Nasi Uduk Kebun Kacang

GURU PENGGERAK INDONESIA - 6 Oktober 2021
Nasi Uduk Kebun Kacang
  
|
Editor

Nasi uduk

Saya tidak tahu siapa yang memberi nama nasi uduk. Setiap daerah punya menunya masing-masing dan ada yang diaduk. Kalau di Jakarta akan lebih nikmat dengan semur tahu dan semur jengkol. Ditambah bumbu kacang yang pedes membuat nasi uduk lebih enak dimakan dan lidah pasti kesenggol.

Kami menyebutnya nasi uduk Betawi. Paling terkenal nasi uduk kebun kacang di wilayah kami. Ditambah ayam goreng atau lele goreng dengan sayuran lalapan membuat rasa nasi uduk menjadi bintang lima dengan harga kaki lima.

Kata orang Jakarta, ente belom ke Jakarta bila belum menikmati nasi uduk kebon kacang. Setiap hari selalu saja ada orang yang datang menyantap makanannya. Sekarang sudah banyak cabangnya. Termasuk juga di tempat saya di Rawamangun Jakarta Timur. Dari yang bermobil sampai pejalan kaki pasti mampir ke sana. Tadi pagi saya makan nasi uduknya hanya sembilan ribu rupiah saja. Dengan uang kurang dari sepuluh ribu, anda bisa menikmati sensasi nasi uduk Betawi.

Kapan anda ke Jakarta? Kalau ke Jakarta jangan lupa menelpon saya. Akan saya ajak anda keliling kota Jakarta. Mau nasi uduk sampai soto Betawi tinggal anda pilih saja. Anda akan berfoto di depan Monas yang banyak pengunjungnya. Membuat panas yang melihat foto narsis anda sudah pergi ke Monas di Jakarta. Di sana Anda akan mendengar suara bung Karno berpidato sangat bersahaja.

Kembali ke nasi uduk. Hampir setiap daerah sekarang sudah ada nasi uduknya. Rasanya sedikit berbeda. Tergantung bumbu yang dirasakannya. Bagi saya nasi uduk Betawi tiada duanya. Bahkan ada loh nasi uduk tiga ribuan!

Baca Liannya  Info Pembekalan dan Persiapan Gupres Berprestasi

Untuk membuat nasi uduk sekarang gampang. Istri saya paling suka membuatnya. Pakai rice cooker sudah bisa jadi dan menunggu saja. Entah bahan apa yang dimasukkannya. Katanya rahasia. Kalau diketahui orang lain nanti namanya berubah. Bukan nasi uduk mamah Intan Berlian lagi.

Pagi ini saya sarapan nasi uduk di dekat sekolah. Ada jalan kecil untuk warga di samping sekolah. Ada penjual nasi uduk di sana. Rasanya tak kalah dengan nasi uduk kebun kacang Jakarta. Apalagi nasi uduk buatan istri saya. Lidah anda pasti tergoda.

Saya tak mau perpanjang cerita saya pagi ini. Sebab kepala sekolah sudah bicara. Hari ini kami latihan soal anbk. Ada pengawas dari sekolah lain datang ke sekolah kami di Labschool Jakarta. Nasi uduk menjadi menu utamanya.

Salam blogger persahabatan
Omjay
Klik https://wijayalabs.com

Tinggalkan Komentar


Terpopuler

JUMLAH PENGUNJUNG WEB

  • 0
  • 169
  • 2.238
  • 10.277
  • 632.506
  • 112.459
Close Ads X
Jelajahi

.

.

.

.