WEBINAR / LOMBA

Literasi Melesatkan Guru Bergerak Tanpa Batas

This image has an empty alt attribute; its file name is literasi.gif

Ada yang menggelitik hati dengan tema yang diangkat dalam Lomba Blog untuk Guru Indonesia dalam rangka memeriahkan hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2021.

 

Sudah Layakkah Saya Menjadi Guru Penggerak?

Selintas tema yang diangkat terkesan sederhana akan tetapi ketika pertanyaan itu ditujukan kepada guru, mereka ragu.  Jika menjawab yes takut dibilang kepedean sedangkan ketika menjawab no sejatinya seluruh guru sejak  memutuskan untuk mengabdikan diri sebagai pendidik maka mereka telah menjadi ‘Guru Penggerak.’

 

Peluncuruan Merdeka Belajar Guru Penggerak Kemendikbud

Sejak peluncuran Program Guru Penggerak Kemendikbud pada Maret 2020 lalu sebagai salah satu Program Merdeka Belajar. Kata ‘Guru Penggerak’ menjadi booming. Dalam peluncuran Program Guru Penggerak Mas Nadiem Makarim selaku Mendikbud mengatakan Guru Penggerak merupakan program yang berfokus pada dampak hasil belajar murid melalui pengembangan kepemimpinan dan pedagogis 10 kebijakan Merdeka Belajar.

 

Berikut Peluncuran Merdeka Belajar Episode Guru Penggerak

 

Lima Peran Guru Penggerak

Pada laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/ Guru Penggerak memiliki 5 peran yaitu :

  1. Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya.
  2. Menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah.
  3. Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah.
  4. Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antar guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran,
  5. Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah.

Jika melihat 5 Peran Guru Penggerak di atas saya yakin sebagian  telah Bpk/ibu guru laksanakan.

Awal 2010 ketika saya diangkat menjadi guru di sekolah negeri keterlibatan saya dalam kegiatan sekolah terus diikutsertakan. Sebagai seorang guru Mapel TIK ketika itu semua kegiatan yang berbasis IT disekolah diserahkan kepada saya selaku Guru TIK. 

 

Bergerak Dalam Lingkungan Internal Sekolah

Berawal dari peluncuran Dapodik, PMP, UNBK yang sekarang menjadi ANBK serta aplikasi kepegawaian seperti SIM PKB, MySAP BKN  dll, rekan guru di sekolah sering bertanya kepada saya bagaimana cara menggunakan aplikasi yang berkenaan dengan data kepegawaian. Begitu juga dengan aplikasi/tools pembelajaran.

Berikut link Kegiatan Pelatihan Membuat Blog Untuk Guru dalam internal sekolah.  

Selain itu pula, mengajak siswa untuk meningkatkan semangat literasi dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

 

Literasi Melesatkanku Bergerak Tanpa Batas

Sejak pandemi tahun lalu berawal dari coba-coba mengikuti Kelas Belajar Menulis membuat saya terus bergerak dalam bidang literasi. Selesai mengikuti Kelas Belajar Menulis PGRI undangan  sharing pengalaman tentang kepenulisan berdatangan baik itu sebagai alumni di Kelas Belajar Menulis maupun Komunitas Menulis seperti:  Komunitas LAGERUNAL,  AISEI dan Guru Pena.

 

Berbagi Dalam Kelas Public Speaking

Mendapat kesempatan mengisi dalam  Kegiatan Public Speaking yang diadakan oleh APKS PGRI yang bekerjasama dengan KOGTIK dengan tema Tutorial Tools Pembelajaran Daring dan Luring.

 

Selain itu mendapat kesempatan mengisi workshop Membuat Blog Untuk Pemula dalam Komunitas AISEI dalam rangka Perayaan HUT AISEI yang ke-2.  

 

Membersamai Pejuang PPPK 

Semangat berbagi membuat saya kembali diundang sebagai moderator dalam kegiatan webinar APKS edisi malam Minggu. Sejak Pertengahan Februari 2021, akhir pekan saya habiskan membersamai rekan-rekan guru yang ingin belajar.

Menjelang seleksi PPPK tema webinar Sabtu malam dikhususkan pada Bedah Soal PPPK. Animo guru pejuang PPPK sangat luar biasa hingga acara selalu pecah. Seribu partisipan memadati zoom dan ribuan via youtube. Kegiatan ini telah terlaksana selama 11 kali pertemuan yang telah saya rangkum  ke dalam blog pribadi. 

This image has an empty alt attribute; its file name is webinarpppk-1.gif

Bedah Soal PPPK 1

Bedah Soal PPPK 2

Bedah Soal PPPK 3

Bedah Soal PPPK 4

Bedah Soal PPPK 5

 

 

 

Bergerak Lewat Blog dan Youtube

Saat ini selain eksis menulis lewat blog dengan berbagi tulisan baik itu tentang pendidikan, materi pembelajaran , tutorial, cerpen saya juga berbagi materi melalui media youtube.

Berikut daftar blog tulisan yang telah saya posting diberbagai platform:

  1. www.ritapinang.my.id
  2. www.catatangurumilenial.wordpress.com
  3. https://www.kompasiana.com/ritapinang

Berikut beberapa konten materi yang saya share lewat youtube:

 

 
 
 
 
 

 

 
Tutorial-1
Tutorial-2
Tutorial-3
Tutorial-4

Untuk melihat materi lainnya klik di sini

Melihat jumlah pengunjung dan total view yang terus bertambah meyakinkan saya untuk menjadi Guru Penggerak bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Ayo! Bapak/ibu guru seluruh Indonesia mari kita terus bergerak. Kita semua bisa menjadi Guru Penggerak baik secara resmi melalui Program Guru Penggerak Kemendikbud maupun Menjadi Guru Penggerak di luar Kemendikbud.

Mulailah Bergerak dari lingkungan sekolah dengan berbagi ilmu baik itu untuk siswa maupun rekan guru. Sharing pengalaman, materi pembelajaran lewat tulisan di blog dan youtube agar semakin banyak yang mendapatkan manfaatnya.

Bpk/ibu guru mari kita tingkatkan semangat berbagi dan menginspirasi karena kita semua adalah Guru Penggerak.

 

PROFIL PENULIS

Rita Wati,  lahir di Tanjung Pinang pada tahun 1402 Hijriyah. Ibu dari seorang anak ini memiliki Motto Belajar sepanjang hayat

Penulis berprofesi sebagai  guru di SMP Negeri 2 Mendoyo Kabupaten Jembrana Provinsi Bali.

www.ritapinang.my.id

Related Articles

14 Comments

      1. your writing opens my mind that being a teacher is not merely only teaching inside the classroom, but to share things we have, like sharing beneficial information like you do is helping and inspiring other people to become a good “teacher”👍

  1. Luar biasa, sejatinya guru adalah pengerak di dunia pendidikan. Namun sahabatku ini adalalah salah satu contoh guru yg terus bergerak dan berbagi ilmu. Sehingga dapat mengerakan guru yg lain juga termasuk saya. Mulai bergerak walau sering tersendat.

Back to top button