Rahasia Sukses Menjadi Penulis

RAHASIA SUKSES MENJADI PENULIS

(Sebuah Kata Pengantar dari Guru Blogger Penggerak Indonesia)

Buku karya Ibu Winarti dengan judul Sukses Menjadi Penulis membuat saya menemukan sebuah rahasia dalam menulis. Sebuah rahasia yang saya temukan setelah membaca habis buku yang bagus ini.  Kesuksesan pasti akan anda raih bila mengikuti apa yang disampaikan para penulis hebat yang ada di dalam buku ini.

Pada dasarnya semua orang itu dapat menulis. Tetapi apakah bisa orang itu menulis dalam satu minggu jadi sebuah buku? Jangankan hanya satu minggu, berminggu-minggu,  berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, ada yang belum menulis sebuah buku. Tidak bisa terbayang bagaimana bisa menulis hanya dalam satu minggu saja.

 

Menurut Prof. Richardus Eko Indrajit yang berprofesi sebagai dosen sekaligus konsultan pendidikan mengatakan bahwa menulis buku dalam satu minggu itu caranya mudah. Kita harus mampu mendisrupsi diri sendiri dan langsung menulis pada pokok permasalahan. Untuk itu mesti ada trik jitu menulis buku dalam seminggu. Beberapa guru sudah membuktikan ilmu ini dan berhasil menrbitkan bukunya.

 

Supaya kita fokus terhadap apa yang kita tulis, maka jangan menulis terlampau lama (kecuali Anda membuat penelitian atau tulisan dokumenter). Paling lambat 100 hari sudah harus jadi. Karena kalau lama-lama, kita kehilangan fokus, dan ilmu yang mau kita sharing sudah berkembang dan berganti lagi isunya. Jika terlalu lama menulis akan lelah, jenuh, yang akhirnya kita tidak fokus dalam menulis. Prof. Eko Indrajit menawarkan, ayo menulis buku dalam seminggu.

 

Dalam menulis tidak selamanya berpatokan pada 5W+1H. Rumus 5W+1H adalah untuk penulis awal yang ingin belajar menulis, karena sifatnya deskriptif, tapi sangat filosofis. setiap isu apapun, secara filsafat, harus bisa dijelaskan dalam 5W+1H. Kalau sudah biasa menulis deskriptif, barulah mulai menulis yang sifatnya: eksploratif, komparatif, arguentatif, persuasif, dan lain sebagainya. What, Where, When, Who, Why dan How adalah sekedar panduan dalam menulis berita dan cerita.

 

 

Contohnya: kalau isunya COVID-19, saya yakin dengan 5W+1H, kita bisa membuat satu buku dalam seminggu, apalagi ada banyak referensi di internet saat ini. Kita bisa menemukan banyak informasi di belantara dunia maya. Musuh menulis adalah diri sendiri. Motivasi hanya dapat dibangun dari dalam diri sendiri, oleh karena itu, sering dikatakan, pilihlah sesuatu yang anda SUKAI dan KUASAI. Jika sudah terbiasa dengan 5W+1H, maka kegiatan menulis lainnya menjadi mudah.

 

Menulis adalah cara kita menyampaikan buah pikiran lewat tulisan. Jadi pada dasarnya semua tulisan adalah baik, karena dilakukan dari hati. Kita pasti  mempunyai banyak hal yang ingin diceritakan kepada orang lain, tulis saja apa yang ada di kepala kita. Tidak perlu takut tulisan kita kurang bagus, kualitas menulis itu ditentukan oleh pembacanya. Dan pembaca itu macam-macam karakternya.

 

 

Untuk itu kita harus mempunyai percaya diri bahwa kita itu mampu untuk menulis. Hal yang penting kita terus belajar supaya tulisan kita semakin berkualitas. Jika kita menulis untuk kakek-kakek, maka akan  berbeda bahasanya dengan kalau menulis untuk generasi anak-anak sekarang. Kualitas menulis adalah masalah jam terbang, lama-lama akan menjadi bagus sendiri. Sebab menulis adalah sebuah keterampilan.

 

 

Setiap orang pada dasarnya bisa menulis kalau ada kemauan dan mau belajar. Ayo jangan ditunda-tunda lagi tulislah gagasan cemerlangmu bisa dalam bentuk artikel dan sampaikan lewat majalah suara guru. Artikel itu merupakan suatu karangan ilmiah yang bersifat faktual dan lengkap dengan panjang karangan tertentu yang ditulis untuk dipublikasikan lewat media massa dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur pembaca.

 

 

Rasa malas sering menghantui kita untuk berkarya. Hilangkan rasa malas itu dan mulailah untuk menulis.  Seorang penulis  yang baik itu biasanya adalah pengamat dan pencatat yang baik. Karena terbiasa mencatat apa yang dilihat, didengar, dan dirasakan, kemudian dituangkan menjadi sebuah tulisan atau karya. Seorang penulis akan menulis meski tidak membawa alat perekam, alat tulis, maupun laptop. Mencatat dibenaknya dapat dilakukan di mana saja. Di kantin, di kantor, di kafe, bahkan ketika di atas motor yang sedang dikendarainya atau di balik kemudi mobil yang sedang disetirnya. Begitulah sedikit rahasia menjadi penulis sukses yang akan dapatkan dalam buku karya ibu Winarni ini.

 

Tentu Anda akan lebih mudah menuliskan sesuatu yang disukai. Tuturkan segala yang ada secara sederhana dengan cara Anda. Salah satu yang membuat seseorang tidak mampu menghasilkan tulisan yang baik adalah karena mencoba memasukkan kata atau kalimat yang membuat pembaca tidak paham pesan apa yang dimaksud dalam tulisan itu. Menulis itu untuk dibaca oleh orang lain. Oleh karena itu, pesan dalam tulisan harus jelas dapat dipahami oleh pembaca. Jika menulis dengan kalimat yang tidak simpel, maka tujuan pesan Anda dalam tulisan tidak pernah tersampaikan. Bahkan hanya membuat kening pembaca berkerut. Kalau sudah begitu, rahasia menjadi penulis sukses tidak akan pernah anda temukan.

 

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Guru Blogger Indonesia

Blog http://wijayalabs.com

 

 

 

Mungkin Anda Menyukai

17 tanggapan untuk “Rahasia Sukses Menjadi Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.