Model Pembelajaran – Merancang Pembelajaran Kompetensi Abad 21, Berkarakater, dan Literat di Era Kenormalan Baru

GURU PENGGERAK INDONESIA - 19 September 2020
Model Pembelajaran – Merancang Pembelajaran Kompetensi Abad 21, Berkarakater, dan Literat di Era Kenormalan Baru
  
|
Editor

Kata Pengantar Guru Blogger Indonesia (omjay)

Kebiasaan baru telah dimulai. Guru lebih dituntut untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru tersebut. Guru harus kreatif dengan terus belajar membuat model pembelajaran terkini. Hal itulah yang telah mendorong ibu Eva Hariyati Israel untuk membuat buku baru dengan judul model pembelajaran – merancang pembelajaran kompetensi abad 21, berkarkater, dan literat di era kenormalan baru.

Saya sempat mengerutkan dahi ketika diminta untuk memberikan kata pengantar dalam buku yang sangat bagus ini. Banyak ilmu baru yang akan didapatkan para guru setelah membaca buku ini. Saya yakin sekali setelah melumat habis buku ini. Banyak informasi baru akan anda dapatkan dalam mengimplementasikan model pembelajaran, sesuai dengan kebiasaan baru di tengah wabah Corona yang semakin merajalela.

Apresiasi tinggi saya dari usaha yang dilakukan ibu Eva untuk mengajak guru keluar dari zona nyamannya. Guru harus dibekali dengan model-model pembelajaran yang relevan di era kenornalan baru. Saya sendiri lebih suka menuliskannya dengan kebiasaan baru. Sebab guru harus bisa mengikuti kebiasaan baru ini dan mau belajar teknologi terbaru.

Teknologi terkini memang tidak bisa menggantikan posisi guru. Namun, Guru yang tak mau belajar teknologi terbaru akan ditinggal peserta didiknya. Ala bisa karena biasa. Guru harus berani mencoba hal hal baru yang dulu tidak didapatkan di bangku kuliah. Itulah mengapa guru tak boleh berhenti belajar.

Pemanfaatan media video conference dapat digunakan guru untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Sehingga nama anda akan dikenal sampai anak cucu. Guru bisa menjadi blogger dan youtuber sehingga menjadi ahli dalam menjadi konten kreator yang kreatif.

Baca Liannya  Kunjungan Mendikbud Nadiem Makarim ke Kantor PB PGRI

Internet memberikan manfaat kepada dunia karena para peggunanya saling berbagi. Kekuatan sebuah komunitas terletak pada kesediaannya untuk saling berbag ilmu dan pengetahuan. Cara menabung paling mudah adalah dengan cara membagikan yang dimiliki dengan berbagai media pembelajaran dan memanfaatkan media sosial untuk belajar bersama. Dengan berbagi, maka namamu akan terkenang selalu. Bahkan ketika kamu sudah tak ada di dunia nyata.

Teknik dasar pengembangan model pembelajaran harus dikuasai guru dengan terus belajar sepanjang hayat. Guru juga harus mampu menganalisis kompetensi dasar dan model pembelajaran terkini. Sehingga guru mampu menerapkan model pembelajaran pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang biasa disingkat RPP. Dalam dunia teknologi pendidikan lebih dikenal dengan nama desain pembelajaran.

Pengukuran penilaian pembelajaran ini juga penting dikuasai guru sehingga tak salah dalam memberikan penilaian. Permasalahan penilaian ini sempat mengemuka ketika nilai PISA Indonesia masih jauh dari harapan. Guru harus belajar menemukan model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi yang ada. Indonesia yang luas dan majemuk membuat guru menemukan inovasi pembelajaran yang bisa dibagikan kepada guru lainnya.

Semoga buku ini menjadi media belajar yang membantu guru menemukan hal hal baru dalam melakukan inovasi pembelajaran. Kompetensi abad 21 yang dikenal dengan berpikir kritis dan menyelesaikan masalah, kolaborasi, mampu berkomunikasi dengan bak dan kreatif serta mampu mengembangkan literasi dalam dirinya dengan banyak membaca. Dengan begitu kita akan melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas, karena guru mampu merancang pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan. Kalau sudah begitu, mimpi Indonesia maju akan menjadi kenyataan.

Baca Liannya  Antara Pilihan, Dipilih, dan Memilih Sampai ke Negeri China

Salam Blogger Persahabatan

Omjay
Guru Blogger Indonesia
Blog http://wijayalabs.com

omjay

7 Komentar pada “Model Pembelajaran – Merancang Pembelajaran Kompetensi Abad 21, Berkarakater, dan Literat di Era Kenormalan Baru”

  1. Nunung Komalasari berkata:

    Alhamdulillaah…luar biasa…

  2. Siti Rohmah Kurniasih, S.Pd berkata:

    Keren ibu☺👍

  3. Sri Wigati berkata:

    buku yang bagus nampaknya jadi pengen baca

  4. Yanti Yuni Astuti berkata:

    Kompetensi guru abad 21 menciptakan guru untuk bisa berfikir kreatif dan lebih berinovasi di setiap pembelajaran yang menyenangkan. Hidup guru!

  5. Karni Lestari berkata:

    Guru di abad 21 di tuntut untuk bisa mengajar dengan mengoptimalkan kemampuan 4c nya, semoga kita tetap bisa berinovasi dalam pembelajaran di masa pandemi ini, semangat dan sukses buat guru Indonesia….

  6. EVA HARIYATI ISRAEL berkata:

    Barakallah…terima kasih Om Jay✊🇮🇩

Tinggalkan Komentar


Terpopuler

JUMLAH PENGUNJUNG WEB

  • 0
  • 134
  • 2.203
  • 10.242
  • 632.471
  • 112.446
Close Ads X
Jelajahi

.

.

.

.