*KEMATIAN SEBAGAI HADIAH*

_NABI MUHAMMAD SAW bersabda, *”Kematian adalah hadiah yang sangat berharga bagi orang yang beriman.”* (HR Muslim). Oleh karena itu, sambutlah kematian dengan sukacita karena kematian mengakhiri penderitaan di dunia.

🌹 AKAN tetapi, apa yang telah kita perbuat di dunia akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak. Dunia ini ibarat sebuah penjara bagi orang yang beriman, dan surga bagi orang yang mendambakan dunia.

🌷 RASULULAH SAW bersabda, *_”Banyak-banyaklah mengingat mati sebab mengingat mati itu menghapuskan dosa dan mengkikis ambisi seseorang terhadap dunia serta cukuplah mati sebagai pemberi peringatan.”_* (HR Bukhori Muslim).

🌼 SEPERTI yang mereka sangkakan bahwa ketika manusia sudah meninggal dunia, berarti urusan mereka sudah kelar. Tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan, segala hal yang menyakitkan tidak lagi dirasakan.

🥀 HINGGA tidak sedikit manusia yang berpahaman demikian dengan memilih bunuh diri. Itu dilakukan untuk mengakhiri hidupnya, demi ketenangan seperti yang mereka sangkakan.

🌺 PADAHAL, yang sebenarnya terjadi bukanlah demikian. Kematian adalah awal dari segala sesuatu. Awal dari kehidupan selamanya penuh kebahagiaan di dalam Surga. Dan awal dari kehidupan selamanya penuh kesengsaraan di dalam Neraka.

🌸 SEBAGAIMANA hal tersebut Allah nyatakan di dalam Alquran. Bahwa setiap manusia akan diberi ganjaran di akhirat sesuai dengan amalan yang dilakukannya selama di dunia.

✍️ *_“Barangsiapa mengerjakan perbuatan jahat, maka dia tidaklah dibalas melainkan sebanding dengan kejahatan itu. Dan barangsiapa yang mengerjakan amal yang salih baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka mereka akan masuk Surga, mereka diberi rezeki di dalamnya tanpa hisab.”_* (QS. Ghofir: 40).

💐 KENYATAAN inilah yang ada di hadapan kita saat ini. Manusia sedang berada dalam suatu kurungan dan mereka tidak akan terlepas dari kurungan itu hingga saatnya nanti.

🌻NAMUN, ketika mereka begitu terlepas dari kurungan sementara (dunia), mereka kembali berada dalam suatu kurungan yang lebih luas dari kurungan sebelumnya (akherat). Bahkan, di akhirat mereka lebih kekal dan abadi selamanya.

🌺 KARENA sudah tidak akan ada lagi kematian. Siapa pun yang sudah memasuki negeri akhirat akan tetap hidup selamanya.

🌸 *_Ya Allah, Tuhan kami. Kami mohon kepada-Mu surga dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka._*