MENYAMBUT TAHUN BARU ISLAM 2020

GURU PENGGERAK INDONESIA - 31 Agustus 2020
MENYAMBUT  TAHUN BARU ISLAM 2020
  
Penulis
|
Editor

Tahun Baru Islam tahun 2020 bertepatan  1 Muharram1442 Hijriah, jatuh besok hari Kamis tanggal 20  Agustus 2020. Momentum ini disambut gegap gempita oleh umat islam seluruh dunita. Begitu pula dengan warga di dusunku. Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin diadakan doa bersama yang dipimpin oleh pengasuh Pondok Pesantren tersebut. Setelah ba’da maghrib  warga sekitar pondok pesantren  dan para santri melakukan doa bersama dengan khusuk. Sedangkan warga dusun Bendo desa Ngadirejo yang berada paling timur, melaksanakan doa bersama di gang kecil dekat persawahan. Warga menyiapkan tumpeng dan takir plonthang sebagai wujud syukur menyambut 1 Muharram.

Dalam sambutannya pengasuh pondok Hidayatul Mubtadiin menjelaskan bahwa bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang dimuliakan Allah SWT. Bulan lainnya yang dimulaikan Allah adalah bulan Dzulqaidah, bulan Dzulhijjah dan bulan Rajab. Amalan-amalan ibadah yang dilakukan di bulan haram tersebut pahalanya akan dilipatgandakan. Kemuliaan keempat bulan tersebut terkandung dalam surat at Taubat ayat 36 yang artinya: Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah adalah 12, dalam ketetapannya Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi di antara bulan haram. Itulah (keterangan) agama ynang lurus, maka janganlah menganiaya diri sendiri dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kemusrikan itu semua sebagaimana mereka memerangi semuanya. dan ketahuilah bahwasannya Allah beserta orang-orang yang bertaqwa.

Sedangkan di WhatsApp Group guru Fiqih memosting doa yang harus dibaca anak waktu  maghrib. Beliau mengirimkan sebuah pesan indah: Seangkuh dan sehebat apapun kita di atas hamparan sajadah juga dahi kita, bersujud. Secantik dan setampan apapun kita . kain putih juga yang akan membalut tubuh kita. Sekaya dan sebanyak apapun harta kita (emas berlian), tidak akan dibawa menghadap illahi. Segagah dan  sekuat apapun kita berjalan dan berlari, pada akhirnya tetap di usung juga. Seramai dan sebanyak apapun teman-teman kita. Namun kita akan pergi seorang diri jua, suatu hari nanti. Semoga ada hijrah dalam diri kita, menjadi hamba-hamba Allah yang terbaik. Ya, allah terimakasih atas karuniamu jadikanlah langkah hidup kami selalu istiqomh dijalanMu. Ya allah, jadikanlah baik, akhir seluruh perkara kami, dan lindungilah kami dari kehinan dunia dan azab akhirat. Ya allah dalam menyongsong Tahun Baru Islam 1442 hijriah ini tetapkan kami sebagai hamba yang istiqomah. Dan berikanlah kami kebaikan di dunia dan akhirat dan lindungi kami dari api neraka. Aamiin. Selamat Tahun Baru 1442 H.

Baca Liannya  Kiat Sukses Menulis

Tinggalkan Komentar


Terpopuler

JUMLAH PENGUNJUNG WEB

  • 0
  • 5
  • 1.961
  • 9.823
  • 632.511
  • 112.463
Close Ads X
Jelajahi

.

.

.

.