HeadlineTERKINITrendTULISAN GURU PENGGERAK INDONESIA

TIDUR SEBAGAI PROSES KEMATIAN

TIDUR SEBAGAI PROSES KEMATIAN

_DITINJAU dari sisi ruh (ruhiah), sesungguhnya tidur adalah replikasi atau proses kematian. Replikasi yang kita lakukan setiap hari tersebut seharusnya menyadarkan kita bahwa kematian bisa datang kapan saja, di mana saja, tidak menunggu seseorang harus tua atau harus sakit._

🌺 TIDUR adalah masa istirahat untuk tubuh dan jiwa. Selama tidur, kesadaran dan kemauan mengalami penundaan, baik sebagian maupun keseluruhan.

🌺 TIDUR sebagai sikap tubuh yang diam, tetapi mudah merespons jika ada stimulus dari luar. Tidur menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi dengan baik bagi setiap orang.

🌺 SEJATINYA, momen kematian bisa datang kapan saja bagi makhluk hidup yang bernyawa di muka bumi ini. Ketika kematian yang bisa datang kapan saja, ada sebagian manusia yang belum siap ketika ajal datang menjemput.

🌺 ADA sesuatu yang keluar dari tubuh manusia ketika tidur dan masuk kembali ketika terbangun. Namun, untuk orang mati, sesuatu itu tidak kembali..

🌺 OLEH sebab itu, tidur dapat direnungkan sebagai simulasi mati. Baik dalam tidur maupun mati, ruh sama-sama pergi dari tubuh manusia. Namun, perbedaannya ada pada pengembalian.

🌺 KETIKA ruh tidak kembali, hal itu dipastikan bahwa seseorang mengalami kematian. Jika suratan itu terjadi, ruh yang berada di genggaman Allah akan masuk ke alam barzakh dan tidak kembali ke alam dunia.

🌺 ALLAH mengangkat ruh seseorang ketika dia mati dan ketika tidur. Maka, di tangan-Nya, ruh orang yang ditakdirkan mati dan dikembalikan ruh orang yang tidur sampai ajal tertentu.

🌺 PERIHAL kematian, Allah menjelaskan, *_“Allah memegang nyawa (seseorang) pada pada saat kematiannya dan nyawa (seseorang) yang belum mati ketika tidur. Maka, Dia tahan nyawa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia lepaskan nyawa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran) Allah bagi kaum yang berpikir.”_* (Q.S. Az-Zumar : 42).

🌸 *_SEMOGA Allah senantiasa rida menganugerahkan kepada kita semua: keselamatan dan rahmat, kesehatan dan kebahagiaan, umur panjang penuh berkah, rezeki halal, ampunan atas dosa kita, serta kemudahan mengarungi kehidupan._*

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button