AGENDABUKUHeadlineTERKINITrendTULISAN GURU PENGGERAK INDONESIAWEBINAR / LOMBA

Visi Guru Penggerak di Masa Depan

Guru Blogger Indonesia

Dokpri

Malam ini Omjay mendapatkan motivasi dari mas Aris Ahmad Jaya. Isinya sangat bagus sekali. Semakin banyak memberi, semakin kita mendapatkan banyak kebahagiaan. Isi lengkapnya bisa dilihat dalam gambar di atas.

Ada tugas yang belum sempat diselesaikan dan harus selesai malam ini. Tugas itu tentang tugas modul 1.3 di LMS guru penggerak angkatan 7. Omjay sedang mengikuti Diklat calon guru penggerak angkatan 7. Omjay diminta menulis mulai dari diri sendiri tentang misi dan visi guru penggerak Indonesia.

Visi adalah mimpi. Lebih tepatnya adalah sesuatu yang belum terjadi, namun kita sangat yakin akan terwujud di masa depan. Sama halnya dengan cita cita. Dulu Omjay bermimpi menjadi doktor pendidikan dan Alhamdulillah terkabulkan. Walaupun harus kuliah S3 selama 8 tahun he-he-he.

dokpri

dokpri
Visi itu harus dilaksanakan dengan misi. Omjay mulai menyusun disertasi dan melaporkan hasil penelitian disertasi. Alhamdulillah Omjay dapat mempertahankan disertasinya di ujian terbuka dan tertutup. Hasil penelitian Alhamdulillah masuk dalam jurnal internasional Scopus.

Visi itu bagaikan membayangkan lukisan lengkap pada canvas kehidupan yang masih kosong. Seperti kertas putih yang belum dituliskan. Dapat diibaratkan pula sebagai bintang penunjuk arah yang membantu penjelajah mencapai tujuannya seperti halnya dengan kompas. Kita harus mengisinya dengan kegiatan yang baik dan membuat jejak digital yang baik pula. Ketika ada orang yang mencari nama kita melalui Google, maka ada jejak digital yang baik dan dapat menjadi contoh teladan siswa di masa depan.

dokpri

dokpri
Untuk melahirkan siswa di masa depan yang religius, sehat dan bahagia, berkarakter, bernalar kritis, kreatif dan inovatif, kebhinekaan global serta berteknologi dibutuhkan guru penggerak yang mampu menggerakkan siswa untuk menjadi pemimpin masa depan. Omjay memberi contoh dengan menjadi guru blogger Indonesia. Kami akan melaksanakan kegiatan temu penulis PGRI di Gedung Guru Indonesia pada tanggal 26 dan 27 Desember 2022.

Omjay memimpikan siswa yang cerdas dan berkarakter dengan iman, ilmu dan amal sesuai dengan motto Labschool Jakarta. Hal ini tertuang jelas dalam website sekolah di HOMEPAGE – Labschool UNJ (labschool-unj.sch.id)

Dokpri

Dokpri
Malam ini kami mengadakan tahlilan yasinan virtual untuk mendoakan Prof.Dr. Achmad Sofyan Hanif Ketua BPS Labschool yang wafat Minggu kemarin secara mendadak. Kami mendoakan beliau dan beliau adalah sosok guru penggerak yang nyata di depan mata kami. Beliau orangnya low profil dan kedatangan beliau selalu menggembirakan banyak orang.

dokpri

dokpri
Sosok guru penggerak inilah yang menjadi teladan kami dan memberikan inspirasi bahwa orang baik rezekinya baik dan akan mati dalam keadaan baik. Kebaikannya semasa hidup akan dikenang banyak orang.

Omjay memimpikan siswa yang bertakwa dan beriman kepada Allah. Siswa yang memiliki akhlaq yang baik. Akhlaqul Karimah yang mampu berpikir kritis, memiliki karakter serta menghargai perbedaan dari sudut pandang apapun. Selalu sehat dan bahagia dalam proses pembelajaran di kelas serta memiliki segudang ide kreatif dan inovatif dalam bidang teknologi tepat guna dan menjadi contoh sebagai profil pelajar Pancasila.

dokpri

dokpri
Labschool sebagai sekolah yang Omjay ada di dalamnya sebagai seorang guru,sangat percaya bahwa setiap anak adalah bintang. Semua siswa punya potensi unik yang dapat dikembangkan dan digali sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman sesuai ajaran Ki Hajar Dewantara.

Kami menyalurkan siswa kepada kegiatan akademik dan non akademik. Bakat dan minat siswa akan tersalurkan dengan baik seperti kegiatan pentas seni dan drama kelas yang sudah kami lakukan di sekolah labschool Jakarta.

Labschool adalah sekolah yang unggul dalam bidang karakter. Budaya sekolah kami terkelola dengan baik. Oleh karena itulah banyak sekolah lain yang berkunjung ke sekolah kami. Proses pembelajaran yang berpihak kepada siswa sudah kami lakukan sejak tahun 1968 dalam bentuk modul dan sekolah proyek percontohan kementrian pendidikan di Indonesia.

“Menjadi lembaga pendidikan yang berkontribusi dalam pembaruan pendidikan nasional dan mempersiapkan pemimpin masa depan yang berlandaskan ketaqwaan dan nilai luhur bangsa.” Itulah Visi Labschool.

Visi Omjay sebagai guru penggerak adalah akan mewujudkan siswa yang menjalankan ajaran agamanya dengan baik serta bertakwa kepada Allah sebagai penguasa langit dan bumi serta semua isinya.

Kegiatan siswa Labschool/dokpri

Kegiatan siswa Labschool/dokpri
Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang akan menentukan masa depan siswa serta kebahagiaan siswa untuk keberhasilan di masa depan. Oleh karena itu pembelajar yang menyenangkan dan menggembirakan harus terus dilakukan di kelas agar siswa merasakan bahwa sekolah adalah rumah keduaku.

 Salam blogger persahabatan

Omjay

Guru blogger Indonesia

Blog https://wijayalabs.com

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Visi Guru Penggerak Indonesia”, Klik untuk baca:
https://www.kompasiana.com/wijayalabs/637e35e7c57afb331448e972/visi-guru-penggerak-indonesia

Kreator: Wijaya Kusumah

Kompasiana adalah platform blog, setiap konten menjadi tanggungjawab kreator.

Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button