BUKUPEMBELAJARANTULISAN GURU PENGGERAK INDONESIA

Mengenal Bahasa Pemograman C++.

Wijaya Ksuumah

Kata Pengantar Omjay Guru Blogger Indonesia

Seorang kawan di dunia maya (Darmanto) meminta omjay untuk membuat kata pengantar untuk buku terbarunya. Beliau mengirimkan pesan di WA. “Ini nomor saudara saya omjay. Mohon izin nomor WA omjay saya berikan ke orangnya, biar bisa kontak langsung dengan penulisnya”.

Namanya S. Syufyanto Minggele, S.Kom. Beliau guru di SMKN 6 Kota Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT).  Judul bukunya menarik tentang bahasa pemograman C++.  Isinya mengenal  cara  menggunakan  bahasa  pemrograman C++ dengan menggunakan C++ Builder dan mengenala pernyataan masukan dan keluaran dalam C++.

Bahasa C pertama kali diciptakan pada tahun 1972 oleh Brian W. Kernighan dan Dennis M. Ritchie. Perkembangan bahasa C adalah C++ yang diciptakan tahun Bjarne Stroustrup sekitar tahun 1983. Beberapa yang mengeluarkan bahasa C++ adalah Microsoft dan Borland. Dalam pembuatan modul praktikum ini yang digunakan sebagai acuan adalah Borland C++ versi 5.

Bikin program ibarat belajar menulis. Menulis itu bila dilakukan terus menerus akan menjadi kalimat yang sangat manusiawi. Saya kira pada dasarnya semua manusia selalu mempunyai ide-ide segar.  Hanya saja menuangkan dalam bentuk tulisan yang menjadi kendala.  Bahkan konsistensi menuangkan ide-ide dalam bentuk tulisan (seperti halnya melukis, naik sepeda,dll) harus terus menerus diasah.  Semakin banyak menulis semakin kaya pengalaman dan bahan. Begitu juga bila anda belajar bahasa pemograman C++.

Dalam buku ini juga dikenalkan mengenal cara menggunakan pernyataan seleksi (kondisional) dalam C++.  Tujuannya agar siswa dapat membuat algoritma untuk memecahkan permasalahan tertentu yang harus diselesaikan menggunakan pernyataan kondisional, menggunakan pernyataan if, dan menggunakan pernyataaan switch. Lengkap dengan contoh-contohnya.

Buku ini juga mengenalkan cara menggunakan pernyataan perulangan dalam C++. Tujuannya agar siswa dapat membuat algoritma untuk memecahkan permasalahan tertentu yang harus diselesaikan menggunakan pernyataan perulangan, dan menggunakan pernyataan while, do..while, dan for.

Salah satu proses yang ada dalam pemrograman adalah proses perulangan. Proses perulangan adalah suatu proses di mana komputer akan mengeksekusi satu atau lebih pernyataan berulang kali sampai suatu kondisi yang ditentukan terpenuhi. Pernyataan perulangan (operasi kalang) dalan C ++ terdapat 3 pernyataan yaitu while, do..while, dan for. Pernyataan while dan do..while digunakan jika jumlah perulangannya belum pasti, sedangkan pernyataan for digunakan jika jumlah perulangannya sudah pasti. Hal ini diulas tuntas dalam buku ini.

Buku ini juga mengenalkan cara menggunakan tipe data larik dalam C++. Dengan tujuan agar siswa dapat membuat algoritma untuk memecahkan permasalahan tertentu yang harus diselesaikan menggunakan larik, membuat program dengan menggunakan larik (array). Array adalah tipe data yang terdiri dari sekumpulan data/elemen yang mempunyai tipe yang sama. Array secara garis besar dibedakan menjadi array dimensi satu dan array multi dimensi (lebih dari 1 dimensi). Dalam modul praktikum ini hanya akan dibahasa sampai pada array dimensi dua.

Saya baca kembali isi buku ini. Mengenal cara menggunakan fungsi dalam C++ juga dijelaskan dengan detail. Hal ini bertujuan agar siswa dapat membuat algoritma untuk memecahkan permasalahan tertentu yang harus diselesaikan menggunakan fungsi, membuat sub program menggunakan fungsi, membuat program lengkap yang mengandung fungsi, Mengenal penggunaan proses rekursif di dalam C++.

Tujuan lainnya adalah agar siswa dapat membuat algoritma untuk memecahkan permasalahan tertentu yang harus diselesaikan menggunakan rekursif,  membedakan proses yang bersifat iterative dan rekursif, membuat program lengkap yang mengandung rekursif, Mengenal penggunaan struktur di dalam C++. Buku ini juga mengajak agar siswa dapat membuat algoritma untuk memecahkan permasalahan tertentu yang harus diselesaikan menggunakan struktur dan membuat program dengan menggunakan struktur.

Semoga buku yang bagus ini bisa menjadi dahaga siswa Indonesia untuk belajar bahasa Pemograman C++. Bangsa kita masih kekurangan programer, dan buku ini semoga dapat membantu generasi emas Indonesia belajar menjadi programer.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay Guru Blogger Indonesia

Blog http://wijayalabs.com

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Chat Admin
Chat Admin
Close