MOTIVASITULISAN GURU PENGGERAK INDONESIA

Literasi dan Eksistensi

Pena lebih tajam dari pedang begitulah perumpamaan yang sering digunakan untuk menggambarkan bagaimana dahsyatnya kata-kata yang diumpamakan dengan pena dapat memprovokasi nurani seseorang  melalui tulisan-tulisan yang dapat mengguncang dunia.

Demikianlah yang dilakukan oleh Ikatan Guru TIK PGRI dalam upaya mengembalikan TIK  sebagai mata pelajaran kembali dan tidak diganti dengan prakarya beberapa tahun yang lalu.  Menulis online di media sosial menjadi salah satu cara yang dipilih dalam menyampaikan pesan perjuangan.

Onno Widodo Purbo salah satu pembina di Ikatan Guru TIK banyak memberi masukan dalam upaya mengembalikan TIK sebagai mata pelajaran kembali.  Pak Onno banyak memberikan inspirasi kepada guru TIK. Bantuan dan dukungan mengalir dari berbagai kalangan. Perjuangan demi perjuangan dilakukan. Ikatan Guru TIK berjuang lewat tulisan di online dan bersama PGRI menemui Mendikbud.

Adalah Wijaya Kusumah atau biasa dipanggil Om Jay, yang aktif menulis di dunia maya, juga ikut ambil bagian dalam perjuangan guru TIK ini.  Dan menunjukkan pada kita  bahwa kekuatan  kata-kata itu ternyata dahsyat sekali. Tulisan beliau banyak dibaca orang lain. Termasuk juga pejabat di Kemdikbud.  Perjuangan yang dilakukan tidak hanya melalui menulis online tapi juga bertemu langsung dengan Mendikbud yang pada waktu itu dijabat oleh Anies Baswedan. Bersama rekan-rekan beliau diterima secara resmi di kantornya setelah melakukan demo di media sosial.  Menyuarakan bahwasanya TIK tidak cukup sekedar bimbingan seperti yang pernah disampaikan Pak Onno dalam sebuah tulisannya di  media cetak. Perjuangan guru-guru TIK dalam usahanya mengembalikan TIK sebagai mata pelajaran dibangun melalui dahsyatnya tulisan dan pada akhirnya melahirkan aksi nyata yang luar biasa.

Kiranya kisah perjuangan guru TIK ini dapat menjadi inspirasi bagi kita untuk tetap bersemangat dalam berliterasi karena melalui tulisan, eksistensi diri kita diakui, menunjukkan bahwa kita ada.  Tentunya dengan terus berusaha menjadi konten kreator dan mampu menciptakan informasi baru . Merubah paradigma kita selama ini. Dari yang hanya download menjadi upload. Dari yang hanya sekedar unduh menjadi unggah. Manfaatkan berbagai media sosial hingga dunia tahu bahwa kita ada.

#Let’s show your exixtence

 

Author Profile

eko indri

Related Articles

4 Comments

  1. Buah Pena kan Terukir sepanjang jaman…
    Salam Hormat buat Pak Onno. Dulu THN 2011 sempat Mendampingi Pak Menteri ke Klungkung.. Tempat Tiwi.
    Oleh Pak Menristek. ,Tiwi dikasi HADIAH NOTE BOOK..KRN MENJAWAB VPERTANYAAN PAK MENTERI DG BENWR.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Admin
Chat Admin
Close