Lika Liku Pembelajaran Daring

LIKA- LIKU PEMBELAJARAN DARING

OLEH: KHUSNUL KHOTIMAH, AS SYIFANI

Bagaimanapun situasinya guru sebagai Dalang harus tetap bisa memainkan peran. Seperti situasi sekarang di tengah pandemi covid 19, yang semakin hari semakin merebak. Pembelajaran harus dilaksanakan secara online. Pendidikan harus tetap dilaksanakan, tetapi harus mematuhi protokol kesehatan. Untuk mengantisipasi jika terjadi hal- hal yang tidak diinginkan.Pembelajaran harus tetap berjalan lancar. Pembelajaran harus sukses. Pembelajaran harus runtut sesuai dengan RPP yang sudah dibuat.

karya siswa

Dalam kegiatan pembelajaran guru harus memberi motivasi, agar siswa nyaman dan mau belajar tanpa paksaan. Sebab tidak sedikit anak yang mulai kecil sudah menggunakan gadget bukan pada porsinya, sehingga ia sulit diarahkan. Melihat kondisi seperti itu, walaupun di kelas maya guru harus bisa melakukan kegiatan belajar yang menarik siswa dengan berbagai metode.

Guru bisa melakukan pembelajaran daring di mana saja asalkan dapat sinyal untuk online. Guru melakukan pembelajaran daring bisa di sekolah ,di rumah, dan di sawah untuk mendapatkan sinyal bagus.

Hari ini saya pergi ke sekolah untuk mencari sinyal yang bagus. Karena pembelajaran kali ini harus menggunakan media vidio. Di rumah sinyal kurang bagus, sehingga untuk mendownload vidio sulit. Kalau di sekolah sinyalnya bagus, sehingga pembelajaran lancar. Saya ke sekolah tidak bawa sepeda motor sendiri karena memburu waktu, jadi numpang bonceng anakku yang sejalur tempat tugas mengajarnya.

Pelaksanaan pembelajaran sudah berlangsung satu jam dan jam berikutnya membutuhkan buku materi pembelajaran. Pembelajaran daring sedang berlangsung, saya menuju ruang kelas satu untuk mengambil buku materi. Ternyata kelasnya terkunci sedangkan buku materi di dalam kelas. Pembelajaran mau saya akhiri sangat disayangkan.

Saya langsung pulang sambil mengajar daring, walaupun dengan berjalan kaki. Jarak sekolah ke rumah cukup lumayan, yaitu 1 km. Sedangkan pembelajaran sudah berlangsung runtut tanpa jeda. Siswa memberi timbal balik juga tanpa jeda. Dengan keadaan demikian sangat disayangkan, kalau saya putus begitu saja.

Selama perjalanan pulang pembelajaran ku berjalan lancar,walaupun setiap ketemu tetangga saya disapanya. Syukur alhamdulillah, meskipun pembelajaran maya sambil berjalan kaki, pembelajaran kali ini berjalan lancar dan sukses. Siswa kelas satu yang mengikuti pembelajaran jumlahnya cukup lumayan, yaitu sekitar 80% dari jumlah keseluruhan. Tugas yang kuberikan sudah dikerjakan hampir mendekati sempurna.

Mungkin Anda Menyukai

3 tanggapan untuk “Lika Liku Pembelajaran Daring

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.