Pembelajaran Berbasis Aktivitas

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. (UU No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS).

Bagaimana sistem pendidikan nasional dapat memastikan bahwa semua siswa memiliki akses yang sama untuk Pendidikan berkualitas selama krisis yang belum pernah terjadi sebelum ini? Untuk memastikan semua akses pendidikan yang dan berkualitas, kita sebagai warga negara harus memiliki peran aktif,  karena peran pendidikan tidak hanya dari pemerintah. Peran pendidikan juga didorong orang masyarakat, tokoh masyarakat, sekolah, dan pemerintah. Hal ini jika sinergi maka pendidikan akan terwujud dan berlangsung secara keberlangsungan bersama.

Perencanaan proses pembelajaran meliputi penyusunan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang memuat identitas mata pelajaran, standar kompetensi (SK), kompetensi dasar (KD), indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan sumber belajar. (Permendiknas RI  No. 41 Tahun 2007).

Belajar dari Rumah Melalui Pembelajaran Jarak JauhSurat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020.

1.Memberikan pengalaman belajar  yang bermakna bagi siswa, tanpa  terbebani tuntutan menuntaskan  seluruh capaian kurikulum  kenaikan kelas maupun kelulusan.

2.Memfokuskan pada pendidikan  kecakapan hidup antara lain  mengenai pandemi Covid-19.

3.Memberikan variasi aktivitas dan  tugas pembelajaran belajar dari  rumah antarsiswa, sesuai minat  dan kondisi masing-masing,  termasuk mempertimbangkan  kesenjangan akses/fasilitas belajar  dari rumah.

4.Memberikan umpan balik  terhadap bukti atau produk  aktivitas belajar dari rumah yang  bersifat kualitatif dan berguna bagi  guru, tanpa diharuskan memberi  skor/nilai kualitatif.

Peran penting guru dalam pembelajaran pada saat pandemi;

  • membantu siswa menghadapi ketidakpastian yang disebabkan oleh pandemi
  • melibatkan siswa untuk terus belajar meskipun kegiatan sekolah normal terganggu.

Pembelajaran Berbasis Aktivitas adalah strategi pembelajaran dengan pendekatan/ pradigma induktif yang berorientasi pada murid yang dilakukan melalui penggunaan model dan metode belajar tertentu.

Model dan metode yang dapat digunakan dalam Pembelajaran Berbasis Aktivitas yaitu;

-Problem solving

-Project

-Diskusi

-Simulasi

-Percobaan

-Dan lain-lain

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *