Webinar BGPI yang Meriah

Di hari pertama diklat, tampil semua nara sumber saya ikuti.
Paparan semua nara sumber menginspirasi untuk maju untuk berbuat yang manfaat.
Saya ikutan semangat…ingin maju seperti mereka, tentunya semampu saya.

Merdeka Belajar, Merdeka Mengajar dan Merdeka Finansial

Sungguh menarik dan menggelitik relung hatiku yang paling dalam.

Mampukah diriku menerapkan ini semua dikehidupan nyata?

Merdeka Belajar.
Oke. Aku bisa. Ada hp, mbah google, buku, e-learning, chatting, gossiping, dan lain-lain.

Merdeka Mengajar.
Oke. Aku juga bisa. Ada siswa, ruang kelas, materi, sarana, model pembelajaran, gaya mengajar, dan lain sebagainya.

Merdeka Finansial
Oke. Ini baru tantangan. Apa aku bisa? Bagaimana caranya?Apa yang kutawarkan? Mengapa harus kulakukan? Siapa yang memotivasiku?

Semoga tulisanku ini tidak memalukan. It’s the first time I write…… ☺️

Webinar GBPI 2022
Jumat, 14 Januari 2022.
Menutupi malam ini sebelum berangkat tidur, saya biasanya mengecek ulang info Khabar berita yang masuk di WhatsApp.
Di WAG Sagusabu PPPPTK IPA 2017, satu info muncul. Terimakasih Bu Petry telah berbagi.
Saya coba merespon ajakannya “Ikut yuk! Saya juga isi kegiatan ini”
Wah, hebat, boleh juga nih!. Sejenak berpikir kegiatan rutin seminggu ke depan. Rupanya tidak terlalu sibuk. Masih bisa diatasi kalau full kegiatan.
Saya lihat Nama nama yang muncul kaum intelektual, lembaga pendukung hebat.
Berarti kegiatan ini tidak main-main, meski lebih banyak melalui WA.
Besok pagi saya harus daftar.
Bayar Rp.50.000 ???
Ini bukan nilai yang setara dengan nama nama narasumber ya.
Rupiah ini hanya mau mengingatkan saya untuk konsisten mengikuti kegiatan seminggu ke depan.
Sehari ikut, masih belum muncul manfaat.
Ternyata di hari ke dua, waoww hebattt pakai bangettttt. Ini kegiatan yang saya cari selama ini.
Banyak kegiatan penuh dengan tatacara repot. Yang ini sederhana tetapi penuh makna.
Buat Blog
Buat Powerpoint keren
Promosi karya
Terus apalagi ya..
Pasti besok
dan besok lagi hingga hari terakhir
Saya akan bilang “Terimakasih Webinar GBPI”

Salam Sehat
elisngasu

Baru kali ini saya mengenal blog. Apa itu blog. Saya jadi penasaran dengan si blog ini, apakah saya bisa berteman dengan blog ini. Jika saya diterima berteman dengan blog ini apakah dia bisa mengerti daku yang baru belajar mengenalmu, blog. Semoga dengan mengenal dan mendalami mu, saya bisa semakin mengerti dan paham serta bisa mencurahkan isi yang ada di benak ini

Webinar BGPI 2022 “Seru Mencoba Hal Baru”

Perasaan saya setelah mengikuti webinar BGPI merasa termotivasi untuk belajar kembali praktik-praktik baik yang pernah kita guru lakukan tapi terlupakan karena banyak alasan. Ternyata menulis itu tidak harus fokus di depan laptop atau notebook tetapi kita bisa memaksimalkan fungsi HP kita untuk menulis apa yang kita lakukan setiap hari. Mulai dari hal yang sederhana hingga hal yang lebih kompleks. Temanya pun tidak harus yang rumit tetapi bisa dari apa yang kita alami hari ini.

Webinar, oh Webinar

Semenjak pandemi Covid-19 merebak, kata webinar mendadak sontak jadi viral, minimal di kalangan insan pendidikan.
Dari sekian kali webinar yang saya ikuti, ternyata hanya Webinar BGPI 2022 paling menyenangkan sekaligus menantang bagi saya pribadi.
Bagaimana tidak?!
Hanya berbayar dengan harga yang murmer, peserta mendapatkan imbalan yang mewah.
Pada hari ke-3 saja, para peserta webinar sudah bertambah ilmunya, persaudaraannya hampir seantero Nusantara.
Terima kasih panpel, nara sumber, dan khususnya kita semua selalu peserta.
Salam sehat selalu bagi kita semua.

Penulis dadakan:
Benway Spendaka Demak
(Selasa, 18/01/22)

Sehari sebelum mulai pelatihan webinar hp ku bergetar,ada telp yang masuk dan ternyata dari rekan yg sdh kuanggap sprt adikku sndr,dia mengingatkanku akan kegiatan yg dilaksanakan esok hari,memotivasiku unt ikut serta,menambah ilmu katanya.
Merdeka Belajar,,Merdeka Mengajar,kalimat yg sering kudengar akhir2 ini,,dan Merdeka finansial ini yg baru bagiku,hemm baiklah kucoba mengikuti walau mungkin dengan sedikit tertatih-tatih,tapi aku pasti bisa, walau sampai saat ini jika bisa memilih aku lebih suka berkarya,menciptakan karya tari.
Mendadak jd Penulis
(Sukoharjo,18/01/2022)

Alhamdulillah, bisa mengikuti kegiatan webinar ini, awalnya mendapat info dari kakak saya,
Masya Alloh tabarokalloh Ternyata isi daging semua dan pengisinya keren semua.
Ini semua menginspirasi saya untuk terus belajar mengikuti perkembangan jaman.

Terimakasih untuk semua yang terlibat di webinar bgpi iniπŸ™πŸ™

Semangat Januari

Diawali dengan basmallah teriring do’a.
Seperti tahun sebelumnya, diawal Januari adalah awal dr pembelajaran semester 2, “Ya Rabb semoga d awal semester ini kami dapat memberikan sumbangsi yg lebih baik lagi u dunia pendidikan, agar anak-anak kami tumbuh menjadi generasi bermanfaat, aamiin….”🀲
Alhamdulillah ketika saya bingung mencari cara, bagaimana menyajikan pelajaran agar lebih menarik, eeee dapat info ada kegiatan webinar BGPI πŸ‘πŸ‘, bermodal dr info tersebut, cb ikut mendaftar pada kegiatan pelatihan ini.

Di hari pertama kami d perkenalkan dengan para narasumber dan moderator yang luar biasa πŸ‘πŸ‘
Kami disajikan materi-materi yg cukup membuat tertarik, dan setelah mengikuti bimbingan dr para narasumber semakin terbuka cakrawala diri, dan memang harus banyak belajar lagi, semangat 😊πŸ’ͺ(edisi motivasi diri)

Terima kasih saya haturkan kepada semua pihak yg telah memfasilitasi kegiatan ini, terkhusus kpd para narasumber dan seluruh panitia, dengan adanya kegiatan ini saya dapat menambah keterbatasan ilmu yang saya miliki.
πŸ™πŸ™

Cb menulis ini om @Wijaya Kusumah

Webinar BGPI 2022 “Seru Mencoba Hal Baru”

Perasaan saya setelah mengikuti webinar BGPI merasa termotivasi untuk belajar kembali praktik-praktik baik yang pernah kita guru lakukan tapi terlupakan karena banyak alasan. Ternyata menulis itu tidak harus fokus di depan laptop atau notebook tetapi kita bisa memaksimalkan fungsi HP kita untuk menulis apa yang kita lakukan setiap hari. Mulai dari hal yang sederhana hingga hal yang lebih kompleks. Temanya pun tidak harus yang rumit tetapi bisa dari apa yang kita alami hari ini.

Penulis dadakan
Anita Ekawati
SMA Negeri 4 Lahat
Sumatera Selatan
(Selasa, 18 Januari 2022)

OM JAY DALAM BAJAY.
Ketika aku terbangunn dari istirahat siangku, kulihat jam kupencet HPku terlihat jam tela menunjuukan jam 15.45, bergegas aku bangun untuk Sholat ashar, setelah itu aku melihat HWA di hp telah banyak pesan masuk, dikarenakan banyaknya group yang aku ikuti, tapi aku terfokus pada group peserta webinar BGPI kelihatanya ada beberapa pesan antara lain dari Mba Nia seorang moderator cakep yang kulihat lansung wajahnya pada hari minggu, saat pembukaan webinar BGPI yang pada saat itu si Cantik itu menjadi salah satu moderator, gumamku dalam hati ketemu lagi dengan Moderator yang memiliki segudang prestasi. Kubalas hal hal yang perlu ternyata lansung di tanggapi juga, -Terima kasih Mba Nia_

Teringat aku akan jadwal diskusi Online lewat WA yang Nara sumber β€œOm Jay” seoran Bapak Bloger Pendidikan yang sering aku like n komen dalam tulisan tulisannya. Ingin segera mengambil laptop tapi ternyata barang yang sangat berharga tersebut ada di tersimpan di rumahku yang satu, kebetulan sore ini aku lagi di warung kecilku, smentara aku melihat istriku telah membawa segelag the manis yang disuguhkan ke aku yang sia tau baru bangun tidur ini. Setelah istriku meletakkan the dia buru buru mabsuk memeluk cucu kami yang kecil mugil terus menghibur aku, di sudut warung anakku nyang baru berumyr 6 thn telah tegang nonton mainan di Hp nya. Rintik hujan mulai menggerincing di seng warungku yang semaki lama semakin deras sehingga niatku membuka diskusi lewat Wa di lap top semakin susah untuk dilakukan, jam semaki mendekat pada jam 16.50 itu berate jam mulainya diskusi sudah semakin dekat. Tragedi menembus badai hujan lebat pun terjadi, tapi aku mencoba menghibur pkiranku dengan sebatang rokok dan the sajian istriku. Mba Nia semakin membuka forum diskusi dengan Assalam alaikumnya, dan terlihat rekan rekan yang lain pun mulai membalasnya , aku sih Cuma balas pake stiker aja.

Hujan semakin lebat akhirnya jam tela menujukkan jam 17.02 sudah terlihat video Om Jay masih ada dalam Bajay, sehingga aku mengatakan OM JAY DALAM BAJAY. Tampaknya disekeliling kota Tutuyan yaitu ibu Kota Kabupaten Bolaang Mo ngondow Timur ini disekelilingnya Putih pertanda hujan lebat di sekitarnya. Om Jay masih di sekolah tulis om Jay dalam postingannya, aku melihat Mba Nia mendokan Allahumma Saiban nafian , aku pun Cuma bisa balas lewat stiker amin. Tapi proses diskusi aku Cuma bisa ikuti lewat HP saja.

Awal mengikuti webinar BGPI di hari Minggu yang sangat menarik bagi saya adalah moderator nya , Miss Nia.
Cantik, menarik dan pinter cara menyampaikan nya.
Setelah berlanjut mengikuti setiap sesi yang di sampaikan oleh para narasumber ternyata materinya tambah menarik lagi.
Sehingga ada rasa penasaran untuk mengikuti pelatihan di hari – hari berikutnya.
Walau banyak materi yang saya masih merasa awam, karena di samping kurang fokus , dan setelah mengikuti setiap kegiatan ternyata saya merasa belum bisa apa – apa bila para nara sumber yang sudah pada sukses.
Sehingga mendorong saya ingin belajar lagi .
Terimakasih semuanya .
Januari yang penuh inspirasi.

Dari awal aku pingin menulis tapi setiap aku ketik ku hapus lagi takut salah. Hal itu terjadi berkali kali. Aku harus bagaimana menumbuhkan keberanian itu. Ketika kuberanikan diri ku ketik lagi lagi lagi dan lagi. Akhirnya terangkai sebuah kata menjadi kalimat. Setiap kalimat ku perhatikan dan ku rangkai. Ingin rasanya kalimat itu ku jadikan sebuah paragraf. Tapi paragraf yang belum tahu ujung pangkalnya. Di tulisan ini ingin kuawali sebuah karyaku. Karya perdanaku yang tidak tahu ujung pangkalnya.

First time i will try

Pertama menyimak info dari grup whatsapp, langsung tertarik dari hati untuk mengikuti. Kesan saya di hari pertama mengikuti zoom, ternyata benar, webinar kali ini diisi oleh para narasumber hebat dengan karya-karya luar biasa menginspirasi. Moderator dan host nya juga sangat memotivasi dan membuat suasana webinar hidup.

Hari ke-2 dengan lebih intensif bersama narasumber Pak Fajar, wow sekali apa yang beliau sampaikan kepada kami-kami, tentang inovasi media pembelajaran. Banyak ilmu dan tips yang beliu sampaikan agar kami semua nantinya menjafi handal dalam merancang media pembelajaran yang inovatif. Tidak cukup sampai di sana, Pak Fajar juga membagikan informasi yang sangat lengkap tentang lomba-lomba inovasi pembelajaran dan tips memenangkan nya. Sungguh membuat kami termotivasi, tertantang dan bersemangat untuk bisa membuat inovasi pembelajaran.

Hari ke-3 webinar, meski disambut hujan yang deras dengan angin yang kencang, suasana gelap dan masih berada di sekolah, saya bertekad untuk tidak tertinggal materi kali ini. Apalagi narasumbernya adalah blogger yang sudah handal di bidangnya, yaitu Om Jay. Benar saya, beliau mengemas webinar dengan sangat interaktif dan aplikatif. Meski beliau saat memberikan materi juga dalam kondisi yang sama yaitu hujan dan bahkan beliau sedang berada di dalam Bajaj, tetapi itu sama sekali tidak mengurangi semangat beliau menyampaikan ilmu yang dimiliki kepada kami semua. Dari sini kami melihat, asal ada niat kuat, rintangan dapat dengan baik dilewati. Sungguh menginspirasi. Om Jay lebih lanjut memperkenalkan kami dengan alamat web penyedia blog gratis yang bisa kami akses. Pertanyaan demi pertanyaan beliau sampaikan untuk memantik rasa ingin tahu kami. Tanpa sadar kami terbawa dalam pembelajaran aktif meski di seminar. Kami merasakan webinar dengan lebih asik, kami melakukan tantangan Om Jay dengan menulis 5 menit. Asik sih, kami belajar menulis sederhana lewat wa, tidak terasa bahwa sesi dengan Om Jay telah berakhir. Terima kasih Pak Fajar dan Om Jay, dan kepada panitia kami menanti ilmu berikutnya dari narasumber-narasumber luar biasa lainnya.

Sri Wahyuni, S.Pd., Gr. Surabaya

SELASA KU BAHAGIA

Langit terlihat gelap kutancap gas motor beat mungilku dengan penuh semangat karena tugas mengajar sudah selesai, tinggal pulang ketemu suami dan anak. Eh teringat ada webinar.

Dua puluh menit sampai rumah, baju kerja masih melekat ku buka hp, wa grub webinar sudah 50 lebih. Batinku ketinggalan nih. Tak apa cuma membaca wa saja mudah.

Lamaku menyimak sambil sesekali mengangkat telpon karena ada hal penting. Ada juga teman yang ikut webinar japri. Tugas webinar apa?aku jawab santai saja,menyimak saja,temanku pun menjawab , ya sudah ada temannya tidak mengerjakan tugas.

Sambil nonton televisi dan menyimak wa grub webinar, tergugah hati untuk menulis sesuatu yang kulakukan untuk hari Selasa yang bahagia.Mungkin teman saya bilang, katanya hanya menyimak ?kok juga menulis??itulah hatiku, jika mau pasti bisa. Selasa ku bahagia ,maaf teman ini hanya latihan.

Buat temanku… 😘😘
Dari kasmonah, SMPN 2 Karangawen Demak.

Tidak ada kata terlambat untuk menuangkan ide atau pikiran menjadi tulisan yang baik. Perlu belajar dan sering berlatih. Entahlah kenapa kalau saya menulis pasti berujung curhat. Selalu ini yang saya ingin hindari. Di forum ini bertemu dengan para narasumber yang hebat, bahwa menulis jangan takut untuk salah jika kalau perlu tidak usah diedit. Wow…. Sungguh pengalaman yang luar biasa
Melalui webinar BGPI kita bisa

WEBINAR BGPI 2022

Pertama kali mendengar adanya Webinar BGPI 2022 ini dari grup akun belajar awal Januari 2022. Pada awalnya, saya tertarik ikut pelatihan ini hanya karena adanya informasi akan mendapatkan sertifikat 32 jam, yang bisa dipergunakan utk menambah angka kredit dan hanya melihat sekilas info tentang webinar tsb.

Barulah pada hari Sabtu, 15 Januari 2022 saya baca2 lagi info tentang webinar BGPI 2022 dan saya berpikir bahwa keputusan saya untuk ikut Webinar ini adalah keputusan yg sangat tepat, khususnya utk saya yg msh GAPTEK ini. Setelah saya mengikuti rangkaian kegiatan webinar ini dari 1 sesi ke sesi lainnya, dan setelah mendapat ilmu dari narasumber2 yg luar biasa ilmunya, saya termotivasi utk belajar IT lebih banyak lg, guna meningkatkan kemampuan saya dalam proses pembelajaran..

Terima kasih yg tak terhingga saya ucapkan kpd Bapak/Ibu Narasumber yang telah mentransfer ilmu IT-nya kpd kami, khususnya kpd saya. Semoga Allah membalas semua kebaikan Bapak/Ibu berlipat2 ganda.. dan semoga ilmu yang diberikan bermanfaat dalam rangka memajukan pendidikan Indonesia.. Aamiin .. 🀲🏻🀲🏻

“Pengalaman pertama Menulis”

Pertama kali mengetahui akan diadakan pelatihan ini, saya ketahui dari salah satu wag di hp saya. Jujur awalnya saya tertarik ikut pelatihan ini karena ada informasi akan dapat sertifikat 32 jam. Tapi setelah saya baca lagi judulnya, saya sangat tertarik. Saya sangat awam masalah dunia IT. Oleh karena itu saya sangat tertarik untuk mendaftar. Setelah saya ikut, ternyata luar biasa. Saya ketemu orang-orang hebat. Dan masyaAllah, bergetar hati saya. Ilmu yang sangat bermanfaat dan insyaAllah berguna untuk saya dalam mengajar ke depannya..aamiinn🀲

Nama : Anyk Fauziah, S.Pd
SMPN 2 Mranggen Demak.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Dengan mengucap syukur Alhamdulillah, saya mengikuti kegiatan webinar ini dari mulai hari Ahad via zoom sampai hari ini dengan lancar. Saya menyimak materi dari para nara sumber yang dengan semangat menularkan ilmunya untuk kita semua para peserta webinar, ada ibu Nina, ibu Petri, bp. Fajar, ibu Sripeni, bp. Tumpak S dan Bp. Wijaya Kusumah dengan Miss. Nia dan mba Mega sebagai pemandu acaranya. Banyak manfaat yang di peroleh dari kegiatan ini. Saya sebagai guru mungkin belum banyak menguasai IT apalagi membuat youtube. Kalau membuat blog dulu pernah, cuman sudah lama tidak diisi. Dari kegiatan ini saya akan mencoba untuk membuat youtube, membuat blog sebagai sarana pembelajaran, inovasi pembelajaran hingga jurus- jurus membuat media pembelajaran. Semoga saya dapat membuktikan kalau saya bisa. Terima kasih pada semua nara sumber yang telah memberikan ilmunya, semoga bermanfaat dan barokallah ….

LORONG PENGUJIAN
#coretan siang

Edy Budi Santosa
SMPN 1 Kebonagung Demak. Jateng.

Ketika semua sudah melaju cepat di baris depan, aku coba berjalan sekuat tenaga untuk bisa seperti yang lain.

Materi demi materi kupelajari, meski agak susah namun ku terus mencoba agar aku bisa. Membuat media pembelajaran, penggunaan YouTube sarana belajar, membuat blog, inovasi pembelajaran, hingga jurus- jurus membuat media. Semua ku coba buka- buka materi. Hingga ku tulis goresan ini.

Hemm… Ibarat lorong pengujian, itu untuk menguji seberapa bisa aku seperti kawan yang lain, meski harus terseok-seok. Maklum sudah setengah abad lebih.

Ibarat motor napas tua, tentunya beda yang keluaran terbaru, yang muda, fresh dan bertenaga silinder kuat…

Meski aku awalnya ragu untuk ikut pelatihan ini, namun begitu penting dan hebatnya narasumber dalam pelatihan ini, membuat aku senang dan bersemangat, menemukan hal- hal baru dalam pembelajaran .

Di akhir coratan ini, mks buat para Narsum ilmunya, juga temen-temen yang sudah sherryng di grup webiner BGPI ini…πŸ™πŸ™

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

9 Komentar

  1. Assalamualaikum Wr Wb.
    Salam sore salam petang salam sehat tetap semangat tanpa sambat.
    Terima kasih untuk sementara kepada para Pemateri yg sudah memberikan banyak konten 2 baru Inovasi Pembelajaran, Pengenalan Blog, Pengenalan Youtube dan lain 2 bagi saya sebagai guru SD ini merupakan hal 2 baru dan merupakan pembelajaran yg sangat berharga dalam peningkatan pembelajaran di depan kelas maupun di luar kelas yg tentunya dalam penyampaian materi pembelajaran saya dapat menggunakan konten 2 ini walau bagi saya merupakan pelajaran yg berharga, disamping untuk pembelajaran para siswa konten 2 ini dapat sebagai sarana untuk pemasaran 2 produk yg akan saya rintis untuk menyongsong masa purna tugas.
    Sekali lagi saya haturkan banyak terima kasih ilmu 2 nya yg baru bagi saya dan tentunya juga bagi rekan 2 guru terutama yg akan masa purna tugas.
    Matur nuwun dan terima kasih.
    Wassalam. πŸ™πŸ™πŸ™