Konsisten Ngeblog 11 Tahun

GURU PENGGERAK INDONESIA - 23 September 2020
Konsisten Ngeblog 11 Tahun
  
|
Editor

Saya ceritakan  bagaimana awalnya saya ngeblog. Pertengahan tahun 2009, saya menginjak masa akhir SMA. Teman saya mengajak saya untuk membuat blog. Saya diperkenalkan blog blogspot (blogger.com). Awalnya saya tidak tahu apa gunanya blog. Apakah fungsinya sama seperti facebook ? Lama kelamaan saya mulai tahu bahwa blog sebagai media publikasi online. Bisa berupa tulisan, gambar, atau video.

Namun dahulu saya masih bingung mau memposting apa. Saya sendiri belum merasa memiliki passion menulis. Maka yang saya lakukan adalah menulis ulang artikel-artikel unik yang terdapat pada koran/tabloid.  Bahkan saya juga melakukan dosa besar yaitu mengcopy paste artikel dari web/blog lain. Tentu hal itu tidak untuk dicontoh. Ketika itu saya belum teredukasi mengenai haramnya copy paste artikel blog orang lain. Masih untung, blog saya tidak di banned oleh google.

Jadi jelas saya membuat blog karena diajak teman, bukan karena keinginan sendiri. Maka pertanyaan selanjutnya adalah mengapa tetap mau ngeblog sampai sekarang ?  Mengenai hal itu, kata kuncinya adalah motivasi.

Saya memiliki motivasi berbeda-beda dari masa ke masa yang membuat saya tetap mau ngeblog. Di awal masa ngeblog, motivasi saya adalah statistik blog. Saya merasa senang jika blog saya punya banyak pengunjung. Selain itu saya juga senang jika banyak halaman saya yang berhasil tembus halaman pertama google. Komentar pengunjung juga menambah semangat ngeblog. Bisa dilihat bahwa motivasi tersebut berorientasi pada hasil yang dicapai dari ngeblog.

Berbeda dengan motivasi ngeblog sekarang ini. Orientasinya adalah target. Dunia blog mengalami tren yang menurun dan digantikan dengan tren vlog dan youtuber. Banyak blogger yang meninggalkan blog dan beralih menjadi youtuber. Hasil-hasil yang dicapai dari ngeblog pun mulai pudar. Maka motivasi saya sekarang ini adalah untuk memenuhi target. Jadi jika tidak mendapat hasil yang memuaskan, setidaknya kita memenuhi target-target sederhana yang kita tetapkan sendiri. Dengan terpenuhinya target tersebut, semangat kita untuk ngeblog masih terjaga.

Baca Liannya  ENAM LANGKAH MENULIS BUKU

Dahulu  saya menargetkan untuk memposting minimal seminggu sekali. Namun jujur saja bahwa tidak mudah mempertahankan konsistensi menulis di blog, apalagi sampai tahun ke-11  di tengah tren yang sudah berubah. Ditambah lagi sebelum bergabung dengan grup menulis Om Jay, saya tidak punya grup/komunitas blogger. Tidak ada orang lain yang memberi dukungan dan semangat untuk menulis.  Dengan kondisi seperti itu maka saya turunkan target saya setidaknya ada postingan setiap bulan. Walaupun  tidak sesering saat awal-awal ngeblog, setidaknya konsistensi untuk tetap menulis di blog masih terjaga.

Tinggalkan Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG WEB

  • 0
  • 0
  • 2.000
  • 12.078
  • 619.286
  • 107.313
Close Ads X
Jelajahi

.

.

.

.