China itu Unik, Menarik, dan Menakjubkan

GURU PENGGERAK INDONESIA - 2 Oktober 2020
China itu Unik, Menarik, dan Menakjubkan
Hamzah Ramdhani  
|
Editor

CHINA ITU UNIK, MENARIK, DAN MENAKJUBKAN

Hai Sobat! Saya Hamzah Ramdhani, Guru di SMPN 2 Bumi Raya Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Merupakan kebanggan bagi saya mendapat undangan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk belajar di Negeri China. Negeri yang diberi julukan Negeri Panda ini mempunyai banyak keunikan yang belum pernah saya temukan di Indonesia. Oh iya, China memiliki empat musim yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Bulan Maret 2019, saya bersama rombongan tiba di China tepatnya di Kota Xuzhou, Provinsi Jiangsu. Kami beruntung, karena datang di penghujung musim dingin menuju musim semi. Musim semi memberikan suguhan landscape yang menakjubkan dengan beragam bunga yang memiliki variasi warna mencolok dan menarik. Walaupun demikian, temperatur musim transisi di pagi hari menyentuh angka 0oC dan itu membuat saya sangat kedinginan. Tiga minggu berada di Kota Xuzhou, kami menginap di asrama mahasiswa kampus CUMT (China University of Mining and Technology). Kami mengikuti berbagai perkuliahan terkait sistem pembelajaran di kampus tersebut dan beberapa kali mengamati secara langsung pembelajaran di SD, SMP, dan SMA di Kota Xuzhou.

Digitalisasi pembelajaran di Kota Xuzhou sangatlah maju dengan dukungan sarana prasarana yang memadai. Oh iya, Guru di China jarang sekali duduk lho. Oleh karena itu, di ruang kelas jarang sekali ditemukan kursi untuk guru. Guru sangat aktif dalam membimbing siswa dalam pembelajaran. Sebagian besar sekolah di China, khususnya di Xuzhou mengintegrasikan STEM (science, technology, engineering, and mathematic) dalam pembelajaran. Pada beberapa sekolah, siswa SD sudah mulai belajar sistem robotic. Hal ini wajar jika perkembangan teknologi China sangatlah pesat dan melampaui negara-negara maju lainnya.

Baca Liannya  Menjadi Guru inovatif Bersama Sigit Suryono

Pengalaman belajar yang berkesan bagi saya adalah belajar Bahasa China Dasar oleh Doktor Yaqin Xu. Lidah Indonesia saya sangat sulit untuk berbicara Bahasa China dengan dialeg yang aneh dan unik. Saya harus mengulangi beberapa pengucapan kata atau kalimat. Pengajar selalu tersenyum melihat kami mengucapkan dialeg China. Selain itu, kami juga belajar menulis kaligrafi China yang dipandu oleh Doktor Xueli Chan. Menurutnya tulisan saya lumayan bagus dibandingkan orang China pada umumnya. Entahlah itu pujian atau hanya sekedar memberikan motivasi kepada saya untuk giat belajar menulis kaligrafi China.

China sangat menghargai budaya dan peninggalan leluhur. Situs-situs kuno berumur ribuan tahun sangat terjaga dengan baik. Situs Confusius misalnya, situs makam ini sudah ada sejak jaman sebelum masehi. Semua makam dan bangunan-bangunan kuno masih tampak rapi. Selain itu, situs-situs dari berbagai dinasti juga masih terjaga dengan baik. Bagi saya China itu unik, menarik, dan menakjubkan.

Nah, bagi kalian yang suka dengan wisata belanja, China sangat rekomendid banget nih. Kamu bisa mendapatkan berbagai produk asli China dengan harga yang sangat terjangkau. Kamu juga tidak perlu kwatir jika tidak bisa berbahasa mandarin. Hal inilah yang saya alami bersama rombongan. Saya dengan mudah mendapatkan beragam barang dengan harga murah. Mulai dari sepatu, kemeja, kaos, jaket, dan berbagai souvenirs. Cukup menghafal angka-angka dalam satuan, puluhan, dan ribuan dalam Bahasa China, itu sangat cukup untuk mempermudah proses transaksi. Saya juga menggunakan google translate jika ada beberapa percakapan yang ingin diutarakan. Di Kota Xuzhou, Xuanwu Market merupakan pusat perbelanjaan yang paling populer dengan beragam produk asli China yang dijual dengan harga terjangkau.

Baca Liannya  NaraSumber Guru Menulis PGRI tanggal 31 Agustus-4 September 2020

Kota Xuzhou juga menyuguhkan wisata alam yang tidak kalah menariknya. Selama berada di Xuzhou, kami diajak untuk berwisata di beberapa tempat diantaranya Danau Yunlong, Danau Dalong, Taman Pan’anhu Wetland, dan Taman Budaya Moshangji.

Penulis : Hamzah Ramdhani

Prestasi :

  1. Juara 1 Guru Berprestasi Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah 2017
  2. Finalis Guru Berprestasi Tingkat Nasional 2017
  3. Duta Rumah Belajar Nasional 2019
  4. Juara 2 Lomba Inovasi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Tingkat Provinsi 2020
  5. Instruktur Nasional KineMaster Editing Video 2020
  6. Konten Kreator

Tinggalkan Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG WEB

  • 0
  • 177
  • 2.559
  • 11.486
  • 630.445
  • 111.537
Close Ads X
Jelajahi

.

.

.

.