Keutamaan Hari Jumat di Akhirat

GURU PENGGERAK INDONESIA - Juli 9, 2021
Keutamaan Hari Jumat di Akhirat
  
|
Editor

*KEUTAMAAN HARI JUMAT DI AKHIRAT*

_HARI Jumat, hari terbaik dalam sepekan. Allah menyediakan banyak keutamaan di hari Jumat: pahala, ampunan, dan pengabulan doa. Hari Jumat menjadi sangat istimewa bagi seorang hamba dengan ibadah dan amal salih. Kelak di akhirat, hari Jumat akan menjadi hari yang dinantikannya. Kelak Allah menambahkan kemuliaan, nikmat, dan melihat Wajah-Nya yang agung._

๐ŸŒท HARI Jumat merupakan hari yang dianjurkan untuk memaksimalkan ibadah. Hari itu memiliki kelebihan daripada hari-hari selainnya dari sisi ibadah yang wajib dan sunah.

๐ŸŒน ALLAH menjadikan hari khusus bagi pemeluk setiap agama untuk ibadah di dalamnya dan menjauhkan diri dari kesibukan dunia. Hari Jumat adalah hari ibadah.

๐ŸŒธ KEDUDUKAN hari Jumat di antara hari-hari lain adalah seperti bulan Ramadhan di antara semua bulan. Waktu ijabah (terkabul doa) di hari Jumat seperti Lailatul Qadar di Ramadhan.

๐ŸŒป ITULAH sebabnya, siapa pun yang hari Jumatnya baik dan lurus, selamat dan lurus pula dirinya sepanjang satu pekannya. Siapa pun yang baik dan lurus Ramadhannya, baik pula dirinya sepanjang satu tahun itu.

๐ŸŒบ SIAPA pun yang baik dan lurus hajinya, akan baik pula seluruh umurnya. Hari Jumat adalah barometer dirinya selama sepekan. Ramadhan barometer kehidupan satu tahun. Dan haji barometer umurnya.

๐Ÿ’ KELAK penduduk surga begitu menanti-nantikan datangnya hari Jumat. Hari tersebut dinamakan Yaumul Maziid, yaitu hari tambahan. Dalam hadis panjang, Rasulullah SAW bersabda mengisahkan tentang keadaan penduduk surga.

Baca Liannya  Kumpulkan Karya Hebat Bapak dan Ibu Guru yang Menawan

ูู„ูŠุณูˆุง – ุฃูŠ ุฃู‡ู„ ุงู„ุฌู†ุฉ – ุฅู„ู‰ ุดูŠุกู ุฃุญูˆุฌ ู…ู†ู‡ู… ุฅู„ู‰ ูŠูˆู… ุงู„ุฌู…ุนุฉู ุ› ู„ูŠุฒุฏุงุฏูˆุง ููŠู‡ ูƒุฑุงู…ุฉู‹ ุŒ ูˆ ู„ูŠุฒุฏุงุฏูˆุง ููŠู‡ ู†ุธุฑู‹ุง ุฅู„ู‰ ูˆุฌู‡ู‡ ุชุจุงุฑูƒ ูˆ ุชุนุงู„ู‰ ุ› ูˆ ู„ุฐู„ูƒ ุฏูุนูŠ ูŠูˆู… ุงู„ู…ุฒูŠุฏ
*_โ€œPenduduk surga tidaklah membutuhkan sesuatu yang melebihi kebutuhan mereka akan hari Jumat. Karena mereka akan memperoleh tambahan kemuliaan di hari itu. Pada hari itu pula mereka bisa meraih tambahan (kenikmatan dengan) melihat wajah Allah Yang Mahasuci dan Mahatinggi. Itulah sebabnya hari tersebut dijuluki Yaumul Maziid (yaitu hari menambah kemuliaan dan kenikmatan).โ€_* (Shahih at-Targhib: 3761).

๐ŸŒผ MAKA, layaknya orang beriman yang mendambakan kedatangan Jumat di akhirat selayaknya pula mereka bergembira ketika bertemu hari Jumat di dunia. Yaitu dengan menambah ibadah, ketaatan, dan amal salih di hari yang mulia itu.

๐Ÿฅ€ DI antara bentuk ketaatan yang bisa menjadi tambahan amal salih yang disunahkan di hari Jumat adalah seperti yang di bawah ini.

โœ… Menjaga salat fardhu berjamaah; khususnya salat subuhnya.
โœ… Menjaga salat Jumat.
โœ… Membaca Alquran, khususnya Surah Al-Kahfi.
โœ… Memperbanyak salawat dan salam atas Rasulullah SAW.
โœ… Memperbanyak zikir.
โœ… Memperbanyak doa, terutama antara Ashar sampai terbenamnya matahari.
โœ… Memperbanyak sedekah dan amal salih lainnya.

๐ŸŒธ *_Ya Allah , aku berserah diri pada-Mu, berikan aku rezeki dan cukupkan aku. Selamatkan aku dari sesuatu yang menyakitiku. Engkau adalah satu-satunya pelindung terbaikku. Dan cukupkanlah aku dengan anugerah-Mu dan jadikanlah aku dari para wali-Mu_*

Author Profile

Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah
Latest entries
Baca Liannya  Inilah 3 Guru Blogger yang Beruntung di Gelombang 16 Guru Menulis PGRI

Tinggalkan Komentar

JUMLAH PENGUNJUNG WEB

  • 0
  • 129
  • 1.995
  • 12.053
  • 586.566
  • 92.408
Close Ads X
Jelajahi

.

.

.

.