Asesmen Formatif Untuk Merdeka Belajar

GURU PENGGERAK INDONESIA - 10 September 2021
Asesmen Formatif Untuk Merdeka Belajar
  
|
Editor

Anda telah memahami Asesmen Formatif dan Prinsip Asesmen Formatif. Bagaimana penerapan Asesmen Formatif dalam pembelajaran? Pada aktivitas ini Anda akan mendengarkan cerita dan pengalaman beberapa orang narasumber yang sudah menerapkan praktik baik menjalankan asesmen formatif di kelasnya. Para narasumber ini telah terbukti berhasil memberikan dampak perubahan pada murid dengan strategi asesmen formatif yang mereka lakukan. Selamat menyaksikan!

Anda telah mendengarkan pengalaman menerapkan asesmen formatif sebagai strategi pembelajaran. Pada aktivitas ini Anda diminta untuk memikirkan 3 hal yang menginspirasi Anda mengenai strategi asesmen formatif. Catat inspirasi apa saja yang Anda dapatkan. dan perubahan apa yang ingin Anda lakukan dalam asesmen formatif di kelas Anda. Anda akan membagikannya dalam diskusi pada aktivitas selanjutnya.

Dari video pemaparan yang telah Anda saksikan, Anda dapat memahami bahwa asesmen formatif tidak terbatas pada melakukan test atau ujian saja. Asesmen formatif dapat dilakukan sebagai sebuah pembelajaran aktif. Dimana murid terlibat langsung dengan menunjukan pemahaman konsep dan keterampilan. Melalui dialog, umpan balik dan refleksi, guru dan murid dapat bersama-sama melihat sampai sejauh mana murid telah mampu mencapai tujuan pembelajaran.

Bagi guru proses ini memberikan informasi untuk melakukan tindak lanjut pembelajaran. Sementara itu bagi murid, asesmen formatif dapat memberikan informasi mengenai kekuatan dan hal-hal yang dapat diperbaiki. Murid juga terus diingatkan mengenai tujuan belajarnya.

Lalu perubahan apa yang akan Anda lakukan dalam asesmen formatif di kelas Anda?

Silakan bagikan catat inspirasi apa saja yang Anda dapatkan dan rencana perubahan yang ingin Anda lakukan dalam asesmen formatif di kelas Anda.

Baca Liannya  Tulisan ini UntukMu (2)

Anda akan membagikannya dalam diskusi pada aktivitas selanjutnya.  Selamat berdiskusi!

1 Komentar pada “Asesmen Formatif Untuk Merdeka Belajar”

  1. Rosminiyati berkata:

    Terima kasih atas informasi yang menginspirasi tentang asesmen formatif.

Tinggalkan Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG WEB

  • 0
  • 22
  • 2.022
  • 12.100
  • 619.308
  • 107.323
Close Ads X
Jelajahi

.

.

.

.