupan yang saling membahagiakan ini.

Salam Blogger Persahabatan
Omjay
Guru Blogger Indonesia
Blog http://wijayalabs.com

Tulisan ini juga disebarkan di:

  1. https://wijayakusumahmpd.gurusiana.id/
  2. https://www.facebook.com/wijaya.kusumah
  3. https://belajarmenulisbersamaomjay.blogspot.com/2020/09/jadilah-seperti-air.html
  4. Jadilah Seperti Air
  5. https://www.kompasiana.com/wijayalabs/5f669ee9097f367765180b43/jadilah-seperti-air-yang-tenang

 

 

Mungkin Anda Menyukai

5 tanggapan untuk “Jadilah Seperti Air

  1. Setuju sekali. Air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yg rendah, jika diibaratkan ketika seseorang meniti kesuksesan dari zero to hero maka hal yang perlu diingat adalah tetap merangkul orang-orang yg ada disekeliling kita yang membuat atau menjadikan seperti yg dirimu inginkan saat ini, tetap rendah hati, dan berbuat kebaikan dengan orang-orang yg kehidupan mungkin tak seberuntung dirimu. Banyak hal yang kita bisa pelajari dari sifat air. Semoga menjadi penebar kebaikan dimanapun kita berada.
    .
    .
    #masihbelajarmenulis

  2. Sangat menginspirasi, Kita memang harus seperti air, agar kita bisa hidup tenang dan nyaman di lingkungan manapun kita berada,.

  3. Air… akan berbahaya jika tempat yang dilewatinya terhalang, air juga akan menjadi bencana jika tekanannya berlebihan….
    Air siap beradaptasi tanpa memilih apapun… Jangan usik ketenangannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.