Kata Pengantar Buku Jejak Para Penulis Hebat Karya Yanti Yuni Astuti

GURU PENGGERAK INDONESIA - 11 Oktober 2020
Kata Pengantar Buku Jejak Para Penulis Hebat Karya Yanti Yuni Astuti
  
|
Editor

Kata Pengantar

Guru Blogger Indonesia untuk

Buku Jejak Inspirasi Para Penulis Hebat

Buku karya ibu Yanti Yuni Astuti ini adalah sebuah buku yang berisi kumpulan para penulis hebat.  Di dalam bukunya ada cinta di setiap karya ibu Kanjeng, hebatnya kebiasaan Mr. Bams di blog wordpressnya, dan mimpi semudah klik Cikgu Tere yang menjadi nyata. Begitulah keceriaan perkuliahan di WA Group belajar menulis setiap Senin, Rabu dan Jumat.

Pak Roma memotivasi dengan coba, lakukan, budayakan, konsisten (CLBK), Bunda Betti juaranya entrepreneur yang berani mencoba usaha mandiri sehingga mampu mengelola sekolah. Buku Digital Mindset Ala Bu Iin, Buku Karya Nora Si Penulis Muda, Melangkah Bersama Karya Akbar yang luar biasa, Ilmu Pak Sigit yang tak pernah habis sebagai amal dunia. Sungguh sangat memotivasi kami para penulis pemula. Tak terasa kisah inspiratif mereka begitu sangat berharga.

Dalam buku ini juga ada Ibu Salma Sang Motivator Sejati, Hal menarik kala Prof. Ekoji yang enerjik bercerita, menulis dengan cinta bapak Alpiyanto, Buku Social Presence Bukti hadirnya ibu Muda, Buku Diary ibu Ditta yang menyongsong era baru pendidikan, Juga prinsip dan kunci sukses Ibu Jamila yang akhirnya melahirkan buku di penerbit mayor.

Satu ide datang untuk sebuah tulisan, disampaikan pak Dedi Dwitagama, seorang pendidik yang Multitalenta. Ada pak Namin, Founder Brand Motivator Pendidikan. Beliau mengajarkan personal branding untuk guru, pengalaman sebagai inspirasi berharga Ibu Eva, dan Pak Roma yang kembali Ber-CLBK membuat buku ini banyak meninggalkan jejak inspirasi para penulis hebat.

Penulis buku ini hebat sekali merangkai kata. Ibu Yanti Yuni Astuti lahir di Rembang, 18 Juni 1979 Jawa Tengah. Beliau berprofesi sebagai guru di SDN Bogorejo Sedan, Rembang.  Sebagai blogger telah membuat blog pertamanya di http://yantiyunia.blogspot.com.

Baca Liannya  Inilah Buku yang Sedang Dicari Banyak Guru Indonesia

Kesuksessan tidak datang begitu saja, ada proses yang terlibat didalamnya. Setiap kesuksessan pasti membutuhkan proses dan suatu proses bisa berjalan sesuai harapan bila disertai dengan usaha dan perjuangan. Maka, jangan lelah untuk berproses.

Masa-masa sulit dikarenakan pandemi covid-19 membuat pemerintah merubah pola pembelajaran di Indonesia. Berbagai model pengelolaan kelas melalui sistem dalam jaringan telah diterapkan guna mensukseskan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Menjadi sebuah tantangan bagi guru untuk berusaha keras belajar menggunakan berbagai akses internet untuk mempermudah kegiatan pembelajaran sebagai bagian dari profesi guru. Mempelajari cara pembuatan dan penggunaan website dan blog adalah solusi pilihan yang tepat bagi guru dalam mengelola kelas jarak jauh.

Setiap ide bisa muncul tanpa mengenal waktu dan tempat. Setiap orang pasti mengalami sebuah proses untuk bisa membaca dan menulis sesuai perkembangan usianya yaitu diawali dari usia pendidikan dasar berlanjut di sekolah tingkat berikutnya. Berbagilah kisah menarik di blog, karena dengan berbagi akan memberikan motivasi kepada penulis lainnya bahwa lama kelamaan akan menjadi tulisan yang luar biasa. Setiap orang pasti mempunyai mimpi yang besar dalam hidupnya. Mimpi itu akan terwujud, jika kita mau bersungguh-sungguh berusaha dalam doa dan ikhtiar, maka akan ada jalan untuk mewujudkannya.

Peribahasa mengatakan bahwa banyak jalan menuju roma memang benar adanya. Menuju sebuah keinginan yang mungkin sulit untuk kita raih tetapi dengan kemauan yang konsisten maka harapan dan impian tersebut pasti akan mudah kita gapai meskipun banyak aral melintang jalan untuk mendapatkannya. Selagi kita bisa berkarya, berkiprah, lakukanlah! Kalau itu memang bagus, maka hati kecil kita tak mungkin mengingkarinya.

Baca Liannya  Guru Ibarat Garam

 

Kesuksesan tidak datang secara instan tetapi kesuksesan lahir dari sebuah proses dan perjuangan. Berdiam diri dan berangan-angan saja tidak akan menjadikan harapan itu menjadi nyata. Sukses memang pilihan hidup tetapi tidak semua orang mendapatkan keberkahan itu. Sukses adalah bagian dari takdir kehidupan, hasil dari setiap jerih payah atas segala usaha yang dicapai. Menulislah, karena dengan menulis dan berkarya adalah caramu untuk hidup 1000 tahun lagi. Jika kita berani bermimpi, dan mau membayar impian itu dengan penuh kesungguhan, kerja keras, dan doa yang terus menerus, Insya Allah kita akan sampai pada apa yang kita cita-citakan. Begitulah pesan dari para narasumber yang saya baca dalam buku yang bagus ini.

Menulis itu sebenarnya terdiri dari dua sisi; MENTAL dan KETERAMPILAN. Antara MAU dengan MAMPU. Menurut pengalaman, MENTAL ini jauh lebih penting. Kalau orang MAU berjuang, maka tulisannya akan cepat selesai walaupun kemampuannya hanya biasa-biasa saja. Sebaliknya, kalau bermalas-malasan walaupun kualitas tulisannya baik, maka akan sulit untuk cepat selesai. Terkadang sukses itu memang harus dipaksa. Kalau kita tidak pernah memaksa diri kita, rasanya sulit kita akan berhasil.

Kuncinya hanya satu yaitu paksa diri untuk menulis. Tulis apa saja yang ada di kepalamu niscaya pasti ada manfaatnya bagi sejumlah orang di tanah air. Kalimat sederhana,”If you can dream it, you can do it”. Jika kamu bisa memimpikannya maka kamu bisa melakukannya. Seburuk apapun suatu kejadian, bila dilihat dengan hati dan pikiran positif dengan bersandar kepada Allah, maka hasilnya luar biasa.

Baca Liannya  MENUJU PRIBADI UNGGUL

Menulis adalah cara kita untuk merencanakan sesuatu. Untuk ide, kita bisa memilih apa saja. Bisa perihal persiapan, ibadah yang menjadi persiapan sampai menuliskan pengalaman orang yang pernah mengalaminya. Dengan demikian rasa ketertarikan untuk menulis akan ada terus. Ibarat sebuah lego, tulisan akan tersusun dan menjadi bangunan yang bagus karena kita bisa menggabungkan beberapa ide dalam tulisan.

Ketika kita menulis dengan niat berbagi, maka akan ada jalan dimana Allah akan membukakan jalan dan mempertemukan kita dengan orang-orang hebat yang luar bisa menginspirasi dan selalu berbagi. Semakin dibagi maka akan semakin tak terbatas. Hilangkan keraguan yang ada, hargai potensi kita sebagai mahluk ciptaan Allah yang sempurna dan memiliki bakatnya masing masing. Yakinkan dalam diri bahwa batu hambatan yang ada dalam diri harus bisa kita pecahkan dengan penuh semangat.

Ketika semangat itu menyala dengan baik, maka semua halangan rintangan juga akan terlewati dengan baik. Selalu yakin bahwa Allah melihat kesungguhan kita dan dengan ihtiar memulai menulis, maka Allah akan buka simpul-simpul ide dalam diri kita. Ikuti saja alurnya dengan baik,  biarkan dia larut dalam kegilaan menulis dan jangan dibendung. Niatkan semuanya untuk berbagi, maka kita akan kaya dengan banyak ide. Jadikan Allah sebagai satu-satunya penolong, jaga semangat, maka target menulis 1 buku akan terwujud.  Move on atau bergeraklah terus untuk menulis. Suatu saat akan dibuktikan pergerakan itu mengantarkanmu pada tujuan. Yakinkan diri dan buktikan bahwa kita pasti bisa.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Guru Blogger Indonesia

Blog http://wijayalabs.com

Tinggalkan Komentar


Terpopuler

JUMLAH PENGUNJUNG WEB

  • 0
  • 12
  • 2.081
  • 10.120
  • 632.349
  • 112.386
Close Ads X
Jelajahi

.

.

.

.