Malam Pertama Belajar Public Speaking

GURU PENGGERAK INDONESIA - 6 Januari 2021
Malam Pertama Belajar Public Speaking
Public Speaking  
|
Editor

Public Speaking

MALAM PERTAMA BELAJAR PUBLIC SPEAKING

Hari Kamis tanggal 31 Desember 2020 saya mengecek isi whatsApp yang terbaru. Ternyata benar adanya. Disana ada kiriman WA baru, tiba-tiba ada Grup WEBINAR MENULIS ARTIKEL yang dibuat oleh P Mul PGRI, Coba saya cek isinya. Eh…ternyata ada undangan chat grup Belajar bicara PGRI 2 yang isi dari WA tersebut adalah :

Bapak/Ibu Yth, mohon izin menyampaikan informasi https//chat,whatapp.com/LwnmXYhhL69sHVNFAh19d, yuk gabung bersama kami dalam kegiatan belajar bicara PGRI dengan sertifikat 36 jam dan 18 kali pertemuan pukul 19.00-21.00 wib hari Selasa dan Kamis. Kita belajar lewat aplikasi ZOOM. Dan diminta untuk bergabung ke grup tersebut.

Lalu saya mencobanya untuk bergabung di grup tersebut dengan cara meng-klik link yang ada. Aha…ternyata nama saya dimasukkan di grup sahabat Omjay PGRI.

Akhirnya saya mulai klak klik jari jemari Handphone yang ada. Saya mulai mencoba menyapa dengan salam, sebagai orang yang beragama dan sebagai orang Timur yang selalu memberi salam, Assalamualaikum dan mulai memperkenalkan diri.

Saya Sri Rahayu dari Situbondo, mengajar di SMP Negeri 1 Prajekan Bondowoso, Salam Kenal salam Literasi salam Blogger untuk Bapak/Ibu semua yang tergabung di grup ini . Terimakasih Omjay sudah memberikan kesempatan pada Saya. walau Saya masih belum banyak pengalaman seperti teman-teman yang ada di grup ini, semoga Saya bisa mengejar ketertinggalan mampu berbicara seperti Bapak/Ibu yang hebat. semua yang baru tergabung tentunya diminta untuk memperkenalkan diri. Dan dari sini kita sudah saling menyapa dan memberikan informasi-informasi terbaru.

Baca Liannya  Bercakap-cakap dengan OmJay

Ada yang mulai muncul Bapak/Ibu yang hebat. Yang sudah menelorkan karya-karyanya berupa produk buku-buku dengan judul yang beraneka. ada blogger Indonesia yaitu Omjay. dan banyak lagi ilmu yang saya dapatkan di grup Sahabat Omjay PGRI ini.

Setelah waktu berganti , ditanggal 2 Januari 2021, pukul 19.00 wib untuk masuk dan join Zoom meeting. Disana ada acara bincang santuy. Bicara ini ternyata latihan untuk menuju hari Selasa tanggal 5 Januari 2021 pukul 19.00 wib untuk mengikuti acara ” Belajar Bicara ( Public Speaking ) dan intip buku pakai Aplikasi zoom dengan Narasumber Public Speaking orang-orang pilihan dan pengalaman yang sangat banyak serta hebat.

Untuk malam ini, Rabu tanggal 5 Januari 2021 adalah Bapak Namin AB Solihin. sebagai Narasumber., Acaranya dimulai dari perkenalan satu persatu anggota grup ini, termasuk saya diberi kesempatan berbicara walaupun suara terputus-putus kata Pak Namin. dan Pak Namin menyampaikan cara bicara yang benar, dimana anggota grup di beri ilmu kiat sukses dalam berbicara yaitu : Harus menginspirasi, dapat menggerakkan dan meneladani. MasyaaAllah luar biasa !

Mengapa kita harus belajar berbicara?, Karena semua profesi membutuhkan kemampuan Public Speaking. Jadi kemampuan Public speaking ini wajib dimiliki jika ingin menjadi pribadi di atas rata-rata, apalagi ingin naik kelas.

Ada ilmu lagi yang diberikan oleh Bapak Namin yaitu COMMUNICATION SKILL ( Keterampilan Berkomunikasi ) ada 3 macam yaitu :

1. Keterampilan Komunikasi Tulisan

2. Keterampilan Komunikasi Lisan

3. Keterampilan Komunikasi Non Verbal ( Body Languae )

Baca Liannya  RAPAT TIM OMJAY

Hal yang mempengaruhi efektifitas Komunikasi yang paling berpengaruh adaah Body Languange sebanyak 50%, Tone of Voice 40%, dan Word 10%

Dan terakhir yang bisa Saya ambil hikmah dari acara Public Speaking dan tak mungkin saya lupakan adalah ” Ilmu yang sederhana yang mudah dipahami dan bisa menggerakkan hati peserta lebih baik dibandingkan dengan ilmu yang tinggi namun disampaikan dengan jlimet , tidak mudah dimengerti oleh peserta “.Kata Bapak Namin. Terimakasih atas ilmu yang ditularkan kepada kami. Semoga Barokah ilmunya dan bermanfaat untuk banyak orang.

Rangkuman dari Belajar Bicara/ Public Speaking

Situbondo, 5 Januari 2021
SRI RAHAYU
SMPN 1 Prajekan Bondowoso

4 Komentar pada “Malam Pertama Belajar Public Speaking”

  1. Nunung Komalasari berkata:

    Barokalla Pak Wijaya…

  2. badi subadi berkata:

    sukses terus semangat long life education

  3. RUSWANDIONO berkata:

    Selalu berani mencoba dan berusaha membuang pemikiran negatif adalah suatu langkah positif yg jarang dimiliki oleh semua orang, sukses buat anda…. bu Sri Rahayu

  4. RUSWANDIONO berkata:

    Selalu berusaha berani mencoba sesuatu hal baru utk berinovasi yang jarang dimiliki oleh semua orang, sukses untuk anda b. Sri Rahayu…..

Tinggalkan Komentar


Terpopuler

JUMLAH PENGUNJUNG WEB

  • 0
  • 1
  • 1.957
  • 9.819
  • 632.507
  • 112.460
Close Ads X
Jelajahi

.

.

.

.