Resensi dan Wawancara Penulis Buku Bunga Rampai Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Buku Bunga Rampai Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (15 tahun berkarya, 2006-2020) adalah sebuah buku yang ditulis oleh Ibu Nurlaila Tussubha. Penerbit bukunya adalah CV. Putri Agung Mandiri yang bekerjasama dengan Nurul Amanah Publishing, HP. 0813-9851-1932 dengan alamat email nurulamanahpublishing@gmail.com. Saat ini beliau aktif menjadi anggota IGTKI dan pengurus PGRI Padang Panjang, Sumatera Barat.

Awalnya saya tidak begitu tertarik dengan buku ini. Sebab cover bukunya sangat sederhana sekali. Ada foto anak-anak atau murid Taman Kanak kanak sedang bermain di halaman sekolah. Mereka menggunakan seragam sekolah dan sangat bahagia bermain di sekolahnya. Sesuatu yang agak sulit kita dapatkan di era pandemi covid-19, karena semua sekolah ditutup untuk sementara untuk menghindari wabah corona yang semakin cepat penyebarannya.

Saya sempat bertanya kepada ibu Nurlaila. Apa yang membuat ibu tertarik dengan menerbitkan buku bunga rampai ini? Lalu beliau menjawab dengan bagus sekali dan diluar dugaan pikiran saya.

Beliau menjawab dengan sangat terstruktur.

  1. Saya ingin sekali memiliki hal manfaat yang bisa dinikmati oleh banyak orang terutama dalam mendidik anak usia dini sebagai fondasi pendidikan selanjutnya.
  2. Banyak diantara kawan guru yang takut menulis, padahal menulis menjadi tuntutan bagi seorang guru dalam peningkatan karir.
  3. Saya ingin berbagi pengalaman kepada rekan guru anak usai dini.
  4. Sulit rasanya menjadi sebuah karya jika jurnal setiap edisi hilang atau berlalu. Agar menjadi karya yang utuh, maka saya kumpulkan dan Alhamdulillah bisa lebih asyik dalam menjadikan sebuah referensi.

Dari jurnal ilmiah yang ibu Nurlalila buat. Jurnal tahun berapa yang paling berkesan? Beliau menjawan Tahun 2009. Alasannya, aspek bahasa. Seakan masih terbayang anak-anak yang menjadi objek penelitian. Apa yang membuat ibu senang menjadi guru PAUD? Sangat menantang dan selalu penasaran dengan tumbuh kembang anak.

Selama jadi guru paud dan taman kanak-kanak. Apa yang paling sulit ibu rasakan? Merubah perilaku yang menunjukkan pentingnya pendidikan anak usia dini. Karena yang masih berkembang sekarang adalah, para guru dan orang tua mengakui paud itu penting. Namun belum merubah perilaku dalam memperlakukan anak usai dini, agar menjadi generasi emas.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Guru blogger Indonesia

Blog http://wijayalabs.com

 

 

Mungkin Anda Menyukai

3 tanggapan untuk “Resensi dan Wawancara Penulis Buku Bunga Rampai Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.