Kisah Omjay Selama Berada di Negara Turki

Alhamdulillah malam ini sudah sampai di hotel Elifim. Tak terasa sekarang sudah hari ketujuh berada di negara Turki. Dahulu omjay ke Turki tahun 2000 hanya sampai kota Istambul saja. Sekarang omjay bersama rombongan SMP Labschool Jakarta menjelajah atau mengexplore negara Turki lebih lama. Senang sekali bisa berkunjung ke negara ini dan belajar mengelola pariwisata yang baik.

Tak terasa sudah banyak kota kami kunjungi. Mulai dari kota Istanbul, Bursa, Kusadasi, Pamukalle, Konya, Cappadocia, Ankara, Bolu, dan kembali ke Istanbul untuk pulang ke Jakarta melalui Dubai. Waktu berputar begitu cepat sekali dan tak akan kembali lagi.

Banyak tempat wisata yang sudah kami kunjungi. Rombongan kami ada 65 orang. Alhamdulillah semuanya dalam keadaan sehat. Omjay sempat batuk dan meriang disertai flu. Oleh karena itu, selama di hotel Burcu Kaya di kota Cappadokia, Omjay tidak pergi kemana-mana. Istirahat total agar kondisi tubuh membaik.

Tinggal beberapa hari lagi, Omjay akan kembali ke tanah air Indonesia. Sudah kangen sama anak dan istri. Hari ini banyak video sudah omjay upload ke channel youtube omjay di https://youtube.com/wijayalabs.

Jangan lupa kasih like, subscribe, dan komentaranya ya! Biar Omjay cepat menjadi youtuber terkenal, seperti Baim Wong, murid Omjay di SMP Labschool Jakarta.

Hari ini, dari kota Cappadocia, kita meluncur ke kota ankara dan bolu. Banyak tempat wisata omjay kunjungi. Sekarang melalui foto, Omjay coba mengingat lagi. Pak Kasdi guru IPS yang baik hati sempat Omjay wawancarai tentang negara Turki.

Dari hotel Tripolis yang ada di kota Pamukalle, kami sempat melihat balon terbang. Itulah yang membuat rombongan kami sangat bersemangat. Terutama yang sudah booking untuk naik balon udara dan naik mobil Jeep. Omjay membeli plakat Omjay dengan harga 350 TL. Tadinya tidak mau membeli, tapi kasihan sama fotografernya. Omjay membelinya dengan ikhlas sebagai kenangan selama berada di hotel Tripolis Pamukale.

Saat di kota Cappadocia, Omjay tidak ikut naik balon udara. Sebab tidak punya uang sebesar 250$. Omjay hanya melihat foto dan video kawan-kawan yang ikutan naik balon udara dan mobil jeep. Senang sekali leihat mereka bahagia. Cappadocia it is my dream.

Uang Lira Turkey (TL) Omjay sudah mulai menipis. Jadi Omjay harus banyak berhemat pengeluaran. Untunglah ada toko souvenir di hotel Burcu Kaya Cappadokia yang menjual oleh-oleh souvenir dengan memakai uang rupiah.

Di hotel Burcu Kaya udaranya dingin. Kami memakai jaket karena kedinginan. Teman-teman yang naik balon udara dan jeep sudah berangkat sekitar jam 3 pagi waktu setempat. Mbak Syahnaz, tour leader kita menyampaikan pesan di WA Group Turki.

Assalamualaikum Bapak Ibu saya mau reminder lagi yah  besok untuk on time ya!

Ikut Hot Balloon jam 3.50 sudah ada di lobby hotel

Ikut jeep jam 4 di lobby hotel

Terima kasih bapak ibu selamat beristirahat bagi yang kurang sehat lekas sembuh dan tetap jaga kesehatan ya bapak ibu.

Senang sekali melihat kawan-kawan bisa naik balon udara dan mobil jeep. Kami hanya menunggu di hotel saja. Sambil menunggu sarapan pagi di hotel. Nampak mereka yang berangkat senang sekali dibuatnya.

Biaya yang mahal tak ada artinya dibanding dengan kesempatan naik balon udara. Apalagi bisa naik balon udara dengan keluarga tercinta. Kawan-kawan sangat bahagia sekali, dan ketika turun dari balon udara, diberi minuman kegembiraan karena selama sampai tujuan dengan balon udara.

Setelah menunggu rombongan yang naik balon udara dan mobil jeep, kami berangkat ke tempat pembuatan keramik dan karpet yang terkenal di kota Cappadocia. Keramik dan karpetnya bagus-bagus semuanya.

Kualitasnya memang kelas dunia. Omjay belum punya uang untuk membeli keramik dan karpet yang cantik. Semoga saja di lain waktu, Omjay diberikan rezeki oleh Allah. Aamiin.

Di tempat pembuatan karpet, bapak Haji Sarmilih, ketua Masjid Baitul Ilmi Labschool Jakarta, membeli karpet untuk imam masjid di sekolah kami. Harganya sekitar 950 US dollar. Sangat bagus kualitas karpetnya.

Sebenarnya masih banyak tempat lainnya belum dituliskan. Terakhir kami berkunjung ke museum Kemal Pasha Attaturk. Pahlawan nasional negara ini. Di depan museum ada penjaga yang sejam sekali diganti. Yuk kita lihat rekamannya di youtube Omjay.

Berhubung di sini sudah malam hari, dan Omjay perlu istirahat, besok kisah omjay akan dituliskan lagi. Di hotel Elifim sekarang sudah pukul 23.00 waktu Turki. Nanti Omjay sambung lagi ya dengan kisah yang lebih seru.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Guru Blogger Indonesia

Blog https://wijayalabs.com

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Kisah Omjay Selama Berada di Negara Turki”, Klik untuk baca:
https://www.kompasiana.com/wijayalabs/62c34ccdbb448641a93d21e3/kisah-omjay-selama-berada-di-negara-turki

Kreator: Wijaya Kusumah

Mungkin Anda Menyukai