Belajar membuat konten yang menarik di YouTube

GURU PENGGERAK INDONESIA - 9 Agustus 2021
Belajar membuat konten yang menarik di YouTube
  
|
Editor

Seharian ini saya belajar membuat video di YouTube. Tidak mudah ternyata membuat video yang enak ditonton oleh banyak orang.

Saya mulai malas menampilkan diri di YouTube. Wajah saya yang imut (itemnya mutlak) dengan jenggot dan kumis yang mulai memutih, nampak kurang enak dipandang mata anak muda. Sebagai generasi kolonial saya harus tahu diri untuk bertanding dengan generasi milenial.

Daripada tidak membuat konten sama sekali, saya coba saja merekam video lewat ponsel pinter saya.

Sedang asyik merekam pakai HP, kakak ipar saya menemukan mic untuk merekam suara pakai laptop. Langsung saja saya coba dengan siaran langsung.

Alhamdulillah ternyata bisa. Mic yang saya pakai bisa digunakan sebagai alat cuap-cuap di YouTube. Awalnya hanya belajar bicara saja. Kok lama lama asyik juga. Saya menjadi ketagihan dibuatnya.

Di meja kerja ada buku pak Bahrudin yang berasal dari Rembang Jawa Tengah. Judul bukunya sangat menarik hati. Saya langsung membedah isi bukunya. Alhamdulillah banyak yang menonton acaranya.

Selama 2 jam saya cuap cuap di depan laptop. Penonton cukup puas dibuatnya. Saya pun senang karena bisa menarik hari penonton dan ada interaksi di chat YouTube.

Siang hari saya coba pakai aplikasi zoom. Saya membuat acara ngobrol santai bareng omjay. Alhamdulillah ada 2 orang guru inspiratif ikut bergabung. Jadilah saya mewawancarai mereka satu per satu.

Wawancara pertama bersama ibu Any. Beliau gur matematika di Wonogiri. Beliau bercerita pernah dikencingi sapi sewaktu berangkat ke sekolah. Seru juga ceritanya. Beliau masih berstatus guru honorer dan sudah 12 tahun menjalaninya.

Baca Liannya  MAU, TAPI TIDAK ACTION !

Wawancara kedua bersama bapak Mangatur yang berada di kota Batam kepulauan Riau. Senang sekali diskusi santai bareng beliau. Beliau guru olahraga yang gemar menulis. Punya taman bacaan masyarakat di rumahnya. Salut sekali saya mendengar kisahnya. Konten pendidikan tak terasa jadilah sudah.

Malam hari saya mencoba membuat konten lagi. Kali ini tentang persiapan saya mengisi materi esok hari di Kominfo. Saya mendapatkan tempat acara webinar di kota Banyuwangi Jawa timur. Malam ini saya belajar dulu. Supaya besok tidak gugup saat menyampaikan materinya. Judul materi yang saya bawakan berat juga. Membangun digital space yang aman untuk anak-anak. Semoga besok bisa saya sampaikan materinya dengan baik.

Salam blogger persahabatan

Omjay

Guru Blogger Indonesia

Blog http://wijayalabs.com

Tinggalkan Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG WEB

  • 0
  • 22
  • 2.022
  • 12.100
  • 619.308
  • 107.323
Close Ads X
Jelajahi

.

.

.

.