Menjadi guru yang mampu menggerakkan

GURU PENGGERAK INDONESIA - 3 Maret 2021
Menjadi guru yang mampu menggerakkan
  
|
Editor

Menjadi Guru yang mampu menggerakkan semoga bisa anda lakukan. Anda harus mampu belajar sepanjang hayat dan mau melayani dengan hati, hanya memberi tak harap kembali.

Usai acara Public Speaking for teacher dalam kegiatan belajar bicara PGRI, saya melakukan refleksi diri.

https://youtu.be/vI3CN_AmLls

Selama ini saya belum menjadi guru yang baik. Saya masih menjadi guru kebetulan karena cita cita saya bukanlah menjadi guru.

Pesan Mas Aris Ahmad Jaya malam ini bagus sekali.

https://youtu.be/vI3CN_AmLls

Terus terang saya mendapat banyak pencerahan malam ini. Banyak motivasi yang saya dapatkan agar menjadi guru tangguh berhati cahaya.

Saya langsung pesan buku terbaru Mas Aris Ahmad Jaya yang berjudul mengajar gaya motivator dan seperti biasanya buku beliau selalu menginspirasi dan menjadi buku best seller.

Sebentar lagi kegiatan guru belajar bicara selesai. Tak terasa malam ini sudah pertemuan ke 17 dan besok lusa hari Kamis sudah pertemuan ke 18. Semua peserta yang hadir selama 18 kali pertemuan dan membuat resumenya akan mendapatkan sertifikat 36 jam. Pak Fajar sudah membuatkan disain sertifikatnya dan siap dibagikan buat peserta yang telah membuat resumenya dengan baik.

Bagi peserta yang ketinggalan tak perlu khawatir. Sebab pak Fajar sudah menyiapkan chanel youtubenya sehingga bapak ibu yang ketinggalan info dapat menonton acara siaran ulang Public Speaking for teacher melalui channel youtube yang sudah kami buat. Bapak ibu tinggal menyimaknya saja dan menuliskan resumenya.

Ikatlah ilmu dengan cara menuliskannya. Itulah cara saya menyimpan ilmu yang diberikan oleh para narasumber belajar bicara PGRI.

Baca Liannya  Jangan Tertipu Oleh Usia Muda

Sewaktu mengajukan program ini kepada ibu ketua umum PB PGRI, Prof. Unifah Rosyidi, saya belum menghubungi semua narsumnya. Namun saya yakin para narsum nasional itu mau berbagi ilmunya di PGRI. Adanya dukungan dari ibu ketua umum PB PGRI membuat saya optimis program ini berbuah manis.

Meskipun secara matematika saya harus mengeluarkan biaya ratusan juta, tapi berkat izin Allah dan kemurahan hati para narsum, program ini dapat berjalan dengan baik.

Saya berharap semakin banyak guru yang mampu menggerakkan guru lainnya setelah mendapatkan materi kegiatan belajar Bicara PGRI. Saya akan undur diri sejenak menyelesaikan desertasi yang belum selesai.

Semoga ada banyak guru yang siap menggantikan peran saya di dalam kegiatan belajar bicara. Seperti halnya kegiatan belajar menulis yang sudah berhasil melahirkan para penulis baru dan menerbitkan buku. Bahagia rasanya melihat kawan kawan guru mendapatkan mahkotanya. Buku adalah mahkota seorang penulis.

Masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Mari kita kerjakan bersama agar terasa ringan. Kolaborasi itu indah dan pekerjaan yang berat menjadi terasa ringan. Jadilah guru yang mampu menggerakkan guru lainnya.

Webinar semalam sungguh sangat menginspirasi saya dan menyadarkan saya untuk menjadi guru betulan bukan guru kebetulan.

Pesan mas aris ahmad jaya sangat bagus sekali.

  1. Balon terbang bukan karena warnanya tetapi karena isinya.
  2. Pohon tumbuh besar bukan karena minyak wangi tapi karena pupuk yg kotor dan bau sekali
  3. Saya dan anda tidak pernah gagal. Yg gagal adalah peristiwanya. Anda harus berubah.
  4. Tidak ada gunung yang lebih tinggi dari lutut selama anda ada diatas puncaknya, artinya butuh proses kita harus bergerak.
  5. Bersandarlah pada dzat yang tidak butuh sandaran, yaitu Sang maha pencipta.
Baca Liannya  Buku Mendesain Intellectual Journey via Prosiding

Miliki tujuan lalu fokus dan komitmenlah. Rubahlah dirimu dari guru nyasar dan guru bayar menjadi guru sadar. Guru yang menyadari perannya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru yang dicintai peserta didiknya. Guru yang diizinkan untuk mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan peserta didiknya.

WEBINAR PGRI LIVE ON YOUTUBE

Resep Cespleng Mengajar Gaya Motivator
Selasa, 2 Maret 2021 pukul 19.00 WIB

live streaming di Youtube
https://youtu.be/vI3CN_AmLls

Terima kasih kepada kawan kawan yang berada dalam tim belajar menulis dan belajar bicara. Kalian adalah guru guru hebat Indonesia yang saya kenal di dunia maya. Semoga kita bisa jumpa di dunia nyata sebelum ajal menjemput. Aamiin.

Salam Blogger persahabatan
Omjay
Guru Blogger Indonesia
Blog http://wijayalabs.com

 

3 Komentar pada “Menjadi guru yang mampu menggerakkan”

  1. Bahrudin Rembang Jawa Tengah berkata:

    Jiooos om. jay 👍👍

  2. Lusia Wijiatun berkata:

    Terimakasih kembali omjai, yang sudah menyediakan fasilitas belajar menulis online,saya jadi penulis walau belum hebat hehehe.semoga Omjai sehat selalu.Amin.

  3. Hermin, S.Th berkata:

    Terimajasih Omjai,
    Guru yang mampu mengherakkan sdalan guru ysng mampu membimbing peserta didiknya mengenali dirinya dengan mengenal potensi dalam dirinya sehingga dapat berupaya untuk mengembangkan potensinya. Ia juga mengenal kelemahannya sehingga berkomitmen untuk memperbaiki.

Tinggalkan Komentar


Terpopuler

JUMLAH PENGUNJUNG WEB

  • 0
  • 169
  • 2.238
  • 10.277
  • 632.506
  • 112.459
Close Ads X
Jelajahi

.

.

.

.