Karakter Manusia Saat Pandemi covid19

Karakter Manusia Ketika Pandemi Covid 19 Gelombang II
(Sony Teguh T,Pemerhati Lingkungan)

Pandemi Covid 19 gelombang II dengan perkembangan variannya tengah melanda Indonesia dan beberapa Negara. Pada situasi tersebut akan muncul berbagai sikap /perilaku manusia yang pada dasarnya mencerminkan karakter aslinya. Berapa sikap tersebut digambarkan secara ekstrim sebagai berikut ..;

1.Pertama sikap paranoid, dalam menghadapi kondisi pandemi covid 19 dia langsung memproteksi dirinya dengan berbagai cara dan upaya secara berlebihan, hal tersebut merepresentasikan ciri sikap paranoid atau ketakutan yang berlebihan serta reaktif terhadap berbagai informasi yang muncul. Orang dengan ciri tipe ini akan mudah stress namun cendrung patuh terhadap aturan yang ditetapkan.

2.Kedua sikap bebal, berlawanan dengan yang pertama, orang dengan sikap kedua ini tidak peduli terhadap kondisi pandemi dan lingkungan dengan berbagai alasan pribadi (pasrah,tidak percaya adanya C19,dll),sikap ini bercirikan perilaku ; masa bodoh dan hanya melakukan yang diayakininya benar. Orang dengan tipe ini tidak mudah stres tapi cenderung membuat orang lain stress karena cenderung seenaknya sendiri dan memperburuk situasi.

3.Yang ke tiga adalah sikap materialistik, melihat kondisi pandemi covid 19 sebagai peluang untuk berbisnis/berusaha yang potensial/menguntungkan karena adanya kebutuhan manusia yang jumlahnya banyak dan wajib dipenuhi, misalnya ; tabung oksigen,obat, vitamin dll . Kebutuhan tersebut tadinya sifatnya sekunder tapi karena kondisi/dikondisikan menjadi kebutuhan primer (utama). Sikap yang ke tiga ini bercirikan mencari keuntungan sebesar besarnya dengan berbagai cara misalnya ; menimbun barang agar terlihat langka, menaikkan harga setinggi tingginya walaupun dia tau akan membuat penderitaan/menyusahkan orang lain.Orang dengan tipe ini memiliki semangat yang tinggi namun juga cenderung membuat orang lain stress karena sering membuat kondisi ekonomi dan sosial masyarakat kacau.

4.Yang keempat sikap ihklas, sangat bertentangan dengan no 1 dan 3, dia menganggap kondisi pandemi sebagai cobaan yang harus di hadapi bersama namun juga sebagai peluang untuk membangun sikap saling berbagi dengan orang lain.Bila dia melihat adanya peluang usaha maka akan dijalani selain sebagai upaya untuk tetap survive dalam kehidupannya juga sebagai bentuk upaya menolong orang lain dengan berbagai kemudahan sehingga tidak menambah beban orang lain.Orang dengan tipe ini memiliki jiwa sosial yang relatif tinggi,patuh pada aturan dan norma kehidupan yang disepakati. Sikap seperti itu saat ini dapat ditemui pada masyarakat negara-negara yang relatif mulai terbebas dari pandemi covid 19, seperti Selandia Baru,Australia, Brunai Darusalam,Taiwan dan China.

Jadi kita cenderung memiliki tipe karakter yang mana yaa ? 1,2,3,4 atau kombinasi dari 1,2,3,4…..Salam sehat..

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.