MENOLONG SESAMA DI MASA PANDEMI

ALLAH berfirman, “Barang siapa memberi pertolongan dengan pertolongan yang baik, niscaya dia akan memperoleh bagian dari (pahala)-nya. Dan barang siapa memberi pertolongan dengan pertolongan yang buruk, niscaya dia akan memikul bagian dari (dosa) nya. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.” (QS An-Nisa: 85).

🥀 HANTAMAN badai pandemi Covid-19 belum berakhir. Masih banyak air mata mengalir. Kesusahan dan kepayahan masih terus bergulir. Banyak saudara kita yang berada dalam kesulitan, bahkan hanya untuk sekadar makan.

💐 SAAT ini ketidakpastian karena pandemi telah menjelma menjadi keresahan dan kekhawatiran. Kita dihadapkan pada ketakutan, kehilangan, dan kekurangan. Namun, ingatlah bahwa ini bagian dari kehendak Allah..

🌸 ALLAH berfirman, “Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.” (Alquran Surah Al-Baqarah ayat 155).

🌻 SAAT ini diperlukan kepedulian. Meringankan beban mereka yang sedang membutuhkan uluran tangan. Agama mengajarkan kepedulian dan kepekaan terhadap sesama. Bantuan yang kita berikan akan mengurangi kesukaran mereka.

🌼 KEPEDULIAN kita akan menjadi amal kebaikan. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa yang membantu seorang Muslim (dalam) suatu kesusahan di dunia, Allah akan menolongnya dalam kesusahan pada hari kiamat dan barang siapa yang meringankan beban seorang Muslim yang sedang kesulitan, Allah akan meringankan (bebannya) di dunia dan akhirat.” (HR Muslim).

🌷 HADIS tersebut mengajarkan kita untuk menolong sesama, menolong orang yang kesusahan. Mengulurkan bantuan kepada sesama yang dalam penderitaan. Membantu mereka agar tersibak kembali kehidupan. Jangan biarkan saudara, tetangga, dan sesama resah.

🌺 KITA harus peka terhadap saudara yang sedang susah. Kita berusaha untuk membantu sesama, meskipun kita juga sedang payah. Memberi saat kita lapang adalah hal yang baik, tetapi berbagi saat kita sedang sempit pun adalah hal yang luar biasa.
.
🌹 NABI MUHAMMAD SAW bersabda, “Muslim yang satu dengan Muslim yang lainnya seperti sebuah bangunan, saling menguatkan antara yang satu dengan yang lainnya.” (HR Bukhari dan Muslim).

🌸 DENGAN kebersamaan, kita akan bisa mengatasi kesusahan. Dengan menolong sesama, kita akan mendapatkan kebaikan.Yuk kita berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada sesama, kita akan mendapatkan pahala.

🌸 Ya Allah, Tuhan kami. Aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir, serta aku berlindung kepada-Mu dari dikembalikan kepada umur yang paling hina, yakni kepikunan. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah dunia dan fitnah kubur.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar