DUA AMAL UNTUK MENDEKATKAN DIRI KEPADA ALLAH

*DUA AMAL UNTUK MENDEKATKAN DIRI KEPADA ALLAH*

_SALAT dan berkurban adalah dua amal yang mendekatkan diri kepada Allah. Salat adalah ibadah badan yang paling utama, sedangkan berkurban (menyembelih hewan korban karena Allah) adalah seutama-utamanya ibadah dengan harta._

🌺 KURBAN dan salat disebutkan beriringan di dua ayat dalam Alquran. Pertama, dalam Surah Al-An’am ayat 162. Kedua, dalam Surah Al-Kautsar ayat 2. Tentunya hal itu bukan tanpa hikmah dan bukan tanpa kaitan. Bahkan menyembelih hewan kurban di hari-hari penyembelihan diawali dengan salat.

🌺 ALLAH berfirman di dalam Alquran.

🌸 Dalam Surah Al-An’am ayat 162, *_”Katakanlah, ‘Sesungguhnya salat, ibadah, hidup, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.’”_*

🌸 Dalam Surah Al-Kautsar ayat 1-2, *_”Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka, dirikanlah salat karena Tuhanmu dan berkorbanlah.”_*

🌺 DALAM salat, terkumpul beberapa unsur yang tidak terdapat pada ibadah lainnya. Salat melibatkan hati, lisan, dan gerak anggota badan. Tidak akan menegakkan salat kecuali orang yang memiliki hati yang hidup dan semangat tinggi.

🌺 SEMENTARA itu, dalam kurban, seseorang harus menghadirkan sifat _itsar_ (mendahulukan) keridhaan Allah, _berhusnudhan_ kepada-Nya, dan yakin penuh dengan apa yang ada di tangan Allah. Berkurban terlihat sangat ajaib apabila diiringi dengan iman dan ikhlas.

🌺 ALLAH mengususkan dua ibadah tadi. Sebab keduanya adalah ibadah dan amal mendekatkan diri yang paling utama kepada Allah. Lantaran, jika salat mengandung ketundukan hati dan anggota badan kepada Allah, dan akan memindahkannya kepada seluruh amal ibadah.

🌺 MAKA, kurban merupakan amal mendekatkan diri kepada Allah dengan hewan kurban yang paling baik yang dimilikinya. Kurban juga memaksa seseorang mengeluarkan harta yang sangat dicintai dan sayangi. Itulah sebabnya, siapa yang bisa ikhlas dalam salat dan kurbannya, pasti ia akan bisa ikhlas pada semua amalnya.

🌺 KHUSUS menyembelih hewan kurban untuk mendekatkan diri kepada Allah adalah menjadi ibadah harta yang paling utama karena terkumpul dua perkara. (1) Sebagai bentuk ketaatan kepada Allah. (2) Mengeluarkan harta dengan kerelaan hati.

🌺YANG menjadikan kurban lebih istimewa adalah karena yang diperintahkan untuk dikurbankan adalah hewan-hewan yang sangat disenangi pemiliknya. Saat menyembelihnya, ada perasaan tidak tega dan sayang.

🌺 JIKA seseorang tetap menyembelih hewan kurbannya untuk Allah dengan kerelaan jiwa, maka itu menjadi ibadah harta yang paling utama. Semakin sempurna keistimewaannya, jika dalam penyembelihan hewan kurban didasari iman, keikhlasan, keyakinan, dan prasangka baik kepada Allah.

🌸 *_SEMOGA Allah senantiasa rida menganugerahkan kepada kita semua: ampunan atas dosa-dosa kita, keselamatan dan rahmat, kesehatan dan kebahagiaan, umur panjang penuh berkah, rezeki halal, serta kemudahan mengarungi kehidupan dunia._*

Mungkin Anda Menyukai