TIDAK ELOK KITA SUKA MENGELUH

*TIDAK ELOK KITA SUKA MENGELUH*

_TIDAK elok, tidak seharusnya kita suka mengeluh akan kehidupan kita. Sebab, jika berpikir jernih, kita tidak akan pernah sanggup menghitung kenikmatan yang kita rasakan selama ini. Kenikmatan yang diberikan oleh Allah yang tidak akan pernah sanggup dihitung oleh siapa pun. Dengan banyaknya kenikmatan selama ini, tidaklah elok, tidaklah pantas jika kita suka mengeluh._

🌺 MEMANG, tabiat manusia pada umumnya adalah suka mengeluh. Hal itu sebagaimana firman Allah di bawah ini.

1️⃣ *_”Sungguh, manusia diciptakan bersifat suka mengeluh.”_* (QS. Al-Ma’arij 70: Ayat 19).

2️⃣ *_“Apabila dia ditimpa kesusahan dia berkeluh kesah,”_* (QS. Al-Ma’arij: Ayat 20).

🌺 DEMIKIANLAH kecenderungan sifat manusia. Apabila keluh kesah itu masih dalam batas kewajaran, tidak akan menjadi masalah bagi diri sendiri maupun orang lain.

🌺 NAMUN, apabila mengeluh dijadikan kebiasaan setiap menanggapi suatu hal, akan menjadi hambatan mental yang cukup berarti. Hambatan mental seringkali jauh lebih berat daripada hambatan fisik.

🌺 PADAHAL, kalau kita mengetahui bahwa hal tersebut adalah ketetapan Allah. Bahwa sebenarnya bagi orang beriman telah tersedia surga yang kekal selamanya, asalkan tidak mengeluh dengan mau berusaha, bersabar, dan bersyukur.

🌺 KEMUDIAN, kita berdoa memasrahkan segala daya yang telah upayakan kepada-Nya, Tuhan Yang Mahakuasa. Maka, tidaklah pantas kita mengeluhkan kehendak-Nya yang terjadi pada kita.

🌺 JIKA kita mampu mengurangi kebiasaan mengeluh atau tidak mengeluh sama sekali dan berusaha berbaik sangka pada Allah, itulah yang terbaik. Hal itu akan menjadi penyumbang bagi kebaikan kehendak-Nya pada kita.

🌺 OLEH karena itu, marilah kita membiasakan diri untuk tidak mengeluhkan suatu masalah atas apa yang terjadi pada diri kita. Mari kita berpikir cerdas dan berusaha ikhlas mencari solusi secara tuntas. Kita syukuri atas apa yang ada.

🌺 HIDUP adalah anugerah dan tetap kita jalani hidup ini dengan melakukan yang terbaik. Allah senantiasa menunjukkan kebesaran dan kuasa-Nya bagi hamba-Nya yang tidak mengeluh, bersabar, dan tidak kenal berputus asa.

🌸 _*SEMOGA Allah senantiasa rida menganugerahkan kepada kita semua: ampunan atas dosa-dosa kita, keselamatan dan rahmat, kesehatan dan kebahagiaan, umur panjang penuh berkah, rezeki halal, serta kemudahan mengarungi kehidupan dunia.*_

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.