KETIKA PUJIAN DATANG

*KETIKA PUJIAN DATANG*

 

_KADANG-KADANG kita tidak dapat berkelit dari pujian manusia. Tatkala dipuji, hati tengah diuji. Sebab, pujian memang terasa nikmat di hati. Berdesir halus, menyelinap di dasar hati, lalu membolak-balik niat ke jurang kesalahan. Perlu diingat bahwa saat pujian datang, hati mesti dikelola._

 

🌺 BIASANYA seseorang tergelincir ke dalam sifat ujub, riya, dan sebagainya karena pujian. Itu lantaran kita tidak bisa mengelola hati saat menerim pujian.

 

🌺 KITA selalu diajarkan bahwa tidak ada pujian yang berarti selain pujian kepada Allah dan tidak ada celaan yang berarti, selain celaan dari Allah. Sebab, Dialah Dzat yang mengetahui kondisi hamba-Nya lahir batin.

 

🌺 ALLAH berfirman, *_”Janganlah kalian memuji-muji diri kalian sendiri. Sebab, Dialah yang paling tahu siapa yang bertakwa.”_* (Q.S. An-Najm: 32)

 

🌺 MEMUJI dan dipuji adalah hal manusiawi. Namun, saat tergila-gila dengan pujian, sungguh kita telah kehilangan kesadaran diri. Tanpa sadar, kita akan selalu memperindah topeng agar orang lain terkesan dengan perbuatan baik atau kelebihan yang kita miliki.

 

🌺 PADAHAL sebaik-baik manusia adalah yang senantiasa memuji Allah. Allah berfirman, *_”Sesungguhnya Akulah Allah, tidak ada Tuhan kecuali Aku. Maka, sembahlah Aku dan dirikanlah salat untuk mengingat Aku.”_* (Q.S. Thaha: 14).

 

🌺 KADANG-KADANG kita tidak dapat berkelit dari pujian manusia. Tatkala dipuji, hati tengah diuji. Karena pujian memang terasa nikmat di hati. Berdesir halus, menyelinap di dasar hati, lalu membolak-balik niat ke jurang kesalahan. Saat pujian datang, hati mesti dikelola.

 

🌺 SAAT pujian datang, sikap kita adalah yang berikut ini.

 

1️⃣ Mengucapkan alhamdulillah. *_“Segala puji bagi Allah, Rabb pemelihara alam.”_* (Q.S. Al-Fatihah: 2).

 

2️⃣ Singkirkan rasa sombong yang berdesir menyusup di hati dengan mencurigai diri sendiri. Kita bisa berbuat baik dan memiliki kelebihan karena Allah yang memampukan kita, bukan karena kita yang hebat

 

3️⃣ Kita berdoa dan minta pertolongan Allah agar kita terlepas dari rasa harap terhadap pandangan makhluk.

 

🌺KETIDAKMAMPUAN mengelola pujian dapat memantik rasa sombong dan riya. Tipu daya yang muncul dari penyakit hati.

 

🌸 *_SEMOGA Allah senantiasa rida menganugerahkan kepada kita semua: ampunan atas dosa-dosa kita, keselamatan dan rahmat, kesehatan dan kebahagiaan, umur panjang penuh berkah, rezeki halal, serta kemudahan mengarungi kehidupan dunia._*

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.