Jurnal Refleksi Dwi Mingguan 1 Model 4F Calon Guru Penggerak

Salah satu tugas dari Calon Guru Penggerak CGP adalah membuat jurnal refleksi Dwi mingguan. Pada minggu pertama, refleksi mengenai pemikiran-pemikiran pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara KHD

Ada beberapa  model dalam menuliskan jurnal refleksi salah satunya adalah dengan model 4F. Untuk Jutrnal refleksi Dwi Mingguan 1, saya menggunakan model 4F yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway, yang terdiri dari 4 tahap yaitu:

(FACTS/PERISTIWA)

Kegiatan minggu pertama CGP Angkatan 5  dimulai Pembukaan pada tanggal 18 Mei 2022, dilanjutkan orientasi dan pengenalan LMS kemudian dilanjutkan dengan Pretest. Hari berikutnya mulai dari diri membuka LMS dan mempelajari tahap demi tahap alur Merdeka Belajar di LMS. Pengenalan dan pemantapan kembali diberikan melalui Loka Karya 0 (Orientasi). Di Loka Karya ini banyak hal yang didapatkan dari pengajar praktik dan juga bersinergi dengan CGP yang lain. Hari berikutnya  berdiskusi bersama Fasilitastor melalui terkait Modul 1.1 Pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) tentang dasar-dasar Pendidikan. Untuk memantapkan konsep dan mengelaborasi lebih jauh tentang pemikiran KHD maka CGP berdiskusi dengan fasilitator serta berkolaborasi dengan CGP lain untuk mendesain pembelajaran sesuai dengan pemikiran KHD dalam konteks budaya lokal.

Pengetahuan dan pengalaman baru yang saya peroleh setelah mempelajari secara mendalam pemikiran-pemikiran KHD yaitu banyak hal positif yang sangat luar biasa dan seharusnya sudah tertanam dan menjadi dasar bagi seorang pendidik dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya. Pemikiran KHD tentang Pendidikan sejatinya mengubah pola pikir bagaimana pendidikan dan juga pendidik yang menuntun segala  kekuatan kodrat yang ada pada diri anak yaitu kodrat alam dan kodrat zaman. Pemikiran KHD tentang hal tersebut membuka mata dan wawasan saya tentang pendidikan yang selama ini hanya terpaku dengan kurikulum yang berlaku tanpa memperhatikan secara serius tentang Pendidikan sesungguhnya.

FEELINGS/PERASAAN

Perasaan saya sangat senang, gembira dan bangga menjadi bagian dari transformasi pendidikan. Harapan dan kekhawatiran muncul. Harapannya saya bisa mengerjakan semua tugas yang diberikan selama pendidikan guru penggerak dan nantinya menjadi guru penggerak yang bisa menggerakan komunitas dan ekosistem sekolah. Kekhawatirannya tidak bisa membagi waktu untuk keluarga dan tugas –tugas kantor.

Wajar,perasaan tersebut muncul diakibatkan kegiatan-kegiatan yang di LMS setiap harinya. Namun setelah menjalani kegiatan ternyata tidak serumit yang dikhawatirkan. Justru saya senang karena bisa mendapatkan pengetahuan, pengalaman, bahkan teman baru yang luar biasa. Perasaan tertantang muncul akibat tuntutan menyesuaikan diri dengan pembelajaran yang ada dalam LMS awal-awalnya sangat memacu adrenalin. Selain persaan tersebut masih banyak lagi perasaan yang mungkin sulit untuk dideskripsikan, tetapi semua terbalut dalam satu rasa semangat membara untuk menjadi agen transformasi Pendidikan di sekolah, Daerah Kabupaten Pemalang dan juga  Indonesia.

FINDINGS/PEMBELAJARAN

Banyak hal posistif yang saya peroleh dari proses pembelajaran minggu ini, diantaranya pendidik perlu pandai-pandai merefleksi diri terutama melihat kelebihan dan kekurangan diri  untuk kemudian diperbaiki guna mewujudkan merdeka belajar di kelas. Pendidik juga perlu menuntun siswa sesuai kodratnya baik kodrat alam maupun kodrat zamannya, mewujudkan pembelajaran yang menghamba pada siswa serta menggerakan ekosistem sekolah demi mewujudkan merdeka belajar sesuai kearifan budaya lokal.

FUTURE/PENERAPAN

Setelah memahami pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) secara holistik, maka implementasi yang dilakukan adalah melakukan perubahan praktik pembelajaran yang mencerminkan nilai-nilai luhur pemikiran Ki Hajar Dewantara sesuai dengan kultur atau budaya daerah, merancang proses pembelajaran yang sesuai dengan profil pelajar pancasila untuk kemudian dilaksanakan dalam proses pembelajaran di sekolah dengan harapan menumbuhkan profil pelajar Pancasila menciptakan atmosfer positif di lingkungan sekolah dan berkolaborasi dengan teman sejawat.

 

ETIK NURINTO, S.Pd.SD.

Guru Blogger Pemalang

Guru Penggerak Angkatan 5 Kab.Pemalang

Bolg hhtp://etikguru.blogspot.com

Emal : etiknurinto123456789@gmail.com

WA 083134609000

Etik Nurinto

Penulis adalah Guru Blogger Pemalang, seorang guru dan penulis buku, Saat ini mengajar di SD Negeri Pabuaran Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Aktif sebagai teacher, writer and blogger, aktif bergabung dengan beberapa komunitas penulis, aktivis masyarakat,guru berprestasi dan pegiat literasi.Guru Penggerak Angkatan 5 email : etiknurinto123456789@gmail.com WA 083134609000

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.