Lima Pendekar Digital Online berbagi Tips PJJ

GURU PENGGERAK INDONESIA - 28 Oktober 2020
Lima Pendekar Digital Online berbagi Tips PJJ
  
Penulis
|
Editor

Hari ini menjadi hari yang luar biasa. Tanggal 28 Oktober 2020 yang merupakan Hari Sumpah Pemuda bersamaan dengan kegiatan “Seminar Nasional”. Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh IGTKI PP PGRI, KSGN dan Penerbit Andi yang disponsori oleh Epson dan para donatur.

Mengangkat tema “Membuat PJJ Tidak Lagi Membosankan” dengan para narasumber yang hebat. Om Dedi, Om Agus, Om Naim, Om Jay dan Bu Kanjeng ini nama panggilan beken di kalangan grup kelas menulis Om Jay dan mereka narasumber yang hebat.

Acara yang dilaksanakan dengan tatap layar ini sangat antusias diikuti oleh guru, kepala sekolah dan praktisi pendidikan se Indonesia. Tercatat lebih dari 3.000 peserta yang mengisi daftar peserta online melalui google form. Nyaris tiga ratus peserta hadir di zoom dan yang lainnya menonton siaran langsung di youtube.

Om Dedi sebagai pembuka seminar membahas bagaimana pelaksanaan PJJ dilakukan dengan menyenagkan. Keterlibatan semua pihak menjadi kunci utama agar guru pun kreatif mengemas pembelajaran yang menyenangkan.

Bu Kanjeng memberikan semangat dalam hal menulis. Menurut beliau banyak guru yang mau sadar melibatkan diri untuk menulis adalah salah satu cara agar menjadi guru yang kreatif.

Om Agus memdemostrasikan bagaimana melibatkan peserta didik agar antusias dalam mengikuti pembelajaran. Peserta seminar diajak terlibat bagai peserta didik yang mendapatkan guru yang bisa menstimulus agar peserta didim terlibat aktif.

Om Naim, sang motivator pendidikan menyoroti adab dalam PJJ. Bagaimana guru bisa tampil meyakinkan dan membuat peserta didik nyaman untuk belajar. Penggunaan bahasa tubuh, ekspresi dan intonasi saat menyampaikan materi tak lepas diperagakan.

Baca Liannya  Bisakah Anda Menulis 1000 Kata Perhari?

Om Jay, sang narasumber pamungkas memberikan semangat belajar yang luar biasa. Melibatkan peserta didik dengan menggunakan tekologi, salah satunya adalah blog menjadi cara luar biasa yang biasa dilakukan saat mengajar. Selain itu Omjay mengingatkan kepada semua peserta agar menjadi guru penggerak, yang benar-gemar bergerak.

Om Jay mengajak setiap Guru untuk mampu bergerak tanpa harus tercatat menjadi guru penggerak di Kemdikbud.

Om Edi sebagai moderator hebat dari TV Andi menyimpulkan bahwa Kreatifitas Guru Mengajar sangat diperlukan dalam masa PJJ, agar peserta didik tetap semangat belajar.

Mr.Bams, penamrbams.idhttp://penamrbams.id

 

1 Komentar pada “Lima Pendekar Digital Online berbagi Tips PJJ”

  1. wijaya kusumah berkata:

    Pesan Penting Untuk Peserta seminar nasional guru Blogger Indonesia

    Yth Bapak/Ibu yang Budiman, Untuk mendapatkan sertifikat peserta semnas guru blogger PGRI, bapak dan ibu dapat menonton siaran ulang kegiatan semnas di https://youtu.be/-ZfslhK-gtQ

    Kemudian bapak/ibu dapat mengisi daftar hadir online di Link Daftar Hadir : http://bit.ly/DAFTARHADIR-semnaspgri

    Setelah itu, bapak/ibu dapat mengunduh sertifikat dan prosesnya cukup makan waktu karena ada lebih dari 3000 guru yang mendaftar acara semnas ini dan bila namanya belum ada, kemungkinan masih menunggu antrian di https://drive.google.com/drive/folders/1E6kkLxcUjgC40xPZtjNqqlIVu8HTL0Pm

    Ingatlah selalu pesan pak Dedi, Pak AGus, Pak Namin, bu Kanjeng, dan Omjay. Kalau perlu ulang kembali materi mereka di https://youtu.be/-ZfslhK-gtQ

    Sertifikat adalah bonus dari kita mengikuti kegiatan semnas, namun hal yang terpenting kita dapat berburu ilmunya. Sebab guru adalah pendidik dan bukan pemburu sertifikat. Insya Allah bila kompetensi bapak ibu meningkat, maka akan segera naik pangkat dan derajat. Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang berilmu pengetahuan.

    Materi pak Agus di https://padlet.com/n_sampurno/ibdnsvte51rdth01
    Materi Pak Dedi di https://www.slideshare.net/dwitagama
    Materi Omjay di https://www.slideshare.net/wijayakusumah/pjj-menyenangkan1
    Materi Pak Namin di https://www.slideshare.net/wijayakusumah/materi-training-cara-kreatif-mengajar-daring-pgri-1
    Materi Bunda Kanjeng di https://www.slideshare.net/wijayakusumah/konferensi-blogger-2020

    Ikutilah lomba blog dalam rangka memeriahkan sumpah pemuda dan bulan Bahasa di https://www.gurupenggerakindonesia.com/ikutilah-lomba-blog-dalam-rangka-memeriahkan-bulan-bahasa-dan-sumpah-pemuda/

    Terima kasih sudah mengikuti semnas guru blogger PGRI. Semoga semakin banyak guru yang memiliki blog dan mengelolanya dengan baik sehingga pembelajaran jarak jauh menjadi tidak membosankan.

    Salam Blogger Persahabatan
    Omjay
    Guru Blogger Indonesia
    Blog http://wijayalabs.com

Tinggalkan Komentar


Terpopuler

JUMLAH PENGUNJUNG WEB

  • 0
  • 1
  • 1.957
  • 9.819
  • 632.507
  • 112.460
Close Ads X
Jelajahi

.

.

.

.