Jadilah Guru yang Mampu Menggerakkan Orang Lain

Bacaan Lainnya

Jadilah Guru yang Mampu Menggerakkan Orang Lain. Itulah pesan seorang kawan guru hebat Indonesia. Beliau seorang guru berprestasi dari tanah Papua. Tahun lalu saya berbagi ilmu elearning di Nabire Papua.

Malam ini saya terbangun dari mimpi. Ada suara hati yang meminta saya menuliskan tentang guru penggerak Indonesia. Entah mengapa tema ini begitu sangat menarik hati.

Waktu menunjukkan pukuk 03.50 wib. Istri terlihat masih tertidur lelap. Saya tak ingin membangunkannya. Sebab seharian sudah lelah bekerja menjadi ibu rumah tangga.

Tak terasa kita sudah berada di tanggal 26 Agustus 2020. Rasanya baru kemarin kita merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Sekarang kita telah melewatinya dan kenangan memperingati 17 Agustus tidak seperti tahun lalu.

Semua kegiatan dilaksanakan secara virtual. Hal ini dikarenakan wabah covid-19 masih ada di depan mata. Kita masih harus sabar menunggu informasi gembira dari pemerintah. Aturan ketat protokol kesehatan harus dijaga.

Sektor pendidikan sangat terasa dampaknya. Sekolah diliburkan di kelas nyata dan belum tahu kapan akan berakhir. Kelas maya menjadi pilihan yang tak bisa dihindari. Semua guru dipaksa menggunakan teknologi yang ada. Sehingga materinya sampai ke otak siswa.

Corona mengajak guru dan siswa untuk berubah. Dari pembelajaran tatap muka ke tatap maya. Jadilah sekolah online dan kelas maya dibuka di tahun ajaran baru. Semua guru mulai menciptakan pola pembelajaran efektif dari rumah.

Bagi guru yang mampu beradaptasi akan tetap mengajak siswanya berprestasi. Kondisi ini membuat guru lebih kreatif dan inovatif dalam berbagi ilmu dan pengalamannya. Guru tangguh tidak akan mengeluh dalam kondisi apapun.

Mulailah terlihat siapa saja guru yang menjadi guru penggerak Indonesia. Mereka adalah para guru tangguh berhati cahaya. Teknologi modern tidak akan bisa menggantikan guru. Namun guru yang tidak belajar teknologi modern akan tertinggal. Oleh karenanya guru harus mau terus belajar sepanjang hayat.

Berbagai aplikasi baru sudah mulai dipelajari. Guru tiada henti berinovasi. Kreativitas dan imajinasi adalah kunci dalam meraih kesuksesan pembelajaran terkini. Berbagai Webinar digelar agar guru mampu mengajar dengan kondisi saat ini.

Rintangan demi rintangan dilalui. Terutama guru yang memiliki fasilitas apa adanya. Mereka terus bergerak mencari solusi dari masalah yang ada. Tidak bisa hanya berdiam diri dan pasrah dengan keadaan. Berbagai berita duka harus diganti menjadi berita suka. Guru harus mampu menjadi motivator buat dirinya dan orang lain.

Masalah jaringan internet yang tidak sama di tiap kota dan pembelian paket internet yang terasa mahal masih menjadi buah bibir kita. Guru penggerak akan terus bergerak mengatasi masalah tanpa masalah di lingkungannya. Meskipun berbagai masalah datang silih berganti di depan mata.

Ada dua pilihan penting yang harus diambilnya. Pembelajaran dalam jaringan (daring) dan pembelajaran luar jaringan (Luring). Kesemuanya harus dipilih oleh guru sesuai dengan kondisi yang ada.

Kegiatan online dan offline menjadi pilihan yang tak terhindarkan. Mindset guru harus berubah dalam pembelajaran. Paradigma baru pembelajaran modern ada di depan mata. Mulailah guru kreatif membuat pembelajaran daring dan luring yang efektif, menarik dan menyenangkan semua.

Guru penggerak akan mengajak teman sejawat untuk sama-sama belajar. Bukan hanya siswa saja yang belajar. Tapi guru juga harus belajar hal-hal baru yang dulu tidak ada di bangku kuliah. Mulailah guru belajar membuat pembelajaran yang efektif dan menarik dari rumah. Sebab siswa belum boleh pergi ke sekolah. Terutama di daerah yang masih terkena wabah covid-19.

Jadilah guru yang mampu menggerakkan siswa untuk belajar dalam kondisi apapun. Guru dan siswa sama sama senang di kelas maya. Teknologi modern hadir untuk memudahkan guru dan siswa bertatap muka secara virtual. Bila tak bisa, berkunjung ke rumah siswa adalah salah satu cara yang digunakan guru untuk bertemu siswa. Siapkan modul-modul pembelajaran yang mebuat siswa mandiri dalam belajar.

Walaupun kita bekerja, dan belajar dari rumah, kita tetap bisa menjadi guru penggerak dari rumah masing-masing. Jadilah blogger dan youtuber di dunia maya. Guru menjadi konten kreator dari apa yang dikuasainya. Mulailah membuat blog dan membuka youtube chanel di internet. Anda bisa belajar dari Prof Eko Indrajit di Channel youtubenya.

Guru belajar menulis di blog pribadinya. Guru belajar public speaking lewat youtube chanel yang dibuatnya. Mulailah belajar dari apa yang disukai dan kuasai. Guru berinovasi tiada henti. Kemandirian harus dijalani.

Jadilah guru penggerak Indonesia dan mulailah dari apa yang kita bisa. Gunakan berbagai cara baru agar Indonesia semakin maju. Ciptakan pembelajaran bermutu dan di kelas maya kita bertemu.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay
Guru Blogger Indonesia
Blog http://wijayalabs.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

41 Komentar

    1. Mantap Om Jay, asal ada kemauan, guru bisa adaptasi dalam situasi apapun. Teknologi salah satu alat yg semakin canggih dan membuat siswa senang. Sudah saatnya model ceramah monoton ditinggalkan, beri ruang siswa lebih menguasai IT sesuai jamannya….

  1. Keren Om Jay…
    Semoga kita semua menjadi guru2 Informatika yg update selalu kemampuannya untuk kepentingan pendidikan yg maju dan berkelanjutan…
    Semangat terus Om Jay…πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ™

  2. Trims omjay motivasinya
    Saya bantu do’a ya bagi guru penggerak, semoga dimudahkan & dilancarkan, sukses tanpa ekses dalam mencerdaskan bangsa kita.

  3. Wahai, para guru tangguh berhati cahaya. Teknologi modern tidak akan bisa menggantikan Anda. Namun jika kita tidak mau belajar teknologi modern akan tertinggal. Oleh karenanya guru harus mau terus belajar sepanjang hayat.
    Kalimat penyemangat pembuka hari ini.

  4. Sudah bagus om jay., mungkin tinggal Itu apa( domainnya )ya diganti.online he he. Gaptek sih diminta ngasih masukan.