*MENUTUPI KESALAHAN DENGAN KEBAIKAN*

_SELAMA hidup di dunia manusia tidak akan terlepas dari kesalahan yang berupa perbuatan buruk, yakni salah dan dosa. Ini merupakan ketetapan Allah yang telah ditakdirkan kepada manusia. Ini pun merupakan tanda bahwa manusia bukanlah makhluk paling sempurna._

🌺 MESKI begitu, Allah telah memberikan jalan agar manusia dapat menghapus kesalahan (keburukan) yang telah diperbuat tersebut. Nabi Muhammad SAW bersabda, *_“Bertakwalah kepada Allah di mana kamu berada, iringilah keburukan dengan kebaikan niscaya menghapusnya dan pergaulilah manusia dengan akhlak yang baik.”_* (H.R. Turmuzi).

🌺 AMALAN pertama adalah bertakwa kepada Allah di mana pun seseorang berada. Ini merupakan asas diterimanya segala amal salih. Hakikat takwa adalah melaksanakan semua perintah Allah dan meninggalkan semua larangan-Nya.

🌺 AMALAN ini dilaksanakan dengan penuh ketaatan karena iman dan mengharapkan pahala dari-Nya. Pun pula, takwa itu meninggalkan maksiat karena takut kepada Allah dan azabnya.

🌺 MELATIH diri untuk selalu berada di dalam ketakwaan merupakan kewajiban. Orang yang bertakwa senatiasa selalu mencerminkan perilaku mulia serta berusaha menghindari hal-hal yang menjadikan Allah murka.

🌺 ALLAH menjanjikan kebahagiaan dan kemudahan bagi orang yang bertakwa. Selain itu, Allah pun berjanji akan menghapus kesalahan dan dosanya yang telah berlalu. Hal itu sesuai dengan firman Alah di ini, *_“Barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya.”_* (QS Ath-Thalaq ayat 5).

🌺 DI samping itu, amalan lain yang juga harus dilaksanakan adalah bergaul dengan manusia dengan akhlak yang baik. Agama mengajarkan tentang betapa pentingnya menjalin pergaulan terhadap sesama dengan akhlak yang baik. *_“dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu”_* (Q. S. An-Nisa ayat 1).

🌸 *_SEMOGA Allah senantiasa menganugerahkan kepada kita semua: keselamatan, rahmat, kesehatan dan kebahagiaan, umur panjang penuh berkah, rezeki halal, dan kemudahan menjalani kehidupan._*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *