KENAPA TAKUT MISKIN?

*KENAPA TAKUT MISKIN?*

_KEBANYAKAN manusia tidak mau jatuh pada jurang kemiskinan. Tidak heran bahwa banyak sebagian dari kita yang berusaha dengan berbagai cara untuk menghindari kemiskinan. Bahkan, sampai ada yang menukarkan agama hanya untuk mendapatkan sebagian harta benda atau jabatan._

🌺 DI samping hal di atas, mereka datang ke dukun, paranormal dan yang sejenisnya untuk meminta jimat, jampi-jampi dan sejenisnya. Atau, mereka memelihara/meminta bantuan makhluk halus (jin) untuk mendapat kekayaan. Mereka begitu sedih dan berduka cita ketika mengalami kekurangan harta.

🌺 PENYEBAB munculnya sikap takut miskin adalah kecintaan terhadap dunia secara berlebihan. Orang yang mencintai dunia khawatir dan takut kehilangan kenikmatannya, salah satunya nikmat harta.

🌺KEMISKINAN, sesuatu yang perlu ditakutkan? Jangan sampai kita takut miskin atau tidak bisa makan. Jangan sampai selalu terbetik dalam hati kita, *_”Besok kita makan apa?”_* Jangan takut! Yang penting kita berusaha mencari rezeki dengan cara halal, berdoa, dan bertawakal kepada Allah.

🌺 SEBAB, sesungguhnya Allah menjamin seluruh rezeki makhluk-Nya. *_”Dan tidak ada suatu yang melata pun (yakni manusia dan hewan) di muka bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya.”_* (Q.S. Huud: 6).

🌺 MESTINYA, sesuatu yang harus ditakutkan adalah ketika dibentangkan dunia kepada kita. Yaitu ketika kita diuji dengan banyak harta benda, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW ini,

*_“Akan tetapi, aku khawatir akan dibentangkan dunia atas kalian sebagaimana telah dibentangkan atas orang-orang sebelum kalian. Lalu, kalian pun berlomba-lomba padanya sebagaimana mereka berlomba-lomba padanya. Kemudian, dunia itu akan menghancurkan kalian sebagaimana telah menghancurkan mereka.”_* (HR Bukhari , Muslim).

🌺 TAKUT miskin? Kenapa harus takut? Bukankah Allah sang pemiliki jagad raya ini? Jika kita benar-benar merasa dan mengakui bahwa Allah adalah pelindung dalam kehidupan ini, mengapa kita masih merasa takut miskin?

🌺 TAKUT miskin sering mendorong seseorang menjadi pelit, curang. Bahkan, orang yang takut miskin sering menghalalkan berbagai cara untuk mendapatkan harta, padahal Allah itu benar Maha Kaya.

🌺 JANGAN kita remehkan hanya dengan malas berdoa. Sebab, jika kita meyakini bahwa Allah adalah pelindung hidup kita, kita tidak akan merasakan apa itu takut miskin.

🌸 *_SEMOGA Allah senantiasa rida menganugerahkan kepada kita semua: ampunan atas dosa-dosa kita, keselamatan dan rahmat, kesehatan dan kebahagiaan, umur panjang penuh berkah, rezeki halal, serta kemudahan mengarungi kehidupan dunia._*

Mungkin Anda Menyukai