Mari BIJAK DALAM BER-MEDIA SOSIAL

GURU PENGGERAK INDONESIA - 18 September 2021
Mari BIJAK DALAM BER-MEDIA SOSIAL
  
|
Editor

BIJAK DALAM BER-MEDIA SOSIAL

Silahkan unduh materi slide presentasinya di sini.

Download (PDF, Unknown)

Pertanyaan Peserta:

Nama: Hansel Narasumber: Pak Wijaya Kusumah Pertanyaan: Pendidikan karakter di era digital memiliki berbagai peluang dan tantangan. Riset membuktikan bahwa era digital memberi peluang positif pada implementasi pendidikan karakter. Tantangan sebagai seorang pendidik atau orang tua adalah bagaimana mengajari anak-anak untuk menavigasi etika di era digital. Beberapa tantangan yang harus dihadapi dalam pendidikan karakter di era digital mencakup keseimbangan, keselamatan dan keamanan, perundungan siber, sexting, hak cipta dan plagiarism. Para pembuat kebijakan pendidikan perlu berperan aktif dalam pengembangan berkelanjutan pembelajaran karakter secara digital untuk memastikan penerapan pembelajaran digital yang efektif. Bagaimana menurut Bapak tentang meningkatnya degradasi moral oknum generasi muda saat ini yang sulit dikendalikan? Terima kasih Pak.

Nama Penanya : Taufan Hutomo Narasumber yang ditanya : Wijaya Kusumah Pertanyaan : Dari apa yang bapak sampaikan bahwa bisa positif bisa negative, menurut saya Digital Ethic mengharuskan pengguna teknologi maupun sosial media untuk menjadi seseorang yang bijak sebelum memposting komentar, foto, video, dll di media sosial. Akan tetapi permasalahan nya hingga saat ini masih banyak individu tak bertanggung jawab yang suka asal memposting. Bagaimana tanggapan bapak terkait hal ini serta solusi apa yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan ini?

Nama Penanya : Abimanyu Putra Narasumber : Bpk. Wijaya Kusumah Pertanyaan : Bagaimana cara menumbuhkan sikap etika digital terhadap masyarakat? agar nantinya kita lebih berkualitas dalam ber sosial media sosial. Karna kebanyakan netizen Indonesia kurang bijak bermedsos, menggunakan fake account untuk menyebarkan ujaran kebencian, tidak berfikir jangka panjang terhadap apa yang akan mereka lakukan, dan menganggap enteng jika digugat tinggal minta maaf permasalahan selesai. Terkait hal tersebut, bagaimana tanggapan Pak Wijaya Kusumah?

Baca Liannya  Penulis Buku dan Halamannya

Nama : Shelley Nirmala Narasumber : Bapak Wijaya Kusuma Pertanyaan : Gimana cara mengedukasi anak-anak muda jaman sekarang yg sering kali pakai bahasa kasar di sosial media, dan jg sering kebawa hoax dan ikut-ikutan meninggalkan tulisan yg jahat-jahat ke orang lain?

Nama : Supardi Nomor Narasumber Om jay sekarang ini Sosial Media menjadi ladang untuk dalam mengais rezeki. Dalam hal ini apakah ada forum untuk membahas Blog bagi pemula sehingga kita yang masih awam bisa menjadi blogger yang handal seperi Om jay?? Ditunggu om jay Nasehan supaya saya bisa jadi Blogger terkenal seperti om jay šŸ™Terima kasih om jay

Nama : Dita Ayu Lestari Pemateri : Om Jay Ditengah Pandemi seperti ini dan rendahnya minat generasi muda Indonesia dalam hal literasi. Bagaimana cara untuk memberi kesadaran dan pemahaman terkait informasi yang ada di sosial media supaya tidak mudah termakan oleh hoax yang ada untuk anak-anak kecil khususnya yang hari ini gadget sudah menjadi teman terbaik
Terimakasih.

Nama : m anas, Narasumber : Wijaya Kusumah
Pertanyaan : bermedia digital harus mempunyai ilmu bermedia digital, bagaiamana om, sikap kita bermedia digital yang baik, dan bisa menguntungkan kita juga, terimakasih omJay

Nama: Nurmalisna Kadari, S. Pd.
pertanyaan: bagaimana cara belajar membuat blog bagi pemula, mohon pencerahannya ya pa, supaya bisa menjadi blogger

 

Dhea Devita Sari Kepada : Om Jay Pertanyaan : Untuk bisa pandai dalam menulis ini selalu beririsan juga dengan rajin membaca, yang pada akhirnya kita bisa memahami pengetahuan yang baik salah satunya dalam dunia digital Menurut Om Jay agar kedua hal tersebut selaras, bagaimana menyeimbangkan hati dan pikiran agar kita bisa konsisten akan hal tersebut.
Terima kasih

Baca Liannya  REMBUGĀ  STUNTINGĀ  DANĀ  MUSRENAĀ  KEREN

Nama : Indah Rohayani
Narasumber : Pak Wijaya Kusuma
Pak batasan-batasan seperti apa yang harus kita diperhatikan dalam bermedsos agar tidak merugikan diri sendiri atau orang lain di masa mendatang? TerimakasihNama : Afiatul maghfiro, Narasumber : wijaya kusuma Pertanyaan : Budaya digital dalam masyarakat yang belum mengerti harusnya bijak dalam berinternet, bagaiamana Cara kita yang sudah mengerti bijak berinternet Dan mengedukasi yang belum mengerti pak , terimakasih

From Hilda Novalia to Everyone: 11:18 AM
Nama: Hilda Novalia , Narasumber: Bapak Wijaya Kusumah Pertanyaan: Adanya konten hoax maupun provokasi yang tersebar di media sosial menyebabkan banyak orang berkomentar saling menghina ataupun membully, meskipun secara online dengan beralasan kebebasan berpendapat. Bagaimana tips bagi kita untuk menumbuhkan etika yang baik dan kesadaran diri akan pentingnya rasa toleransi bagi sesama?
Terima kasih pak

 

Webinar Literasi Digital Nasional 2021 untuk daerah Kediri yang akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal : Sabtu, 18 September 2021
Jam : 10.00 ā€“ 13.00
Zoom ID : 3159439454
Password : digital
Link : https://us02web.zoom.us/j/3159439454?pwd=SjBsNzN3eHByNVVud1FIbWQ5b0ZoZz09

Untuk hari Sabtu Bapak mendapatkan tema Etika Digital: Mari bijak beretika di media digital
Mohon dibantu mengirimkan file materi untuk laporan kami kepada kominfo.

Download (PDF, 48KB)

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Guru Blogger Indonesia

Blog https://wijayalabs.com

 

Tinggalkan Komentar


Terpopuler

JUMLAH PENGUNJUNG WEB

  • 0
  • 168
  • 2.237
  • 10.276
  • 632.505
  • 112.458
Close Ads X
Jelajahi

.

.

.

.